Makna dan Sejarah Tari Rara Ngigel - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Rara Ngigel

Tari Rara Ngigel , Tari Khas Jogjakarta

Tari Rara Ngigel - Foto: indonesiaku

Tari Rara Ngigel – Tari kreasi sering disebut dengan tari modern. Tari kreasi merupakan karya tari garapan baru yang berpijak pada aturan-aturan tertentu seperti halnya tari tradisi. Tari kreasi di Indonesia pada umumnya bersumber dari tari-tarian tradisional.

Hal ini karena negara kita memiliki tradisi yang kuat. Dalam penciptaannya, tari kreasi baru merupakan jenis tarian yang memiliki kebebasan. Guna menciptakan tari tersebut, para koreografer tari mengacu pada tari tradisi di daerah setempatnya.

Tari Kreasi

Tari Kreasi – Foto: Musik Tari

Tak jarang pula beberapa koreografer tari yang mendapat inspirasi dari daerah-daerah lain. Kemudian mereka mencampurkan gerak tari yang bebas dari ikatan-ikatan tradisi atau biasa disebut dengan gerakan modern.

Karya seni yang berupa gerakan yang berirama disebut dengan seni tari. Berdasarkan alirannya, seni tari dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu tari kreasi, tari kontemporer, dan tari tradisional.

Tari kreasi baru adalah hasil aransemen dari tari klasik tetapi masih tetap mempertahankan nilai seni yang terkandung di dalamnya. Misalnya tari rara ngigel yang berasal dari Yogyakarta.

Baca Juga yaAsal Usul dan Sejarah Tari Peule Cinde

Asal Usul dan Sejarah Tari Rara Ngigel

Tari Rara Ngigel

Tari Rara Ngigel – foto budayajawa.id

Seperti yang kita ketahui, tari merupakan karya seni mewakili ekspresi untuk mengungkapkan apapun itu dan agar bisa dinikmati oleh penikmatnya kemudian divisualisasikan secara indah.

Dalam seni tari, melalui gerak tubuh secara berirama selaras dengan musik pengiringnya merupakan cara seniman mengungkapkan ekspresinya. Nama Bagong Kussudiardja telah begitu dikenal di Indonesia sebagai koreografer tari.

Bagong Kussudiardja telah menciptakan lebih dari 200 tari, salah satunya adalah tari yapong yang sarat akulturasi budaya. Tak mau kalah orang tuanya, anak Bagong Kussudiardja mempunyai peran penting dalam lahirnya tari tari rara ngigel.

Tari rara ngigel diciptakan oleh seorang putri guru tari terkenal Bagong Kussudiarjo. Dia bernama Ida Wibowo. Tidak berbeda jauh dari hasil karya ayahnya berupa tari yapong, tari rara ngigel juga memadukan berbagai unsur budaya.

Leave a Reply