Pulau

Pulau Menjangan, Surga Dunia Di Bali Barat

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan, foto: travel.detik.com

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau yang berada sekitar 5 mil dari Pulau Bali. Pulau ini masih menjadi bagian dari TNBB atau Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini termasuk pulau yang tidak berpenghuni, hanya ada para satwa yang dilindungi yang sampai sekarang masih menjadi salah satu daya tarik mengapa banyak turis ingin datang ke Pulau Menjangan.

Sekilas membahas tentang Pulau Menjangan, asal nama pulau ini yakni menjangan yang artinya kijang atau rusa. Hal ini sesuai namanya karena Pulau Menjangan dihuni oleh banyak kijang atau rusa liar. Bahkan tidak sedikit dari kawanan rusa liar tersebut berenang sejauh 12 mil. Meskipun begitu, berdasarkan data yang diperoleh ternyata rusa yang tinggal di sini populasinya semakin menurun.

Akses Menuju Pulau Menjangan

Akses jalan menuju Pulau Menjangan bisa dari Surabaya dengan naik bus Damri menuju terminah Bungurasih. Selanjutnya, kamu lanjutkan perjalanan dengan naik travel atau bus umum dengan mengambil jurusan Denpasar dan kemudian kamu turun di Pelabuhan Gilimanuk.

Baca Juga ya :

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan, foto: travel.detik.com

Untuk alernatif yang lebih mudah bisa, kamu bisa lewat Terminal Ubung di Denpasar, lalu kamu naik travel atau bus umum dan ambilah jurusan Surabaya maupun Banyuwangi. Kemudian kamu tinggal turun di Gilimanuk. Dari sini kamu tinggal lanjut ke Pulau Menjangan dengan menempuh perjalanan hanya 15 sampai 20 menit dengan naik angkutan umum.

Transportasi yang ada di Pulau Menjangan

Untuk transportasi di Pulau Menjangan memang tidak ada. Kenapa? Karena seperti yang sudah kami jelaskan jika pulau ini termasuk pulau tak berpenghuni. Pulau ini hanya dihuni oleh kijang atau rusa.

Daya Tarik Pulau Menjangan

Setiap wisatawan yang datang ke suatu tempat wisata pasti yang dicari adalah daya tarik dari tempat wisata tersebut. Lalu apa daya tarik yang dimiliki Pulau Menjangan? Berikut ini daya tarik yang ada di Pulau Menjangan:

1. Lokasi snorkeling dan diving terbaik

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan, Lokasi snorkeling dan diving terbaik, foto: kintamani.id

Bagi wisatawan yang suka snorkeling dan diving, Pulau Menjangan merupakan tempat yang terbaik untuk menyalurkan hobimu. Para wisatawan yang snorkeling atau diving bukan hanya berasal dari Indonesia saja. Para turis mancanegara pun juga banyak yang datang ke sini.

Pulau Menjangan merupakan tempat wisata yang sangat cocok bagi kamu yang suka wisata bahari. Banyk pemandangan bawah laut yang keren yang akan memanjkan matamu.

2. Pantai pasir terbaik di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan

Pantai pasir terbaik di Pulau Menjangan, foto: water-spot-bali.com

Selain merupakan tempat diving dan snorkeling yang terbaik, Pulau Menjangan juga merupakan pantai dengan pasir terbaik. Pasir putih yang begitu indah di pulau ini akan membuat kakimu terasa lembut ketika menginjaknya. Pemandangan pasir putih semakin indah ketika pemandangan air laut yang warna biru dengan gradasi warna hijau.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya plankton yang ada di dasar laut. Selain itu, terumbu karang yang masih terjaga hingga sekarang merupakan faktor lain yang membuat Pulau Menjangan tidak boleh kamu lewatkan.

Baca Juga ya :

3. Tempat terbaik melihat matahari terbenam

Pulau Menjangan, Surga Dunia Di Bali Barat 1

Tempat terbaik melihat matahari terbenam, foto: balitoursclub.com

Pulau Menjangan juga merupakan lokasi terbaik untuk kamu yang ingin melihat keindahan matahari terbenam. Kamu bisa menikmati keindahan tersebut dengan sangat jelas. Kesan romantis akan semakin kamu dapatkan ketika berlibur ke sini bersama pasanganmu.

Harga Sewa Kapal ke Pulau Menjangan

Sebenarnya untuk harga sewa kapal atau menggunakan perahu bermotor bermacam-macam. Namun secara umum biaya yang harus kamu keluarkan berkisar antara 300.000 sampai 400.000. Kamu tidak perlu khawatir karena harga tersebut bukan harga pasti jadi kamu bisa melakukan tawar-menawar terlebih dahulu.

Leave a Reply