Pengetahuan, Budaya

Inilah 6 Lagu Tradisional dari Maluku yang harus kamu tahu

Lagu tradisional dari Maluku

Lagu tradisional dari Maluku - sumber : blog tjimahi ;

Lagu tradisional dari Maluku – Maluku adalah sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku, indonesia. Namun berbicara mengenai Maluku, yang selalu teringat di benak kita adalah kota Ambon. Memanglah sangat kita kenal karena Ambon merupakan kota terbesar di provinsi Maluku.

Kota ini juga di kenal dengan nama Ambon Manise yang neniliki arti Ambon kota yang cantik, manis, atau indah. Tak hanya terkenal keindahannya, tetapi juga Ambon memiliki kekayaan budaya yang berbeda dengan kota-kota besar lainnya di indonesia.

Baca Juga ya :

Ambon memiliki kekayaan budaya yang berasal dari lagu daerah. Tak hanya itu, lagu-lagu yang berasal dari daerah Maluku juga kebanyakan berasal dari kota Ambon. Meskipun daerah lainnya juga memiliki lagu daerah yang tidak kalah indah. Maka tidak heran jika Ambon berhasil ditetapkan menjadi kota musik dunia oleh Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pemgetahuan, dan Kebudayaan atau yang lebih dikenal dengan nama UNESCO.

Pengajuan Diri Menjadi Kota Musik

Pada tanggal 7-9 September 2018 Ambon Music Office dan Pemerintah Kota Ambon mengajukan dokumen tentang Ambon Kota Musik kepada UNESCO yang dilakukan di Bali. Perjalanan Ambon mempersiapkan diri Menuju UNESCO terbilang cukup lama, yakni selama 3 tahun persiapan.

Inilah 6 Lagu Tradisional dari Maluku yang harus kamu tahu 1

sumber : Mojok ; Ambon kota musik

Di tetapkannya Ambon menjadi kota musik tak luput dari sentuhan dan bantuan musisi besar indonesia seperti Glenn Fredly dan Ridho Hafiedz (Slank), mereka membantu mengawal majunya Ambon menjadi kota musik dunia. Mereka berdua membuat petisi yang diajukan kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia terkait majunya Ambon ke kancah dunia pada Mei 2019.

Alasan Ambon menjadi kota musik dunia diungkapkan oleh Anthony Gustav selaku Sekretaris Kota Ambon. Anthony menyatakan bahwa Ambon memiliki semua aspek dalam musik, contohnya musisi Ambon yang berprestasi di tingkat nasional dan internasioal, seruling bambu yang menjadi ciri khas kota Ambon serta upaya musisi Indonesia dalam meningkatkan nilai kota Ambon dengan mengadakan Konferensi Musik Indonesia di kota Ambon. Konferensi selama tiga hari tersebut berhasil meningkatkan nilai kota Ambon sebanyak 12 poin.

Namun agar kalian tidak bertanya-tanya mengapa bisa Ambon berhasil ditetapkan menjadi kota musik, kami akan membahas beberapa lagu daerah yang berasal dari Ambon. Maluku memiliki banyak sekali lagu daerah tapi kami hanya akan membahas 6 lagu tradisional yang berasal dari Maluku beberapa tidak asing ditelinga kita loh.

Berikut ini 6 Lagu tradisional dari Maluku yang harus kamu tahu :

1. Sariande

Siapa yang tahu dengan lagu Sariande yang berasal dari Maluku ini. Lagu tradisional dari Maluku ini adalah bercerita tentang seorang gadis bernama Sariande yang sedang beranjak dewasa. Lagu tersebut juga menceritakan salah satu tradisi Maluku dulu. Yaitu, sebelum memasuki jenjang pernikahan, gadis-gadis akan diuji keterampilannya di berbagai bidang.

Inilah 6 Lagu Tradisional dari Maluku yang harus kamu tahu 2

Lirik lagu Sarinande tersebut adalah sebagai berikut :

Sarinande, putri Sarinande
Mengapa tangis matamu bangka

Aduh mama, aduh la papa
La asap api masuk dimata

Aduh mama, aduh la papa
La asap api masuk dimata

2. Hela Rotane

Lagu berikutnya yang menjadi Lagu tradisional dari Maluku adalah lagu Hela Rotane. Lagu ini menceritakan tentang sebuah permainan tradisional yang bernama Hela Rotane. Dalam bahasa Maluku hela berarti tarik dan rotan berarti tumbuhan menjalar. Lirik lagu Hela Rotane adalah sebagai berikut.

