Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bireun Aceh

Makanan Khas Bireun Aceh

Makanan Khas Bireun Aceh

Makanan Khas Bireun Aceh – Provinsi Aceh merupakan provinsi yang dikenal sebagai Serambi Mekah dan juga dikenal dengan Syariat Islamnya. Walaupun dikenal dengan syariat Islamnya, ternyata Aceh memiliki banyak keragaman, mulai  budaya, tradisi dan juga kulinernya.

Salah satu Kabupaten di Aceh yang terkenal akan keanekaragamannya adalah Kabupaten Bireun. Kali ini kami akan membahas macam macam kuliner di Kabupaten Bireun, yang bisa kamu nikmati saat kamu berlibur di Kabupaten Bireun.

Berikut adalah kuliner di Kabupaten Bireun yang sangat menggunggah selera dan tentunya harganya juga terjangau oleh kantong kamu.

1. Mie Kocok Bireun

Mie Kocok Bireun, Makanan Khas Bireun Aceh

Mie Kocok Bireun,Makanan Khas Bireun Aceh – Foto: tribunnews.com

Mie Kocok merupakan Makanan Khas Bireun Aceh yang wajib kamu coba. Salah satu rumah makan yang menyediakan Mie Kocok adalah Keude Geurugok di Jalan Lintas Medan – Banda Aceh. Cara membuat Mie Kocok  ini  pun sangat mudah, yakni Mie direbus bersama tauge, kemudian mie ditambah dengan kuah kaldu ayam serta suwiran ayam kampung.

Untuk kamu yang ingin menikmati lezatnya Mie Kocok di Keude Geurogok yang terletak di Jalan Lintas Medan- Banda Aceh Kabupaten Bireun, dan  kamu hanya merogoh kocok sekitar Rp 15.000.

Baca Juga ya6 Kuliner dan Makanan Khas Kutacane, Aceh Tenggara

2.  Sate Apaleh Khas Bireun Aceh

Sate Apaleh Bireun  Foto: antaranews.com

Sate Apaleh Bireun  Foto: antaranews.com

Sate Apalaeh ini juga terletak di Kuede Guerugok Bireun,  dan  Sate Apelah ini memiliki cita rasa yang khas karena sate ini menggunakan daging lembu, serta menggunakan saus kacang untuk bumbu satenya.

Untuk kamu yang ingin menikmati lezatnya sate lembu di Sate Apelah di Kuede Guerugok, kamu hanya merogoh kocek sekitar Rp 20.000. Selain mendapat sate lembu, kamu juga  akan mendapat kuah sop tulang sapi yang rasanya sangat nikmat.

3. Bakso Gatok Kutablang

Bakso Gatok Kutablang  Foto: stemit.com

Bakso Gatok Kutablang  Foto: stemit.com

Bakso Gatok Kutablang merupakan tempat kuliner  terkenal di Kutablang Kabupaten Bireun dan tempat kuliner ini menawakan kuliner bakso dengan tulang sumsum yang sangat nikmat. Daging yang digunakan  oleh Bakso Gato Kutablang adalah daging lembu, kemudian daging lembu tersebut digiling dan diolah hingga menjadi bakso.

Bakso Gatok Kutablang  dapat kamu nikmati dengan harga Rp 25.000, dan setelah itu kamu akan mendapat teh manis yang dapat yang dapat menyegarkan dahaga kamu setelah makan bakso gatok.

4. Mie Lampak, Makanan Khas Bireun Aceh yang Lezat

Mie Lampak, Makanan Khas Bireun Aceh yang Lezat

Mie Lampak, Makanan Khas Bireun Aceh yang Lezat – Foto: gramho.co

Mie Tiaw Bireun atau yang dikenal dengan Mie Lampak merupakan kuliner khas Bireun yang wajib kamu coba. Mie Lampak ini mirip dengan Chinese Food Kwetiaw, karena mienya terbuat dari beras.  Toping yang biasa ditambahkan di Mie Lampak adalah udang, telur, sayur sayuran dan juga tauge.

Dibanderol dengan harga Rp. 15.000, kamu dapat menikmati lezatnya Mie Lampak khas Bireun Aceh ini. Selain harganya yang murah dan rasanya yang lezat, letak warung Mie Lampak juga sangat mudah diakses oleh kendaraan pribadi.

Baca Juga ya : 6 Tari Adat Tradisional dari Aceh

5. Rujak Manis Kutablang 

Rujak Manis Kutablang

Rujak Manis Kutablang – Foto: beritagar.id

Rujak Manis Kutablang juga salah satu makanan khas Bireun Aceh yang sangat terkenal.  Rujak khas Bireun yang sangat nikmat karena buah buahan yang digunakan adalah buah buahan yang dipetik langsung dari pohonnya, dan kemudian buah buahan yang dipetik dari pohon tersebut ditambah dengan sambal rujak pedas manis.

Jika kamu ingin menikmati lezat nya Rujak Manis Kutablang Khas Kabupaten Bireun, kamu dapat menemui tokonya di Jalan Kutablang Bireun, dan dengan harga Rp 10.000, kamu dapat menikmati segarnya Rujak Manis Kutablang.

6. Pulot Hijau

Pulot Hijau , makanan khas Bireun Aceh

Pulot Hijau, makanan khas Bireun Aceh – Foto: busy.org

Pulot Hijau (Ketan Hijau) adalah makanan khas Bireun Aceh yang sangat terkenal, karena Pulot Hijau disajikan dengan cara  dipanggang. Kopi adalah salah satu teman yang cocok saat kamu menyantap Pulot Hijau.

Untuk kamu yang ingin menikmati Pulot Hijau khas Kabupaten Bireun yang sangat lezat ini, kamu dapat berkunjung ke kawasan Geulungku Bireun, dan hanya dengan membayar Rp 1.000 per potongnya, kamu bisa menyantap Pulot Hijau Khas Kabupaten Bireun yang nikmat ini.

Baca juga    6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Tual Kei

Itu dia Kuliner khas Kabupaten Bireun yang sangat mengguggah selera kita semua. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Kabupaten Bireun, tidak usah khawatir, karena banyak makanan khas Bireun yang bisa kamu nikmati, dan harganya juga terjangkau.

Leave a Reply