Air Terjun, Alam, Bukit, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Bengkayang yang Seru untuk Dikunjungi

Pulau Randayan

Foto: indonesiakaya.com

Tempat Wisata di Bengkayang – Adanya kabar bahwa ibukota Indonesia akan dipindah ke Pulau Kalimantan menjadikan Kalimantan sorotan. Seolah semua tertuju pada pulau yang menjadi paru – paru dunia ini. Salah satunya adalah mengenai wisata di Kalimantan, yaitu di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kabupaten Bengkayang tengah menjadi pembicaraan wisatawan karena menawarkan alam nan indah. Pantai, air terjun, bukit, menjadi tawaran wisata yang tak dapat terelakkan. Jika sedang berada di Bengkayang, jangan lupa mengunjungi 5 tempat wisata di Bengkayang ini.

Pulau Randayan, Tempat Wisata di Bengkayang yang Indah

Pulau Randayan, Tempat Wisata di Bengkayang yang indah

Pulau Randayan, Tempat Wisata di Bengkayang yang indah – Foto: indonesiakaya.com

Laut biru dengan pasir putih, merupakan deskripsi singkat dari Pulau Randayan. Pulau Randayan masuk dalam 5 tempat wisata Bengkayang yang wajib dikunjungi. Pulaunya yang kecil justru membuatnya lebih ekslusif bak pulau pribadi. Pemandangan laut lepas yang begitu indah akan menyambut pengunjung dengan ramah.

Baca Juga ya :

Di sini, pengunjung juga dapat melakukan berbagai olahraga air karena ombaknya yang cukup tenang. Snorkeling, berenang, atau sekedar bermain – main di tepi pantai, menjadi aktivitas wajib di Pulau Randayan.

Untuk berkunjung ke Pulau Randayan, pengunjung dapat naik perahu motor atau kapal khusus, dengan tarif Rp 30.000 untuk perahu motor dan Rp 100.000 untuk kapal khusus.

Bukit Jamur Bengkayang

Bukit Jamur Bengkayang

Bukit Jamur Bengkayang – Foto: regional.kompas.com

Bengkayang juga memiliki bukit yang menawan, yaitu Bukit Jamur. 5 tempat wisata di Bengkayang yang menempati urutan kedua ini menawarkan pemandangan yang begitu indah. Bukit Jamur juga seringkali disebut sebagai Negeri di atas Awan.

Ini karena pesona bukitnya yang begitu indah. Ketika berada di puncak bukit, pengunjung akan melihat hamparan awan di bawah yang mengelilingi bukit. Seolah sedang berada di Negeri di atas Awan. Begitu indah dan mempesona. Tak sedikit pengunjung yang datang dan bermalam dengan mendirikan tenda di Bukit Jamur. Siap menyambut pagi yang begitu indah.

Jika ingin menikmati indahnya Bukit Jamur, pengunjung dapat datang ke Desa Belangko, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang. Pemandangan seperti ini tak dapat dilupakan dan indah untuk diabadikan.

Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap – Foto: backpackerjakarta.com

Di urutan ketiga dalam 5 tempat wisata di Bengkayang terdapat Air Terjun Riam Merasap. Air terjun ini begitu mempesona, dan dikatakan sebagai Niagara Kalimantan. Hal ini tak bisa dilepaskan dari bentuknya yang memanjang seperti air terjun Niagara di Amerika.

Pemandangan indah akan menyambut pengunjung ketika menginjakkan kaki di kawasan Air Terjun Riam Merasap. Tinggi air terjun ini adalah 20 meter. Yang mana menurut legenda masyarakat setempat, konon di air terjun ini terdapat intan berukuran kepalan tangan manusia dewasa yang dijaga oleh seekor kura – kura putih

Terlepas dari itu semua, pesona Air Terjun Riam Merasap memang tak ada duanya. Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini di Desa Pisak, Sentangau Jaya, Tujuhbelas, Kabupaten Bengkayang.

Goa Romo, Tempat Wisata di Bengkayang yang Mengagumkan

Goa Romo

Goa Romo, Tempat wisata di Bengkayang yang mengagumkan – Foto: kaskus.co.id

Bengkayang juga memiliki goa yang tepat untuk dijadikan tempat wisata, yaitu Goa Romo. Menduduki urutan ke-empat dari 5 tempat wisata Bengkayang, Goa Romo menawarkan wisata alam yang begitu alami. Goa Romo belum banyak dikenal oleh wisatawan, sehingga tempatnya masih sangat terjaga.

Dikatakan bahwa Goa Romo sudah berusia ribuan tahun. Namun, batuan dan tanaman di sekitarnya masih sangat terawat. Bahkan, di dalam goa terdapat kolam yang dapat digunakan untuk mandi.

Untuk mengunjungi Goa Romo, pengunjung dapat menuju Desa Romo, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang.

Hutan Adat Bengkayang

Hutan Adat Bengkayang

Hutan Adat Bengkayang – Foto: conservationfund.org

Kalimantan masih memiliki banyak hutan di beberapa lokasi. Salah satu hutan tersebut ditetapkan sebagai Hutan Adat dan dijadikan tempat wisata. Seperti Hutan Adat yang ada di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Bengkayang.

Hutan Adat ini telah diresmikan oleh Bupati Bengkayang pada 15 Oktober 2002. Luasnya kurang lebih 100 hektar, dengan berbagai vegetasi yang tumbuh subur dan asri.

Leave a Reply