Kuliner, Tips Travelling

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Beliti, Musi Rawas

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Beliti, Musi Rawas

Sumber: tribunnews.com

Jika bicara tentang Sumatera Selatan, yang paling dikenal dan menjadi primadona adalah pempeknya. Namun, tahukah kalian kalau ada makanan khas Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas yang cukup terkenal dan rasanya tidak bisa dilupakan? Inilah saatnya untuk kita mengenal lebih lanjut terkait makanan khas Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas. Makanan khas Muara Beliti mungkin memiliki kesamaan dengan wilayah lain karena kesamaan sejarahnya. Beberapa makanan yang khas Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, antara lain sebagai berikut.

Roti Kemang

Roti kemang adalah makanan khas Muara Beliti yang sangat nikmat. Rasanya yang manis dengan isian parutan kelapa dan gula merah membuat penggiat kuliner akan terus memakannya. Roti kemang biasanya hanya bisa ditemui di Musi Rawas dan biasanya juga dimakan bersama bubur durian.

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Beliti, Musi Rawas

Sumber: beritasatu.com

Untuk membuatnya roti kemang sebagai makanan khas Muara Beliti, bahan yang digunakan sama seperti membuat roti pada umumnya. Bedanya ialah ketika dibentuk menjadi roti, adonan diberi isian berupa parutan kelapa dan gula merah. Rasa manis ini akan membuat roti kemang beda dari roti lainnya.

Baca juga:  6 Kuliner dan Makanan Khas Takengon, Aceh Tengah

Bubur Durian

Bubur durian merupakan makanan khas Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas. Makanan ini memang hanya ada di Musi Rawas, maka tidak heran jika sangat digemari oleh penggiat kuliner. Bubur durian biasanya dimakan bersama dengan roti kemang. Dimakan sendiri sudah enak, namun akan lebih nikmat jika dimakan bersama roti kemang. Rasa gurih ketan dengan rasa manis kuah durian mampu membuat lidah ketagihan.

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Beliti, Musi Rawas

Sumber: youtube.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur durian sebagai makanan khas Muara Beliti adalah daging durian, santan, gula pasir, dan beras ketan. Pertama, campurkan daging durian dengan santan, gula, dan garam. Boleh juga ditambahkan dengan daun pandan. Aduk hingga mengental sambil dicicip rasanya. Setelah itu, masukkan beras ketan yang sudah dimasak dengan sedikit santan. Bubur durian siap dinikmati.

Pindang Pegagan

Pindang ikan merupakan makanan khas Muara Beliti yang sangat populer. Dengan bahan dasar ikan patin, makanan ini mampu membuat semua orang yang mencicipinya ingin lagi. Rasa yang khas juga tidak bisa dilupakan begitu saja.

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Beliti, Musi Rawas

Sumber: tribunnews.com

Hidangan ini menggunakan banyak bumbu rempah sehingga rasanya begitu gurih. Bumbu yang digunakan untuk membuat pindang ikan adalah serai, daun salam, lengkuas, tomat, garam, kemangi, daun bawang, dan masih banyak lagi. Semua bumbu itu menjadi satu ke dalam kuah pindang yang asam manis dan juga pedas.

Baca juga:  6 Kuliner dan Makanan Khas Sinabang, Kabupaten Simeulue

Pindang Meranjat

Pindang meranjat pegagan merupakan makanan khas Muara Beliti yang tidak kalah enaknya dengan pindang ikan. Kalau pindang ikan menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya, maka pindang pegagang menggunakan ikan baunggabus. Terkadang ada juga yang menggunakan ikan patin, namun biasanya menggunakan ikan lain selain patin.

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Beliti, Musi Rawas

Sumber: food.grab.com

Bahan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan bahan pindang ikan. Bumbu yang digunakan sama seperti pindang pegagan, namun dengan tambahan kunyit dan jahe. Cara membuatnya pun sama, yaitu dengan menghaluskan bumbu yang ada kemudian direbus bersama ikannya.

Lemang

Lemang merupakan makanan khas Muara Beliti. Makanan ini biasanya sering ditemui ketika perayaan hari lebaran. Hidangan ini terbuat dari beras ketan dan santan kelapa yang dimasukkan ke dalam bambu. Lemang juga biasanya dimakan bersama lauk pauk lain seperti daging sapi, daging kerbau, maupun daging rusa.

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Beliti, Musi Rawas

Sumber: pedomanbengkulu.com

Lemang memang sangat cocok jika dimakan bersama lauk daging. Rasa lemang sebenarnya sudah sangat enak meski dimakan sendiri, namun akan lebih nikmat jika dimakan bersama daging.

Ikan Sepit Bambu Bakar

Ikan sepit bumbu bakar merupakan makanan khas Muara Beliti yang lumayan populer. Penamaan ikan sepit digunakan karena ikan diolah dengan dijepit menggunakan bambu dan kemudian dibakar di atas perapian hingga matang. Jadi, bukan karena jenis ikannya adalah sepit.

Hidangan ini biasanya dimakan langsung setelah matang dengan cocolan sambal tomat atau sambal terasi. Terkadang ikan yang sudah matang ini digulai dengan santan atau dimasak pindang. Semua jenis ikan bisa digunakan asalkan ikan air tawar. Warga yang memasak ikan sepit biasanya akan sering ditemui ketika musim ikan migrasi atau bertelur.


Itulah beberapa makanan khas Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas. Jadi, kalau ke Sumatera Selatan, jangan hanya mencoba pempek. Cobalah makanan khas Muara Beliti yang sudah dijabarkan diatas untuk menambah pengetahuan kulinermu.

Leave a Reply