Daftar Wisata, Air Terjun, Danau

5 Tempat Wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah

Tempat Wisata di Gunung Sugih

danau tirta gangga lampung tengah - eloratour.wordpress.com

Tempat Wisata di Gunung Sugih – Lampung Tengah adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki ibu kota bernama Gunung Sugih. Lampung Tengah punya beragam tempat wisata yang menarik dan tidak kalah dengan 5 tempat wisata di Pringsewu Lampung.

Sudah penasaran seperti apa bagusnya tempat wisata di lampung Tengah? Yuk simak 5 tempat wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah berikut yang bisa menjadi referensi wisata ketika musim liburan.

1.  Curup Tujuh

Salah satu dari 5 tempat wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah yang populer adalah Curup Tujuh. Curup ini terletak di kawasan hutan lindung yang mempunyai tujuh undakan dengan total ketinggian hingga 75 meter.

Perjalanan menuju lokasi Curup Tujuh ini cukup berat karena akses jalannya masih kurang bagus karena air terjun ini berada di kawasan hutan yang masih alami. Curug Tujuh ini terletak di Desa Marga Jaya, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaen Lampung Tengah. Air terjun ini berjarak 40 km dari Bandar Lampung dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Curup Tujuh, Tempat Wisata di Gunung Sugih

Curup Tujuh, Tempat Wisata di Gunung Sugih – lampung.co

Kendaraan roda dua lebih disarankan daripada kendaraan roda empat untuk dipakai ke tempat ini. Jika memakai kendaraan roda empat sebaiknya di parkir di salah satu rumah warga yang ada di Desa Ulu Bera yang merupakan desa terakhir atau terdekat dari Curup Tujuh.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 20 menit. Jalurnya sangat menantang, ada semak belukar dan lereng yang terjal tentu saja memacu adrenalin. Rasa lelah akan terbayar ketika sampai di depan air terjun. Air terjun ini sebenarnya tidak perlu bayar alias masih gratis, tetapi terkadang ada warga lokal yang meminta uang seperti pungutan liar sebesar Rp 5.000 per orang.

2.  Danau Bekri

Tempat Wisata di Gunung Sugih lainnya adalah Danau Bekri. Danau ini cukup ramai dikunjungi oleh warga Lampung Tengah dan sekitarnya karena tempat ini begitu bagus, walau belum dikelola secara profesional oleh pemerintah setempat.

Ada sebuah tempat yang mirip dengan pulau di tengah danau, tetapi sebenarnya itu bukan danau, hanya timbunan tanah. Meskipun demikian, di area ini dibuat sebuah jembatan kayu yang menghubungkan tepi danau dengan pulau kecil sehingga para pengunjung bisa meikmati keindahan danau dari dekat. Cukup unik kan?

Danau Bekri,Tempat Wisata di Gunung Sugih

Danau Bekri,Tempat Wisata di Gunung Sugih – lampung.co

Salah satu dari 5 tempat wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah ini terletak di Kecamatan Seputih Mataran, Lampung Tengah. Danau ini bisa didatangi dengan melewati Kampung Wates di Kecamatan Bumiratu Nuban atau dari Gotong Royong, Kecamatan Gunung Sugih.

Jarak tempu hanya 24 km yang bisa ditempuh selama 30 menit. Kendaraan roda dua dan roda empat bisa menjangkau tempat wisata ini. Danau Bekri ini masih gratis, tetapi terkadang harus membayar parkir kendaraan sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

3. Danau Tirta Gangga, Tempat Wisata di Gunung Sugih

5 Tempat Wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah 1

danau tirta gangga lampung tengah – eloratour.wordpress.com

Dari namanya saja, Danau Tirta Gangga ini memang unik. Gangga seperti nama Sungai di India, ternyata danau ini memang berciri khas Hindu. Di tengah danau ini terdapat sebuah pura yang seakan-akan terapung di atas air.

Namun, para pengunjung tentu saja tidak bisa sembarangan memasuki area pura karena tempat ini disakralkan untuk beribadah para umat Hindu yang tinggal di Lampung Tengah. Salah satu dari 5 tempat wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah ini berlokasi di Desa Suartika Buana, Seputih Banyak. Pemandangan yang indah di sekitar danau menjadi daya tarik tersendiri.

Adanya jembatan di dekat danau kerap dijadikan spot foto karena jembatan ini memang instagramable. Danau ini masih gratis, tetapi terkadang harus membayar parkir kendaraan sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tak usah heran kalau danau ini ramai dikunjungi.

4.  Bukit Batubara

Bukit Batu Bara, Tempat Wisata di Gunung Sugih

Bukit Batu Bara, Tempat Wisata di Gunung Sugih – heikaku.com

Bukit Batubara masih terbilang baru. Salah satu dari 5 tempat wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah ini layaknya bukit di film Teletubbies karena hanya ditumbuhi rumput-rumput hijau tanpa pepohonan besar.

Bukit ini terlihat seperti padang savanna yang indah dan hijau. Bukit Batubara terletak di Desa Linggapura, Selagai Lingga, Lampung Tengah sehingga danau ini juga kerap disebut Danau Linggapura. Perlu mendaki selama 30 menit untuk sampai di bukit ini. Akses menuju bukit ini lebih mudah dilalui oleh kendaraan roda dua.

Bukit ini masih gratis karena belum dikelola secara profesional oleh pemerintah setempat. Belum ada fasilitas yang memadai dan tidak ada penjual makanan atau minuman. Para pengunjung sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman untuk dinikmati di bukit ini.

5.  Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas

Danau Tambang Batu Padas, Tempat Wisata di Gunung Sugih

Danau Tambang Batu Padas, Tempat Wisata di Gunung Sugih – lampung.co

Sesuai dengan namanya, Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas ini memang sebuah tempat bekas tambang. Salah satu dari 5 tempat wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah ini berlokasi di Desa Payung Mulya, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah.

Pemandangan yang disajikan begitu menawan. Air danau yang biru sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang keren sambil menikmati kuliner Lampung. Tidak perlu membayar tiket masuk, para pengunjung hanya perlu membayar parkir Rp.5.000 jika membawa kendaraan pribadi ke tempat ini.

Itulah 5 tempat wisata di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah yang sangat menarik. Keindahannya tidak perlu diragukan lagi seperti 5 tempat wisata di Lampung Barat. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan kamera!

 

Leave a Reply