5 Baju Adat pengantin Jawa Barat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pakian Adat, Budaya

5 Baju Adat pengantin Jawa Barat

Baju Bedahan, Baju Adat pengantin Jawa Barat

Baju Bedahan, Baju Adat pengantin Jawa Barat - foto essay.co.id

Baju Adat pengantin Jawa Barat – Jika sebelumnya kita pernah membahas tentang pakaian adat pengantin Jawa Tengah, Nah kali ini kita akan membahas tentang  Baju Adat pengantin Jawa Barat Atau pakaian pengantin Jawa Barat yang memiliki perbedaan dengan pengantin adat Jawa Tengah.

Berbicara tentang pakaian adat Jawa Barat, maka yang langsung terpikir adalah tentang pakaian adat Sunda. Suku Sunda adalah suku asli dari Jawa Barat. Jadi pakaian adat Jawa Barat nggak jauh beda sama pakaian adat Sunda. Berikut ini 5 contoh Baju Adat pengantin Jawa Barat yang mungkin bisa kamu gunakan saat acar pernikahan.

1. Baju Mojang Jajaka

Baju Mojang Jajaka, Baju Adat pengantin Jawa Barat

Baju Mojang Jajaka, Baju Adat pengantin Jawa Barat – berbol.co.id

Baju Adat pengantin Jawa Barat yang pertama adalah Baju Mojang Jajaka. Ini adalah pakaian adat Jawa Barat yang dahulu dipakai oleh bangsawan dan raja. Terbuat dari kain beludru dengan motif yang lebih simple. Untuk baju pria, model beskap yang dikenakan tanpa ada motif benang emas yang mencolok.

2. Bedahan

Baju Bedahan, Baju Adat pengantin Jawa Barat

Baju Bedahan, Baju Adat pengantin Jawa Barat – foto essay.co.id

Baju Adat pengantin Jawa Barat yang kedua adalah Bedahan. Pakaian adat satu ini adalah salah satu baju adat kebanggan Suku Sunda. Dahulu baju ini adalah dikenakan oleh para pedagang dan atau pengusaha.

Baju Bedahan wanita adalah kebaya dengan sedikit perbedaan model yang dikenakan adalah  pendek di bagian depannya. Kancingnya bukan di bagian tengah, melainkan di bagian pinggir dan hanya berupa kancing pengait saja.

Untuk pakaian pria biasa mengenakan setelan jas berwarna putih dengan kemeja putih bagian dalam. Biasanya ada tambahan seperti menggunakan dasi kupu-kupu hitam. Pemakaian bawahan berupa kain batik atau jarik serta warna yang dipilih adalah perbedaan yang mencolok dari keduanya. Baju Bedahan mayoritas menggunakan bahan yang berwarna terang.

Baca Juga ya :

3. Kebaya Sunda Untuk Pengantin Wanita

Kebaya Sunda Untuk Pengantin Wanita Jawa Barat

Kebaya Sunda Untuk Pengantin Wanita Jawa Barat – foto wedingmarket.com

Jika dibandingkan dengan kebaya pengantin tradisional atau adat lainnya, model kebaya adat Sunda adalah yang paling simpel sehingga kerap dikenakan oleh mereka para pengantin wanita mski bukan berasal dari Jawa Barat.

Baju Adat pengantin Jawa Barat khususnya model kebaya pengantin adat Sunda  ini terinspirasi dari busana putri kerajaan Sunda pada zaman dahulu. Meski kini sudah banyak dimodifikasi agar terlihat lebih modern dan menarik, kebaya adat Sunda umumnya terbuat dari bahan brokat dengan warna-warna terang seperti putih, krem, atau kuning.

Kebaya adat Sunda memiliki bentuk seperti kebaya brokat panjang hingga kaki yang dipadukan dengan kain batik khas Jawa Barat atau yang dikenal dengan sebutan kain Kebat Dilepe.

Leave a Reply