Sejarah Tari Salai Jin Dari Maluku Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Sejarah Tari Salai Jin Dari Maluku Utara

Tari Salai Jin

Tari Salai Jin - Foto: indonesia.go.id

Tari Salai Jin merupakan tarian tradisional dari Suku Ternate di wilayah Kepulauan Ternate dan Tidore, Maluku Utara. Tarian ini adalah sebuah tarian ritual masyarakat Ternate yang masih kental akan nuansa mistis dan magisnya.

Nama dari Tari Salai Jin diambil dari kata ‘Salai’ yang berarti menari dan ‘Jin’ yang berarti makhluk halus. Jika diterjemahkan, maka Tari Salai Jin berarti sebuah tarian yang sangat erat hubungannya dengan makhlus halus dan dunia gaib.

Sesuai dengan namanya, Tari Salai Jin adalah salah satu tarian ritual masyarakat Ternate yang kental dengan nilai sakral dan magisnya. Biasanya para penari Tari Salai Jin akan dirasuki oleh jin atau makhluk halus saat membawakan tari ini.

Penasaran seperti apa sejarah dan keunikan dari tari tradisional yang satu ini? Berikut ulasannya.

Sejarah Tari Salai Jin

Tari Salai Jin

Tari Salai Jin – Foto: goodnewsfromindonesia.id

Pada zaman dahulu, Ternate masih sangat kental dengan tradisi dan kebudayaan yang berbau mistis. Sebelum memeluk agama Islam seperti sekarang, masyarakat Ternate pada kala itu menganut kepercayaan animisme dan dinamisme.

Masyarakat Ternate kala itu percaya adanya kekuatan mistis dari alam lain. Mereka percaya jika ingin meminta kesembuhan atau jalan keluar dari suatu masalah, maka mereka harus meminta pertolongan kepada arwah para leluhur mereka.

Oleh karena itu, masyarakat Ternate kemudian menciptakan sebuah tarian ritual sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan para leluhur. Terciptalah Tari Salai Jin ini.

Konon katanya, Tari Salai Jin adalah bagian dari tradisi megalit. Menurut Bellwood (1978), tradisi megalit di Maluku Utara berumur lebih tua daripada tradisi megalitik yang berkembang di Indonesia bagian barat.

Baca Juga ya :

sejarah Tari Salai Jin

sejarah Tari Salai Jin – foto detik.travel

Leave a Reply