Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Liwa Lampung Barat

5 Tempat Wisata di Liwa Lampung Barat 1

Bukit Kabut Bawang Bakung - duniaindra.com

Tempat Wisata di Liwa – Lampung Barat adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara dengan ibu kota bernama Liwa. Daerah ini begitu sejuk karena dikelilingi pegunungan yang menjadi bagian dari rangkaian Bukit Barisan. Kota yang berjarak sekitar 236 kilometer dari Bandar Lampung ini bisa didatangi dalam 6 jam perjalanan.

Kota ini dijuluki Kota Kabut karena sangat sering berkabut, tanpa harus berada di gunung. Tak heran jika potensi wisata di Liwa begitu menarik seperti Way Kanan. Ada banyak peninggalan sejarah dan wisata alam di kota ini. Simak 5 tempat wisata di Liwa Lampung Barat yang paling menarik berikut inis.

1.  Bukit Kabut Bawang Bakung

Bukit Kabut Bawang Bakung, Tempat Wisata di Liwa yang indah

Bukit Kabut Bawang Bakung, Tempat Wisata di Liwa yang indah – duniaindra.com

Sesuai dengan namanya, salah satu dari 5 tempat wisata di Liwa Lampung Barat ini sangat cocok untuk menikmati hamparan kabut yang luas bagaikan negeri di atas awan. Lokasi yang paling tepat untuk menikmati hamparan kabut di bukit ini adalah Pekon Negeri Ratu.

Baca Juga :

Musim kemarau atau sekitar Maret hingga Agustus atau musim kemarau adalah waktu yang tempat untuk menyaksikan keindahan kabut ini. Bukit ini gratis dan bisa dikunjungi oleh siapa saja.

2.  Kaki Gunung Pesagi

Salah satu dari 5 tempat wisata di Liwa Lampung Barat ini adalah Kaki Gunung Pesagi. Ternyata di Lampung Barat banyak area perbukitan dan pegunungan. Jangan lewatkan keindahan kaki gunung Pesagi. Tempat ini bisa didatangi dengan  menempuh perjalanan sekitar 6 jam dari Bandar Lampung menuju Liwa.

Tempat Wisata di Liwa adalah Gunung Persagi

Tempat Wisata di Liwa adalah Gunung Persagi – travel.detik.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi kaki gunung Pesagi adalah pagi hari. Setidaknya harus menginap karena berburu sunrise di sini sangat menyenangkan. Mengapa demikian? Karena pesona matahari terbit di tempat ini sangat indah (golden sunrise).

Kita akan dibuat takjub dengan pemandangan gunung yang tertutup awan pada sebagian sisinya. Setelah matahari terbit sempurna, pemandangan hijau yang memanjakan mata akan tersaji dengan indah. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk datang ke tempat ini. Mungkin perlu untuk menyewa hotel atau penginapan untuk berburu sunrise.

3.  Danau Suoh, Tempat Wisata di Liwa yang hits

5 Tempat Wisata di Liwa Lampung Barat 3

Danau Suoh – fajarsumatera.co.id

Salah satu dari 5 tempat wisata di Liwa Lampung Barat ini bisa ditempuh dengan mobil travel. Tarifnya Rp 150.000 per orang dari Terminal Rajabasa ke Negeri Batu. Jika berangkat dari Liwa, tempat ini harus ditempuh selama 4 jam perjalanan.

Terdapat tiga danau yang airnya bisa berubah-ubah warna. Selain itu, ada fenomena alam menarik berupa sumber panas bumi di sekitar Danau Suoh ini.  Danau ini masih gratis dan bisa dikunjungi oleh siapa saja.

4.  Sungai Way Besai

5 Tempat Wisata di Liwa Lampung Barat 4

Sungai Way Besai – suluh.co

Salah satu dari 5 tempat wisata di Liwa Lampung Barat ini sangat cocok untuk para pecinta kegiatan yang memacu adrenalin. Di Sungai Way Besai, para pengunjung bisa melakukan arung jeram dengan aliran sungai yang cukup menantang sekitar 3 kilometer.

Lokasi sungai ini di kecamatan Sumber Jaya yang bisa ditempuh dengan kendaraan umum berupa bus dan mobil travel. Tariff bus sekitar Rp 60.000 per orang dan mobil travel sekitar Rp 100.000 per orang. Harga paket arum jeram di sini sangat murah. Hanya Rp 150.000 untuk setiap perahu yang bisa dipakai oleh enam orang dalam satu perahu.  Jangan lewatkan wisata di Lampung Timur.

5.  Situs Megalitik Batu Brak

Situs megalitikum Batu Brak berada di dua wilayah, yakni kecamatan Kebun Tebu dan kecamatan Gedung Surian. Ada berbagai macam peninggalan zaman megalitikum yang berupa menhir, dolmen, dan arca. Salah satu dari 5 tempat wisata di Liwa Lampung Barat ini pertama kali ditemukan pada tahun 1951 oleh BRN (Badan Rekonstruksi Nasional).

Berdasarkan penelitian pada tahun 1980 oleh Prof. Dr. Aris Soekandar, seorang arkeolog dari Jakarta, pada zaman dahulu situs megalitik Batu Brak ini digunakan sebagai tempat pemujaan, bukan tempat pemakaman pada zaman animisme

5 Tempat Wisata di Liwa Lampung Barat 5

Situs Megalitik Batu Brak – lampung.co

Sejak tahun 1989, komplek situs megalitik ini mulai dibuka untuk umum sebagai tempat wisata dan keperluan penelitian. Lokasinya di Pekon (Desa), Kecamatan Kebon Tebu, Kabupaten Lampung Barat yang bisa ditempuh dari Bandar Lampung sekitar lima jam.

Tempat ini bisa didatangi dengan kendaraan umum, yaitu bus tujuan Lampung Barat dengan tariff sekitar Rp 70.000 per orang atau mobil travel tujuan Lampung Barat dari Kota Bandar Lampung  dengan tarif sebesar Rp 100.000 per orang.

Itulah 5 tempat wisata di Liwa Lampung Barat yang menarik untuk dikunjungi. Jika sedang berada di Lampung maka sempatkan diri untuk wisata ke sana. Jangan lupa untuk membeli kuliner Lampung sebagai oleh-oleh. Selamat berwisata bersama orang-orang tersayang!

 

 

 

 

 

Leave a Reply