Alam, Budaya, City Tour, Daftar Wisata, Rumah Adat, Taman

5 Tempat Wisata di Menggala Kabupaten Tulang Bawang

Tempat Wisata di Menggala Kabupaten Tulang Bawang Lampung

Tempat Wisata di Menggala Kabupaten Tulang Bawang Lampung

Tempat Wisata di Menggala – Menggala adalah nama salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung dan merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Tulang Bawang.

Menurut sejarah pada zaman dahulu Menggala dikenal dengan kota dagang bahkan sejak jaman kerajaan sriwijaya, Menggala menjadi pusat perdagangan lada dan merupakan penghubung perdagangan antara Lampung dengan Jawa dan Singapura. Tidak hanya lada, seiring berjalannya waktu perdagangan berkembang menjadi lebih beraneka rupa, mulai dari kopi, damar, rotan dan hasil hutan lainnya.

Kini Menggala Kabupaten Tulang Bawang berkembang menjadi salah satu kota besar di Lampung. Hotel, bangunan perkantoran modern dan juga Universitas sudah tersedia di Menggala.

Tempat Wisata di Menggala Kabupaten Tulang Bawang

Tempat Wisata di Menggala Kabupaten Tulang Bawang – Berrugocottages.com

Untuk sektor pariwisata sendiri, Kabupaten Tulang Bawang kini sudah banyak berkembang dan digarap serius oleh pemerintah daerah. Obyek wisata alam, budaya, bangunan sejarah ataupun taman tersedia dan tersebar di berbagai kecamatan Tulang Bawang, dan salah satunya adalah Menggala.

Berikut seringjalan.com akan memberikan 5 rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Menggala Kabupaten Tulang Bawang :

1. Cakat Raya Menggala

Cakat Raya Menggala

Cakat Raya Menggala, Tempat Wisata di Menggala – Lampost.com

Selain di Yogyakarta, ternyata Candi Prambanan juga ada di Tulang Bawang. Tapi Candi Prambanan di Tulang Bawang ini lebih kecil dari aslinya, karena Candi Prambanan di Cakat Raya Menggala ini hanyalah miniatur.

Miniatur Candi Prambanan adalah salah satu keunikan yang ditawarkan oleh obyek wisata Cakat Raya Menggala. Disini ada juga miniatur rumah-rumah adat di Indonesia mulai dari Rumah Joglo, Rumah Gadang dll.

Baca juga ya :

Banyaknya miniatur bangunan-bangunan khas indonesia, bisa menjadi obyek foto yang menarik jika berkunjung ke Cakat Raya Menggala. Bisa dibilang Cakat Raya adalah Taman Mininya Provinsi Lampung.

 

  1. Kota Tua Menggala
Kota Tua Menggala Tulang Bawang

Kota Tua Menggala : Duniaindra.com

Tempat Wisata di Menggala yang kedua adalah kampung Tua Menggala. Peradaban yang sudah berlangsung sejak dahulu kala di Menggala, menjadikan Menggala mempunyai kota tua yang menjadi pusat pemerintahan pada masa kolonial Belanda.

Berjalan-jalan di Kota Tua Menggala, wisatawan akan disuguhkaan bangunan-bangunan kuno khas masa kolonial dan juga adanya pelabuhan sungai yang dulunya menjadi pusat keluar masuknya perdagangan di Lampung.

Hal lain yang bisa ditemukan jika berkunjung ke kawasan Rumah Tua Menggala adalah adanya masyarakat tradisional yang masih melestarikan tradisi dan budaya leluhur sehingga sangat menarik untuk diexplore dan dipelajari.

3. Rawa Pitu, Tempat wisata di Menggala yang memikat

Rawa Pitu, Tempat wisata di Menggala yang memikat

Rawa Pitu, Tempat wisata di Menggala yang memikat – Wisataindonesia.com

Rawa Pitu merupakan obyek wisata yang sudah dikenal cukup luas bahkan hingga luar negeri. Tempat wisata di Menggala ini adalah salah satu pesona alam Kabupaten Tulang Bawang yang menarik untuk dikunjungi. Maka tak jarang banyak turis asing berkunjung ke Rawa Pitu.

Hal yang menjadi daya tarik di Rawa Pitu adalah disini pengunjung dapat melihat berbagai spesies burung dari Indonesia ataupun dari luar negeri yang bisa jadi sangat jarang ditemui. Hal itu bisa terjadi karena Rawa Pitu adalah tempat migrasi para burung-burung dari berbagai benua, khususnya Benua Australia.

Namun untuk bisa menyaksikan semua itu hanya bisa terjadi di musim-musim tertentu dan tidak selalu sering terjadi. Biasanya burung-burung asal Benua Australia akan bermigrasi ke Rawa Pitu pada saat musim hujan.

Melihat burung-burung unik berbagai jenis terbang bebas di alam liar dengan mata kepala sendiri tentunya akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan tidak akan terlupakan.

4. Rawa Pacing Menggala

Rawa Pacing

Rawa Pacing : Wisataindonesia.com

Selain Rawa Pitu, Tempat wisata di Menggala lainnya adalah Rawa Pacing yang juga bisa digunakan untuk melihat kawanan burung-burung dari benua tetangga saat mereka akan bermigrasi.

Sama seperti di Rawa Pitu, burung-burung yang bermigrasi ke Rawa Pacing biasanya terjadi pada musim hujan dan kebanyakan burung-burung ini transit cukup lama di Rawa Pacing sebelum melanjutkan perjalanannya bermigrasi. Maka dari itu ada banyak kesempatan untuk bisa melihat beraneka burung berbagai jenis di obyek wisata Rawa Pacing ini.

5. Islamic Center Tulang Bawang

Islamic Center Tulang Bawang : Netizenku.com

Islamic Center Tulang Bawang : Netizenku.com

Merupakan sebuah masjid sekaligus pusat kajian seputar agam islam yang selain digunakan untuk tempat ibadah juga digunakan sebagai obyek wisata. Masjid yang bernama Baitus Shobur ini memiliki arsitektu yang sangat megah dan begitu mewah sehingga membuat banyak masyarakat tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Selain itu area sekitar masjid yang berupa taman dan juga adanya danau menambah daya tarik sendiri dan bisa menjadi referensi tempat rekreasi yang cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga ataupun teman di Kabupaten Tulang Bawang.

***

itulah tadi informasi 5 tempat di Menggala Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung yang bisa kalian kunjungi saat berlibur ketempat ini. Semoga bermanfaat dan memberikan referensi tentang wisata di Tulang Bawang.

Leave a Reply