5 Baju Pengantin Adat Jawa Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pakian Adat, Budaya, Inspirasi

5 Baju Pengantin Adat Jawa Tengah

Baju Pengantin Adat Jawa Tengah

Baju Pengantin Adat Jawa Tengah - idntimes.com

Baju Pengantin Adat Jawa Tengah – Hal yang paling yang diperhatikan saat resepsi pernikahan adalah baju pengantin kedua mempelai. Baju pernikahan yang dipakai bisa berasal dari berbagai suku dan agama. Seperti yang diketahui, negara Indonesia memiliki banyak pulau dengan kebudayaan yang berbeda – beda tak terkecuali pulau Jawa.

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau Indonesia dengan populasi yang paling banyak dan padat. Jika kita berbicara tentang Jawa Tengah, maka tidak lepas dari budaya dan kesenian yang melekat pada daerah ini.

Baju Pengantin Adat Jawa Tengah

Baju Pengantin Adat Jawa Tengah – yuksinau.id

Dalam artikel ini kita akan membahas 5 Baju Pengantin Adat Jawa Tengah yang dapat menjadi inspirasi bagi pembaca yang ingin melangsungkan pernikahan namun bingung pakaian apa yang dipakai

1. Jawi Jangkep

Baju Pengantin Adat Jawa Tengah yang pertama adalah baju Jawi Jangkep. Baju adat Jawa Tengah yang kerap dipakai oleh pasangan pengantin yang mengangkat tema Jawa Tengah termasuk salah satunya pernikahan Putri Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo yaitu Kahiyang Ayu yaitu yang berbalutkan baju beskap hitam yang dipadukan dengan kain batik atau jarit sebagai bawahan.

Ada 2 macam motif pilihan beskap yang biasa dikenakan oleh pengantin Jawa Tengah yaitu beskap berwarna hitam dan beskap motif meriah, biasanya motif yang digunakan adalah motif bunga. Namun untuk motif yang meriah, biasa dikenakan oleh abdi dalem atau masyarakat kaum menengah.

Jawi Jangkep, Baju Pengantin Adat Jawa Tengah

Jawi Jangkep, Baju Pengantin Adat Jawa Tengah – hipwee.com

Untuk pemakaian kedua baju beskap ini memiliki fungsi dan situasi yang berbeda. Untuk menghadiri acara formal, maka beskap yang digunakan adalah beskap berwarna hitam dengan hiasan bros atau jam rantai di bagian saku.

Untuk acara biasa, maka yang dikenakan adalah beskap motif dengan kain yang lebih tipis. Untuk melengkapi penampilan pria Jawa Tengah, mereka mengenakan blangkon, sandal selop serta keris dan roncean melati yang indah.

2. Kebaya Khas Jawa Tengah

Baju Pengantin Adat Jawa Tengah selanjutnya adalah Baju Kebaya. Walaupun terdengar sangat umum, namum kebaya ini memiliki kekhasan tersendiri. Untuk kebaya Jawa Tengah ini memiliki dua mode kebaya yang wajib diketahui, yakni kebaya baju dan kebaya kemben ( baju tanpa lengan, hanya menutupi tubuh sampai dada saja).

Kebaya, Baju Pengantin Adat Jawa Tengah

Kebaya, Baju Pengantin Adat Jawa Tengah – google.com

Untuk permaisuri raja akan mengenakana baju kebaya tertutup dengan bahan beludru hitam. Sedangkan untuk kemben sendiri, kebanyakan dipakai oleh dayang atau para abdi keraton. Namun keduanya dapat di kombinasikan. Kemben sering juga dipakai sebagai baju dalaman, lalu kemudian memakai baju kebaya.

Aksesoris yang digunakan untuk menghiasi diantaranya adalah konde, perhiasan, kipas, dan gelang lengan untuk mode kebaya kemben dan juga gelang kaki jika acaranya adalah untuk kostum menari.

Leave a Reply