Hela hela rotan e
Rotan e tifa jawa
Jawae bebunyi
Rotan, rotan sudah putus
Sudah putus ujung dua
Dua baku dapa e
Rotan, rotan sudah putus
Sudah putus ujung dua
Dua baku dapae

3. Nona Manis Siapa yang Punya.

Pasti kalian tidak asing lagi dengan lagu daerah ini bukan, ya lagu ini berasal dari Maluku. Lagu ini menjadi terkenal di kalangan anak-anak. Lagu ini bercerita tentang anak perempuan manis yang disayang semua orang. Banyak orang yang telah membuat ulang lagu ini, yang perlu kita ketahui lirik asli lagu tersebut adalah sebagai berikut.

Nona manis siapa yang punya
Nona manis siapa yang punya
Nona manis siapa yang punya
Rasa sayang sayange

Baju merah siapa yang punya
Baju merah siapa yang punya
Baju merah siapa yang punya
Rasa sayang sayange

Ingat ingat itu Remember
Jangan lupa itu Don’t Forget
Aku cinta itu i Love You
Hanya kamu Only You

4. Naik-Naik Kepuncak Gunung

Siapa yang tidak tau dengan lagu Naik Naik ke Puncak Gunung, lagu ini biasa kita dengarkan ketika kita masih anak-anak. Lagu yang bercerita tentang liburan ke gunung ini ternyata Lagu tradisional dari Maluku atau lagu yang berasal dari Maluku loh. Berikut lirik aslinya.

Naik naik ke puncak gunung
Tinggi tinggi sekali
Naik naik ke puncak gunung
Tinggi tinggi sekali

Kiri kanan kulihat saja
Banyak pohon cemara
Kiri kanan kulihat saja
Banyak pohon cemara

Naik naik ke gunung nona
Kusu kusu melulu
Naik naik ke gunung nona
Kusu kusu melulu

Maski cinta tinggal cinta
Mama panggil beta pulange
Maski cinta tinggal cinta
Mama panggil pulange

5. Ayo Mama

Siapa yang tidak kenal dengan lagu Ayo Mama. Lagu tradisional dari Maluku ini menceritakan tentang dua anak yang sudah beranjak dewasa yang perlahan mulai mengerti dunianya.

Inilah 6 Lagu Tradisional dari Maluku yang harus kamu tahu 3

sumber : seni pedia ; lagu ayo mama

Berikuti ini lirik lagu Ayo Mama yang bisa kamu nyanyikan :

Ayam hitam telurnya putih
Mencari makan di pinggir kali
Sinyo hitam giginya putih
Kalau ketawa manis sekali

Ayo mama, jangan mama marah beta
Dia cuma, dia cuma cium beta
Ayo mama, jangan mama marah beta
Lah orang muda punya biasa

Lembe-lembe makan ketupat
Kondo bujang di air mangir
Mambu reweh mau bersumpah
Lah ingat bujang terlalu manis

Ayo mama, jangan mama marah beta
Dia cuma, dia cuma cium beta
Ayo mama, jangan mama marah beta
Lah orang muda punya biasa

6. Burung Kakak Tua

Siapa sangka lagu anak-anak yang sudah sangat terkenal ini juga berasal dari Maluku. Lagu yang menceritakan tentang burung kakak tua ini sering kita dengar dinyanyikan oleh orang tua kepada anaknya. Lagu tradisional dari Maluku ini memang sangat mudah didendangkan oleh anak kecil dan oleh siapa saja. Berikut lirik lagu Burung Kakak Tua.

Burung kakatua
Hinggap di jendela
Nenek sudah tua
Giginya tinggal dua
Trek dung Trek dung Trek dung la la la
Trek dung Trek dung Trek dung la la la
Trek dung Trek dung Trek dung la la la
Burung kakatua

***

Nah itulah tadi 6 Lagu tradisional dari Maluku yang mungkin kamu harus tahu. Tidak heran bukan jika Ambon di Maluku ditetapkan menjadi kota musik oleh UNESCO. Banyak Musisi dan lagu tercipta dari kota ini.

Leave a Reply