6 Kuliner dan Makanan Khas Kaur Bengkulu Wajib untuk Dicicipi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kaur Bengkulu Wajib untuk Dicicipi

Kelicuk dan Tapai Siwuk, Makanan Khas Kaur

Kuliner Kelicuk dan Tapai Siwuk, Makanan Khas Kaur - Foto: yoegamp.blogspot.com

Makanan Khas Kaur – Provinsi Bengkulu terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi tempat-tempat obyek wisata yang menjadi rekomendasi. Namun, kekayaan pariwisata di Provinsi ini tidak hanya datang dari segi tempat wisatanya saja.

Dari Segi kuliner juga bisa menjadi potensi besar bagi kepariwisataan Provinsi Bengkulu karena memiliki makanan yang berciri khas. Baca juga Tempat Wisata di Kabupaten Kaur Bengkulu

Berbicara tentang Bengkulu, rasanya terlalu luas untuk dibahas dalam satu artikel. Oleh karenanya, di artikel kali ini kita akan mempersempit pembahasan terkait kekayaan kuliner wisata Bengkulu yaitu di Kabupaten Kaur.

Kabupaten ini terletak sekitar 250 km dari pusat kota dan merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Nah, berikut adalah ulasan dari beberapa kuliner khas kabupaten ini!

1.  Gulai Ikan Mungkus

Kuliner Gulai Ikan Mungkus, Makanan Khas Kaur Bengkulu

Kuliner Gulai Ikan Mungkus, Makanan Khas Kaur Bengkulu – Foto: cookpad.com

Makanan Khas Kaur Bengkulu yang pertama adalah Gulai Ikan Mungkus. Gulai ini sama seperti masakan gulai ikan yang lainnya, bahan untuk memasaknya adalah ikan dan santan serta macam-macam jenis rempah untuk memperkaya cita rasa.

Ikan yang digunakan adalah ikan mungkus. Ikan ini adalah sejenis ikan air tawar yang biasanya hidup di bebatuan sungai dan sumber makanannya adalah lumut. Sebelum diolah, terlebih dahulu ikan mungkus dikeluarkan isi perutnya. Kunjungi juga artikel Kuliner dan Makanan Khas Arga Makmur Bengkulu Utara

Harga Gulai Ikan Mungkus

Nah, apabila Anda tertarik untuk mencicipi menu Gulai Ikan Mungkus, Anda cukup membayar sejumlah Rp. 25.000 per porsinya lengkap dengan satu porsi nasi ibat. Karena menu kuliner yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat sekitar, Anda dapat menemukannya dengan sangat mudah di beberapa rumah makan kawasan Kaur.

2. Gulai Tempoyak

6 Kuliner dan Makanan Khas Kaur Bengkulu Wajib untuk Dicicipi 3

Kuliner Tempoyak, Makanan Khas Kaur – Foto: lifestyle.okezone.com

Tempoyak atau Tempuyak merupakan olahan buah durian yang difermentasi. Buah durian yang digunakan untuk membuat tempoyak masih dalam keadaan segar, dalam artian bukan buah yang busuk. Proses fermentasinya, biasanya memakan waktu kurang lebih selama satu atau dua hari.

Dalam kuliner ini, fermentasi durian tersebut dijadikan semacam saus. Tempoyak bisa disajikan bebarengan dengan aneka bahan makanan seperti tempe, ikan, udang, dan lainnya. Namun, apabila dimakan hanya dengan nasi putih saja pun tidak masalah karena rasa nikmat dari gulai ini tetap bisa dirasakan.

Harga Gulai Tempoyak

Gulai tempoyak merupakan masakan rumahan dan biasa menjadi hidangan sajian untuk keluarga. Namun, apabila Anda ingin membeli Tempoyak saat ini juga banyak penjual yang memasarkan gulai ini secara online di berbagai online shop. Untuk harganya sendiri bervariasi, bergantung dengan berat kemasannya, biasanya berkisar antara Rp. 30.000 – Rp. 40.000 untuk per 200 gr.

Baca juga artikel terkait kuliner yang ada di Bengkulu di bawah ini ya:

3. Pendap

6 Kuliner dan Makanan Khas Kaur Bengkulu Wajib untuk Dicicipi 4

Kuliner Pendap, Makanan Khas Kaur – Foto: milenials.id

Makanan yang satu ini cukup spesial di hati masyarakat Kaur Bengkulu. Hingga ada satu lagi yang khusus dibuat yang menceritakan tentang cara pembuatan hingga bagaimana cara menikmatinya.

Pendap merupakan makanan yang terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan rempah-rempah dan juga ikan segar. Campuran ini kemudian dibungkus dengan kurang lebih lima lembar daun keladi yang ditutup dengan daun pisang sebagai lapisan terakhirnya. Sekilas, makanan ini mirip dengan pepes ikan. Hanya saja cara memasaknya yang berbeda.

Leave a Reply