Pantai

Pantai Gandoriah, Wisata Ternama di Pariaman

Pantai Gandoriah

Panorama di Pantai Gandoriah. Foto: doripos.com

Pantai Gandoriah – Sudah kenal belum dengan salah satu wisata andalan di kota Pariaman? Jika belum tahu, pantai Gandoria inilah andalan wisata Pariaman. Banyak hal yang membuat Pantai Gandoriah ini ramai didatangi wisatawan. Mulai dari lokasinya yang strategis di pusat kota, keindahan pemandangannya, serta kulinernya yang juga terkenal enak.

Nama pantai Gandoriah ternyata diambil dari cerita rakyat yang ada di Sumatera Barat. Dulu, ada kisah cinta yang cukup menyedihkan antara Puti Gandoriah dan Nan Tongga, sepupunya sendiri.

Jalanan Sekitar Pantai Gandoriah

Jalanan Sekitar Pantai Gandoriah – Foto: kelanaku.com

Dikarenakan hal inilah, pemerintah lebih memilih nama Gandoriah sebagai nama pantainya. Selain itu, penamaannya juga supaya masyarakat lebih mengenal dan menghargai sejarah dan cerita rakyat yang ada.

Jika ada yang berkeinginan menuju ke pantai Gandoriah, tentu saja pasti penasaran tentang lokasi, akses menuju ke sana, seberapa indah pantainya, dan harga tiketnya. Supaya tidak bertambah penasarannya, mari simak ulasan berikut.

Lokasi Pantai Gandoriah

Lokasi Masuk Pantai Gandoriah

Lokasi Masuk Pantai Gandoriah – Foto: indonesiakaya.com

Perjalanan Berkunjung ke pantai Gandoriah tidak akan menyulitkan wisatawan. Lokasinya memang sangat strategis dan bisa dijangkau dengan alat trasnportasi apapun. Lokasi tepatnya dari pantai Gandoriah adalah di Jl. S.M. Abidin, Kel. Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Pariaman, Sumatera Barat.

Stasiun Pariaman merupakan stasiun yang terdekat dengan lokasi pantai Gandoriah. Bahkan, jalur keretanya menghubungkan langsung pantai dengan Padang. Bukan hanya itu, Pantai Gandoriah juga cukup dekat dengan Lapangan Merdeka, Kantor Pos Pariaman, Plaza Pariaman, dan Simpang Tabuik.

Keindahan dan Pesona Pantai Gandoriah

Panorama di Pantai Gandoriah

Panorama di Pantai Gandoriah – Foto: doripos.com

Sebagai salah satu wisata unggulan, keindahan pantai Gandoriah sejarusnya tidak diragukan lagi. Akan ada 6 gugusan pulau kecil yang terlihat di lepas pantai Gandoriah.

Pulau-pulau itu meliputi pulau Angso Duo, pulau Bando, pulau Gosong, pulau Kasiak, pulau Tangah, dan  pulau Ujung. Selain itu, pulau-pulau tersebut juga dijadikan objek wisata.

Panorama dari pantai tersebut tentunya sangat memanjakan mata. Bahkan hanya dengan duduk-duduk santai, bercanda, bercerita bersama keluaraga maupun teman juga sudah menjadikan liburan yang berkualitas.

Selain itu, seperti halnya pantai-pantai lain, senja di pantai Gandoriah juga  menjadi pemandangan yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya. Tidak jarang wisatawan menunggu untuk menyaksikan keindahan senjanya, dan tentunya berfoto mengabadikan momen menawan tersebut.

Aktivitas dan Kuliner di Pantai Gandoriah

Untuk para wisatawan yang suka beraktivitas fisik di pantai, tenang saja, di pantai Gandoriah memiliki banyak pilihan permainan. Mulai dari selancar, jetski, banana boat dan masih banyak pilihan olahraga pantai lainnya.

Pantai Gandoriah juga sering dijadikan sebagai lokasi festival budaya seperti festival tabuik. Banyak sekali wisatawan yang tumpah ruah mendatangi pantai untuk menyaksikan acara puncak dari festival tabuik, yaitu ritual pembuangan tabuik ke laut.

Baca Juga ya :

Nasi Sek, Kuliner Khas di Pantai Gandoriah

Nasi Sek, Kuliner Khas di Pantai Gandoriah – Foto: kelanaku.com

Selain aktivitas berolahraga, buat para pecinta kuliner pun pasti akan dimanjakan dengan makanan khas pariaman yang dijual di warung lesehan pinggir pantai. Nasi Sek menjadi salah satu makanan posisi teratas yang dijual di pantai. Keunikan nama makanan ini ternyata berasal dari singkatan ‘Sepulur ribu Enak Kenyang’.

Penyajiannya juga sangat alami, nasinya dibungkus dengan daun pisang dan untuk lauknya pun pembeli bisa memilih sesuai yang diinginkan. Rasa dari makanan khas pariaman ini juga tidak perlu diragukan.

Bukan hanya nasi Sek, di Pantai Gandoriah juga ada makanan khas Pariaman lainnya seperti Sala Lauak dan sate kepiting. Menikmati hidangan khas dibarengi dengan menyaksikan panorama pantai serta ditemani angin sepoi yang bertiup lembat sudah menjadi wisata yang terasa mewahnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Gandoriah

Selain keindahan pantai, banyaknya pilihan aktivitas, kuliner yang khas, berwisata ke pantai Gandoriah juga tidak akan menguras kantong wisatawan. Dulu, masuk ke wisata ini tidak dikenakan biaya.

Kalian Hanya perlu membayar uang parkir yang mana untuk sepeda motor dikenakan traif Rp. 2,000 per jamnya. Sedangkan, untuk mobil dikenakan tariff Rp. 3.000 per jamnya.

Pantai Gandoriah

Makan di Pinggir Pantai Gandoriah. Foto: kelanaku.com

Namun, beberapa waktu lalu, pemerintah kota Pariaman memberlakukan tarif masuk sebesar Rp. 3.000 untuk wisata-wisata di kota Pariaman. Hal ini digunakan untuk menambah fasilitas serta pertunjukan kesenian di pantai.

Dengan berbagai keunggulan serta kelebihan dari wisata pantai Gandoriah, rasanya Pantai Gandoriah tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Apalagi dengan mengajak keluarga, teman dekat, atau orang tersayang tentu akan menjadikan liburan sebagai ajang menghabiskan waktu bersama yang menyenangkan.

Jangan lupa baca juga:

Leave a Reply