Rumah Adat Joglo Situbondo, Sederhana Tapi Bercita Rasa Seni Tinggi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Rumah Adat

Rumah Adat Joglo Situbondo, Sederhana Tapi Bercita Rasa Seni Tinggi

Rumah Adat Joglo Situbondo, Sederhana Tapi Bercita Rasa Seni Tinggi

rumah adat joglo situbondo | moondoggiesmusic.com

Rumah Adat Joglo Situbondo – Rumah adat merupakan rumah tradisional yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, memiliki nilai sosial dan memiliki arti budaya dari corak gaya bangunan rumah. Ada berbagai macam rumah adat yang tersebear di Indonesia. Salah satunya adalah Rumah Adat Joglo.

Rumah Adat Joglo sendiri merupakan Rumah Adat yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, karena banyak ditemukan di kedua provinsi itu. Salah satu keunikan Rumah Joglo terletak pada bagian atapnya, yang membentuk seperti ruangan tinggi yang terdiri dari empat tiang utama.

Memang Rumah Adat Joglo banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dan salah satu kota yang terdapat Rumah Joglo adalah Situbondo yang disebut Rumah Joglo Situbondo. Walau pun memiliki nama Joglo, namun Joglo Situbondo berbeda dengan Rumah Adat Joglo di Jawa Tengah, Meski pun masih terdapat beberapa kemiripan.

Yuk lebih jauh mengenal Rumah Adat Joglo berikut ini!

Sejarah Rumah Adat Joglo Situbondo

Rumah Adat Joglo Situbondo, Sederhana Tapi Bercita Rasa Seni Tinggi

sejarah rumah adat joglo situbondo | joglolimasan.com

Rumah Adat Joglo Situbondo pada umumnya terbuat dari kayu jati murni. Karena kayu jati adalah kayu yang dipercaya memiliki kekuatan dan daya tahan yang lama. Bagian atapnya berbentuk tajug, yaitu seperti piramida namun seperti gunung.

Dari sini, kemudian muncul istilah nama Joglo. Istilah Joglo diambil ini dari dua kata yaitu tajug yang mempunyai arti atap piramida dan loro berarti dua. Jadi Joglo adalah penggabungan dari dua tajug.

Rumah Adat Joglo sangat kental dengan nilai-nilai budaya. Karena di masa lalu, kepercayaan kejawen sinkritisme yang dianut oleh nenek moyang mempengaruhi bentuk dan tata ruang Rumah Adat Joglo Situbondo.

Tempat Tinggal & Peninggalan Bersejarah

 

Rumah Adat Joglo Situbondo, Sederhana Tapi Bercita Rasa Seni Tinggi

rumah adat joglo situbondo | rivorma.com

Rumah Adat Joglo Situbondo bukanlah sekadar hanya berupa peninggalan bersejarah. Rumah Adat Joglo Situbondo hingga kini masih digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat dan juga sebagai tempat menyimpan benda-benda peninggalan bersejarah.

Memang kalau secara ukuran Rumah Adat Situbondo tidaklah terlalu besar. Namun, Rumah Adat ini memiliki cita rasa seni yang tinggi.

Baca juga: Mengenal Rumah Baloy: Rumah Adat Suku Tidung dari Kalimantan Utara

Karakteristik Rumah Adat Joglo Situbondo

Leave a Reply