Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Tabanan Bali

5 Tempat Wisata di Tabanan Bali 1

Sumber: Bali Glory

Tempat Wisata di Tabanan – Tabanan adalah salah satu kabupaten di Bali, tepatnya di bagian selatan Bali. Terdiri dari 10 kecamatan dengan mayoritas aktivitas penduduknya adalah bertani. Lokasi Kabupaten Tabanan berjarak 35 km di sebelah barat kota Denpasar dan dapat ditempuh menggunakan transportasi darat seperti bis, sewa mobil, maupun taksi.Kabupaten dengan motto “Sadhu Mawang Anuraga” yang berarti “setia dan bijaksana menjalankan Dharma demi kecintaan pada rakyat” ini mempunyai banyak destinasi menarik untuk dikunjungi, berikut ini empat Wisata di Tabanan yang bisa kalian kunjungi:

1. Tanah Lot

Tanah Lot, Tempat Wisata di Tabanan

Tanah Lot, Tempat Wisata di Tabanan – Sumber: Dolan Yok

Tempat Wisata di Tabanan yang pertama adalah Tanah Lot. Satu destinasi wajib yang dikunjungi ketika berkunjung ke Bali. Pesonanya telah menarik ribuan turis lokal dan mancanegara. Destinasi ini berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, kurang lebih 13 km dari pusat kota Tabanan.

Banyak turis kesini untuk menikmati pemandangan cantik saat sunset. Selain Pura Tanah Lot, terdapat juga Pura Karang Bolong yang tidak kalah mempesona. Bukan hanya indah pemandangannya, situs ini juga mempunyai nilai sejarah tentang dibangunnya Pura Tanah Lot oleh seorang brahmana bernama Danghyang Niratha sebagai bukti kesaktiannya.

Tidak hanya itu, Pura Tanah Lot juga dijaga oleh ular hitam-putih atau disebut juga sebagai ular suci yang kononnya tercipta dari selendang milik Dangyang Niratha. Untuk berkunjung kesini, wisatawan domestik dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 35.000 dan Rp 20.000 untuk anak-anak sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp 75.000.

2. Pura Ulun Danu Bratan

Ingatkah kalian gambar pura yang berada di uang kertas pecahan Rp 50.000? Pura Ulun Danu Bratan inilah yang menjadi inspirasi dari gambar tersebut. Untuk pengunjung yang menginginkan udara sejuk, pura ini sangat cocok untuk dikunjungi karena berada 1.239 meter di atas permukaan air laut sehingga hawa sejuk akan langsung menyelimuti pengunjung.

Pura Ulun Danu di Bedugul

Pura Ulun Danu di Bedugul – foto @restforamoment

Pura Ulun Danau adalah Tempat Wisata di Tabanan yang sangat Sakral. Pura yang ada di Danau Beratan ini merupakan gambaran kepercayaan umat Hindu yaitu masing-masing bangunan pura memiliki atap berjumlah 11 tingkat (Dewa Wisnu), 7 tingkat (Dewa Brahma), dan 3 tingkat (Dewa Siwa).

Baca juga ya : Kunjungi 5 Tempat Wisata di Bedugul  Bali yang keren ini

Selain dapat menikmati keindahan pemandangan Pura yang berada di tengah danau, pengunjung juga dapat menikmati tur speedboat dengan merogoh kocek sejumlah Rp 100.000 untuk kapal berkapasitas 4 orang dan Rp 185.000 untuk kapal berkapasitas 8 orang untuk 1 kali putaran. Destinasi ini berlokasi di jalan Bedugul-Singaraja, Candikuning, Kecamatan Baturiti dan sudah dapat dikunjungi dari pukul 08.00 hingga 18.00 WITA.

3. Sawah Berundak Jatiluwih

Destinasi yang berlokasi di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel ini merupakan salah satu warisan budaya dunia (UNESCO). Nilai unik dan ciri khas sistem pertaniannya yaitu irigasi dilakukan berdasarkan konsep filosofi Tri Hita Karana, yaitu filosofi tentang keseimbangan antara manusia dengan sesama, manusia dengan alam, serta manusia dengan Sang Pencipta.

Sawah Jatiluwih Tabanan Bali

Sawah Jatiluwih, Tempat Wisata di Tabanan yang indah – Sumber: trip101

Selain dapat menikmati pemandangan sawah berundak terhampar luas, pengunjung juga sekaligus dapat menikmati pemandangan Gunung Batukaru. Sawah Jatiluwih menjadi salah satu persawahan yang paling ngehits di Indonesia untuk saat inni. Dan Sawah Jatiluwih menjadi Tempat Wisata di Tabanan yang paling wajib kalian kunjungi.

4. Air terjun Yeh ho

Air terjun Yeh ho

Air terjun Yeh ho – Sumber; Punapi

Tempat Wisata di Tabanan yang ke empat adalah Air terjun Yeh ho. Air terjun Yeh ho Dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit dari pusat kota Tabanan dan merupakan air terjun mungil (ketinggian sekitar 8 meter) dengan air yang cukup deras.

Baca Juga : Indahnya kedamaian di Danau Tahai Palangka yang melegenda

Lokasi Air terjun Yeh ho tidak jauh dari wisata Jatiluwih dan berjarak kira-kira 300m dari loket masuk. Suasana yang tenang dan sejuk serta air yang dingin menjadikan air terjun yang juga dikenal dengan air terjun Giri Kusuma ini menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung. Suasana alami yang disuguhkan oleh air terjun ini dapat dinikmati dengan membayar Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

5. Pantai Balian,Tempat Wisata di Tabanan yang instagenik

Pantai Balian

Pantai Balian – foto balivillas

Tempat Wisata di Tabanan yang terakhir adalah Pantai balian. Destinasi satu ini adalah destinasi wajib bagi pengunjung yang memiliki hobi surfing karena memiliki gelombang ombak yang cukup besar. Karena lokasi pantai ini menghadap barat daya, maka pantai ini cocok pula dikunjungi untuk menikmati sunset dengan pemandangan pepohonan kelapa.

Destinasi wisata Pantai Balian terletak di wilayah Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat dan tidak dikenakan biaya untuk pengunjung, hanya biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun, pengunjung juga harus berhati-hati karena kerap ada laporan serangan hiu di pantai ini karena merupakan bagian dari Laut Selatan.

Leave a Reply