Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara

air terjun 7 bidadari, Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara

air terjun 7 bidadari, Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara - Foto: streemitimages.com

Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara – Sebagai ibu kota kabupaten Aceh Utara, Lhoksukon menjadi daerah yang memiliki banyak keistimewaan. Bisa dikatakan jika Lhoksukon merupakan daerah yang mempunyai banyak potensi dan didominasi oleh beberapa sektor pekerjaan. Misalkan saja, pertanian, industri, dan pertambangan.

Selain itu, Aceh Utara juga telah terkenal sebagai salah satu daerah yang memiliki transportasi terlengkap di provinsi Aceh. Mulai dari bus dalam kota atau antar provinsi, kereta api, dan pesawat, bahkan juga ada kapal yang difungsikan untuk pengangkutan hasil pertanian dan industri.

Dalam hal sektor wisata, Lhoksukon Aceh Utara juga tidak kalah dari beberapa daerah lainnya di Aceh. Ada banyak macam wisata yang wajib dikunjungi dan telah dikenal luas oleh masyarakat. Bukan hanya wisata alamnya saja yang indah, namun Lhoksukon juga punya banyak wisata dengan nilai-nilai sejarah.

Supaya tidak semakin penasaran, mari simak 5 tempat wisata di Lhoksukon Aceh Utara yang pastinya sangat menarik dan tidak boleh dilewatkan berikut ini.

1. Rumah Cut Meutia

Rumah Cut Meutia, Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara

Rumah Cut Meutia, Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara – Foto: steemitimages.com

Nama Cut Meutia rasanya sudah tidak asing lagi. Siapa yang tidak kenal dengan pahlawan nasional yang satu ini. Beliau adalah salah satu tokoh wanita Aceh yang memiliki keberanian untuk melawan para penjajah. Keluarga dari Cut Meutia telah sepakat menjadikan rumah Cut Meutia untuk dialihfungsikan menjadi sebuah museum.

Wisatawan yang datang ke Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara ini juga dijamin tidak akan kecewa, karena pemandangan yang ada di sekitar museum yang begitu asri. Sehingga, memberikan kesan berwisata alam. Selain itu, bangunan rumah panggungnya pun sangat elegan dan kokoh.

Lokasi dari rumah Cut Meutia sendiri ada di Gampong Masjid Pirak, Matang Kuli, Aceh Utara. Mengunjungi rumah Cut Meutia, tentu saja bisa menjadi ajang menambah wawasan pengetahuan. Akan ada banyak benda bersejarah milik Cut Meutia seperti lukisan, foto, dan alat musik tradisional.

2. Lonceng Cakra Donya, Situs Sejarah Kerajaan Samudera Pasai

Lonceng Cakra Donya, Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara

Lonceng Cakra Donya, Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara – Foto: acehtourism.travel

Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara yang kedua ini juga masih berbau sejarah. Nama kerajaan Samudera Pasai pastinya sudah familiar karena sering ditemui di buku pelajaran sejarah.

Kerajaan ini memang menjadi salah satu kerajaan dari Aceh yang sangat terkenal pada zamannya. Disamping itu, kerajaan ini merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Dikarenakan nilai-nilai sejarahnya yang begitu kuat, rasanya tidak lengkap jika datang ke Aceh Utara dan tidak mengunjungi situs sejarah ini.

Di tempat wisata ini akan ditemui banyak-banyak benda bersejarah milik kerajaan Samudera Pasai yang sampai saat ini masih dirawat dengan baik. Barang-barang tersebut seperti surat-surat, stempel kerajaan, dan tempat makan raja.

Baca Juga ya :

3. Air Terjun Tujuh Bidadari, Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara

Air Terjun 7 Bidadari. Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara

Air Terjun 7 Bidadari. Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara – Foto: streemitimages.com

Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara lainnya yang harus kamu kunjungi adalah Air Terjun Tujuh Bidadari. Lokasi dari air terjun 7 bidadari ini ada di tengah hutan, sehingga untuk menuju ke sana para wisatawan harus menghadapi medan yang tidak mudah. Hutannya sendiri dinamai hutan Syiah Utama Selatan, Syiah Utama.

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini mungkin akan berpikir kalau air terjun ini adalah tempat mandi para tujuh bidadari seperti di dongeng-dongeng. Nyatanya, tempat ini dinamai tujuh bidadari, karena ada tujuh tingkatan air terjun yang sangat indah.

4. Pantai Lancok

Pantai Lancok. Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara

Pantai Lancok, Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara – Foto: streemitimages.com

Pantai Lancok menjadi salah satu Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara yang juga wajib kamu kunjungi. Pantai pasir putih sejak dulu memang selalu jadi primadona wisata alam, tidak terkecuali pantai lancok di Gampong Lancok, Aceh Utara.

Akan tetapi, selain pasir putihnya, pemandangan saat senja di pantai ini adalah salah satu daya tarik yang paling dicari oleh wisatawan. Banyak wisatawan yang sengaja menunggu hingga matahari tenggelam demi menyaksikan pemandangan yang epik tersebut.

Dibalik keindahan dari pantai lancok, pantai ini pernah menjadi saksi dari dari bencana tsunami di Aceh kala itu. Namun, selepas dari bencana itu, pantai ini pun tetap digemari dan tetap menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan liburan.

5. Masjid Raya Pase

Masjid Raya Pase. Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara

Masjid Raya Pase. Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara – Foto: streemitimages.com

Masjid sekarang ini juga difungsikan sebagai salah satu tempat wisata religi. Meskipun di Aceh Utara banyak ditemukan masjid-masjid, namun masjid raya pase memiliki daya tariknya tersendiri.

Masjid raya pase yang punya desain arsitek yang begitu megah menjadikan banyak masyarakat yang penasaran untuk mengunjungi dan beribadah di dalamnya. Dibalik kemegahan dari bangunan masjid, ternyata ada sejarah dari pembangunan masjid ini.

Masjid raya pase bagi masyarakat dijadikan sebagai simbol kajayaan kerajaan pasai serta penyebaran islam. Tidak heran jika Masjid Raya Pase dijuluki sebagai masjid agung di Aceh Utara.

***

Bervariasnya wisata di Lhoksukon menjadikan daerah ini kaya akan potensi wisata. Selain 5 tempat wisata di Lhoksukon Aceh Utara yang disebutkan tadi, masih ada banyak wisata yang tentunya sangat layak untuk dikunjungi.

Jangan lupa baca juga:

Leave a Reply