5 Tempat Wisata Di Malinau yang harus kalian kunjungi Tapi Ingat Pulang Air Terjun Martin Billa

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

5 Tempat Wisata Di Malinau yang harus kalian kunjungi

Sungai Tanjung Lima

Sungai Tanjung Lima - foto jalanwisata.com

Tempat Wisata Di Malinau –  Jik saat ini kamu sedang berkunjung ke Kalimantan Utara, mungkin kamu harus datang ke kabupaten Malinau.

Kabupaten yang terletak bersebrangan dengan Malaysia Timur ini ternyata memiliki 5 tempat wisata di Malinau yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kira-kira apa saja ya ke 5 tempat wisata di Malinau itu?

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh kabupaten Malinau yang membuat banyak orang berkunjung adalah penggabungan antara keunikan budaya khas mereka dengan alam sekitar.

Keunikan ini terlihat jelas dibeberapa desa adat yang ada disana seperti Desa Setulang, Desa Apau Ping, dan Desa Serindit yang terletak di kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang.

baca juga : daftar Suku di Kalimantan Utara yang masih bertahan

Tempat Wisata Di Malinau

Tempat Wisata Di Malinau. Gambar oleh Wikipedia.org

Tapi selain itu, ada banyak lagi tempat wisata di kabupaten Malinau yang sangat wajib untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang tidak akan kamu dapatkan ditempat lain.

5 tempat wisata di Malainau Kalimantan Utara

1. Air Terjun Panas Semolon Malinau

Air Terjun Panas Semolon Malinau

Air Terjun Panas Semolon, tempat wisata di Malinau – blackexperience.com

Air terjun panas Semolon ini terletak di kecamatan Metarang desa Paking. Sesuai dengan namanya, air terjun Semolon terkenal dengan airnya yang hangat dan bening.

Tidak hanya itu, letaknya yang berada didalam hutan menjadikan air terjun panas Semolon memiliki pemandangan yang sangat asri, asli dan indah karena belum terjamah oleh banyak orang.

Untuk menuju ke air terjun panas Semolon ini membutuhkan sedikit perjuangan karena letaknya yang cukup jauh.

Untuk sampai kesana kamu harus melewati lahan gambut khas Kalimantan, hutan tropis bahkan lembah-lembah yang curam.

Namun walaupun seperti itu, semua perjuangan kamu untuk sampai ketempat ini akan terbayarkan dengan sempurna.

Keunikan yang dimiliki oleh air terjun panas Semolon ini adalah keyakinan masyarakat setempat bahwa air dari air terjun panas Semolon ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Baca juga:  inilah Tempat Wisata Di Bengkayang  yang bisa kamu kunjungi

2. Desa Wisata Setulang

Desa Wisata Setulang di Malinau

Desa Wisata Setulang di Malinau – foto kebudayanmalinau.wordpress

Pada tahun 2003, Desa Setulang di Malinau mendapatkan penghargaan Kalpataru kategori ‘Penyelamat Lingkungan’ dari Presiden Megawati Soekarno Putri.

Tidak hanya itu, ditahun yang sama, desa wisata Setulang ini juga menjadi finalis Water Contest di Kyoto Jepang karena kemampuan masyarakat desa Setulang dalam mengelola sumber air.

Desa wisata Setulang dapat dikatakan berada didalam hutan dan berada dekat aliran sungat Setulang. Disini masyarakat hidup selaras dengan alam serta tradisi yang masih sangat terjaga.

Jadi jika kamu ingin merasakan bagaimana rasanya tinggal bersama masyarakat asli pulau Kalimantan maka harus datang ke desa ini.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan saat berkujung ke desa wisata Setulang ini.

Mulai dari tracking menuju air terjun melewati hutan yang masih terjaga sampai melihat pohon-pohon besar berusia ratusan tahun.

Leave a Reply