Tentang Kota

6 Kota Terbesar di Jawa Barat

Kota Terbesar di Jawa Barat

Kota Bekasi, Kota Terbesar di Jawa Barat - Sumber : smol

6 Kota Terbesar di Jawa Barat

Sebagai penduduk Indonesia, kita tentunya sudah tidak asing dengan provinsi Jawa Barat. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Provinsi ini juga memiliki total luas 35.000 kilometer persegi. Tidak hanya wilayahnya saja yang besar, rupanya Jawa Barat memiliki beberapa kota terbesar sebagai berikut.

1. Kota Bandung

Kota Terbesar di Jawa Barat

Kota Bandung, Kota Terbesar di Jawa Barat – Sumber : humas.bandung

Kota Bandung merupakan sebuah kota di Jawa Barat yang juga ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat. Kota ini juga terkenal sebagai Paris van Java karena pusat mode ada di kota ini.

Istilah tersebut disematkan terlebih selera fashion orang – orang bandung lebih kekinian jika dibandingkan dengan kota lainnya. Selain terkenal karena fashionnya, kota ini juga memiliki tempat wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi hingga kulinernya yang ciamik.

Bukan hanya itu saja, yang lebih menarik konon gadis – gadis kota Bandung terkenal parasnya yang cantik, manis dan berkulit putih bersih. Ini karena iklim kota Bandung yang sejuk sehingga membuat kulit mereka sehat.

Tapi itu bukan hanya mitos, kenyataannya memang paras mojang Bandung mampu memikat hati siapapun ditambah dengan tutur kata yang lembut.

2. Kota Sumedang

Kota Terbesar di Jawa Barat

Sumedang, Kota Terbesar di Jawa Barat – Sumber : info-sumedang

Kota Sumedang adalah salah satu kota terbesar di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Bandung. Kota ini memiliki luas wilayah 153.124 ha yang didiami hampir 1 juta penduduk. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak kekayaan seperti tempat wisata, kuliner khas, hasil hutan dan pertanian maupun hasil kerajinan.

Ingat tahu Sumedang? Ya… tahu Sumedang adalah tahu asli yang berasal dari Kota Sumedang. Tahu Sumedang sering dibawa sebagai oleh – oleh para wisatawan. Kota Sumedang memang selama ini populer dengan tahunya yang merupakan hasil dari pengolahan kedelai secara tradisional.

3. Kota Bogor

Kota Terbesar di Jawa Barat

Kota Bogor, Kota Terbesar di Jawa Barat – Sumber : jabar.suara

Kota terbesar di Jawa Barat ketiga adalah Kota Bogor yang memiliki luas wilayah 2.710,62 kilometer persegi. Kota ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Jakarta. Karena itulah kota Bogor memiliki potensi yang strategis untuk perkembangan ekonomi, perdagangan, transportasi, perdagangan, komunikasi maupun pariwisata.

Kota ini memiliki ketinggian minimum sebesar 190 m dan maksimum 330 mdpl. Kota Bogor sering dijuluki sebagai kota hujan karena kondisi curah hujan di kota ini sangat tinggi.

Selain dikenal sebagai kota hujan, Bogor juga dijadikan sebagai pusat pendidikan dan riset pertanian Nasional. Di kota ini pula terdapat berbagai balai riset penelitian dan institusi tentang pertanian sampai biologi seperti Institut Pertanian Bogor yang telah berdiri di era ke – 20.

4. Kota Garut

Kota Terbesar di Jawa Barat

Kota Garut, Kota Terbesar di Jawa Barat – Sumber : wisataidn

Kota Garut juga termasuk dalam salah satu kota terbesar di Jawa Barat yang ditinjau dari wilayahnya seluas 3.074,07 kilometer persegi. Kota Garus memiliki pegunungan yang sangat indah, oleh karena itu kota ini sering dijuluki “Switzerland of Java”.

Meskipun sangat indah, ternyata kota Garut ini juga tergolong sebagai kota yang tertinggal dan kurang maju jika dibandingkan beberapa kota maupun kabupaten lainnya di Jawa Barat.

5. Kota Depok

Kota Terbesar di Jawa Barat

Kota Depok, Kota Terbesar di Jawa Barat – Sumber : ekonomibisnis

Kota Depok memiliki luas wilayah 200.29 kilometer persegi. Asal mula penamaan kota Depok ternyata dari singkatan bahasa Belanda “De Eerste Protestantse Organisatie van Kristenen” yang berarti “jemaat Kristen yang pertama”. Namun, saat ini Depok tidak hanya didominasi orang beragama Kristen saja, melainkan seluruh agama yang ada di Indonesia.

Kota ini memiliki kuliner andalan yaitu dodol yang tak luput dijadikan oleh – oleh ketika berkunjung di kota Belimbing ini. Dodol yang terkenal di Depok antara lain dodol belimbing, dodol depok dan dodol jambu merah. Berkunjung ke kota Depok sembari menikmati dodol depok dijamin akan menjadi liburan yang tak terlupakan.

6. Kota Bekasi

Kota Terbesar di Jawa Barat

Kota Bekasi, Kota Terbesar di Jawa Barat – Sumber : smol

Siapa yang tidak kenal kota Bekasi? Ya.. kota ini berkali – kali jadi sasaran bully para warganet. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kota yang memiliki luas 206.61 kilometer persegi ini. Kota Bekasi ini masuk dalam salah satu kota terbesar di Jawa Barat.

Bahkan kota ini menjadi wilayah penunjang ibukota Jakarta karena di kota ini dihuni para pekerja Ibu Kota. Di kota Bekasi, Anda bisa menemukan fasilitas pendidikan bertaraf internasional, berbagai kawasan hunian terpadu, dan peluang yang menarik untuk menjadi investor. Hebat sekali, kan?

Nah, itulah beberapa informasi terkait 6 kota terbesar di Jawa Barat yang perlu Anda ketahui untuk menambah wawasan. Pernah mengunjungi salah satu kota di atas?

Baca Juga :

Destinasi Wisata yang unik di Aimas Kabupaten Sorong

Berani coba? 10 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

Leave a Reply