Alam, Daftar Wisata, Harga Tiket, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman

Pulau Kata, Tempat Wisata di Parit Malintang

Pulau Kata, Tempat Wisata di Parit Malintang -sumber: Superadventure.co.id

Tempat Wisata di Parit Malintang  – Kota Parit Malintang merupakan salah satu nagari yang terdapat di dalam kecamatan Enam Lingkung, kabupaten Padang Pariaman, provinsi Sumatra Barat, Indonesia.  Kota Parit Malintang juga menjadi pusat pemerintahan atau ibu kota dari Kabupaten Pariaman.

Pariaman merupakan salah satu daerah yang ada di pesisir barat Provinsi Sumatera Barat. Pariaman juga dijuluki Kota Tabuik dan di tempat ini terdapat berbagai tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan oleh pencinta travelling. Beberapa destinasi wisata tersebut misalnya wisata alam dengan panorama yang memikat, ada wisata sejarah, religi, bahari dan termasuk juga wisata kulinernya.

Tempat Wisata di Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di di Parit Malintang Padang Pariaman Sumatera Barat yang wajib untuk dikunjungi.

1. Pemandian Tapian Puti

Pemandian Tapian Puti, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman

Pemandian Tapian Puti, Tempat Wisata di Parit Malintang -sumber: Wisato.id

Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman yang pertama adalah Pemandian Tapian Puti. Kawasan ini merupakan pemandian alami di Pariaman tepatnya di Kecamatan Lubuk Alung.

Pemandian ini berupa kolam-kolam kecil yang tersebar dalam satu tempat dan jumlahnya ada 7 tingkat. Airnya sendiri berasal dari atas bukit yang mengalir ke bebatuan dan memenuhi kolam-kolam di pemandian air tersebut.

Pemandian Tapian Puti pada saat menjelang bulan Ramadhan, biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk ritual tradisi mensucikan diri.

2. Pantai Gandoriah di Parit Malintang Kampung Pariaman

Pantai Gandoriah, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman

Pantai Gandoriah, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman -sumber: Pariwisatasumut.com

Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman Yang kedua adalah Pantai Gandoriah. Pantai Gandoriah ini salah satu tujuan wisata yang terkenal di Pariaman. Pantai Gandoriah ini juga sering dijadikan acara pariwisata misalnya Festival Tabuik.

Tempat wisata Pantai Gandoriah ini konon sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan sejak tahun 1983 silam. Apabila kalian berkunjung ke pantai ini bisa melakukan berbagai aktivitas bahari seperti berenang maupun berselancar atau surfing.

Selain itu kalian juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah yakni melihat 6 buah pulau yang letaknya berada di pesisir Pariaman.

Baca juga ya :

3. Muara Manggung atau Rawa Mati

Muara Manggung, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman

Muara Manggung, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman – sumber: Doripos.com

Muara Manggung adalah Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman yang cocok untuk dijadikan spot foto yang keren dan ciamik. Pasalnya di tempat wisata ini kalian akan disuguhi pemandangan cantik pohon bakau yang sudah mati dan warnanya kemerah-merahan.

Maka tak heran, apabila Muara Manggung juga dijadikan spot foto prewedding karena tempatnya yang mirip nuansa di film-film Hollywood. Selain berfoto, kalian juga menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu. Lokasinya berada dekat dengan kantor DPRD Pariaman.

4. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman

Pantai Kata, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman – sumber: Superadventure.co.id

Salah satu Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman yang unik adalah Pantai Kata Pariaman. Daya tarik tempat wisata ini adalah sensasi seperti sedang berada di hamparan hutan pinus dengan udara yang sejuk.

Selain banyaknya pohon cemara, pantai di Pariaman Tengah ini juga bersih dan alami sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama tidak mau pulang. Begitu juga dengan ombaknya yang meliuk-liuk indah dipandang mata.

Di pantai ini kalian juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berswafoto, menyelam, berjemur di pinggir pantai atau bisa juga melihat perahu-perahu milik warga sekitar yang digunakan untu mencari ikan di laut.

5. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman

Pulau Angso Duo, Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman -sumber: Nativeindonesia.com

Pulau Angso Duo juga masuk kedalam daftar Tempat Wisata di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman yang sayang untuk dilewatkan. Pulau catik ini memiliki pesona panorama hamparan pasir putih dan jajaran pohon kelapa yang bisa menghipnotis para pengunjung yang berkunjung ke pulau ini.

Di Pulau Angso Duo ini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap yaitu berbagai jenis sportwater dan juga permainan air. Kemudian di pulau ini juga ada tempat penginapan atau cottage dengan fasilitas yang lengkap termasuk tempat beribadah.

Untuk bisa berkunjung ke pantai yang sangat indah ini kalian harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang dan biaya parkir sebesar 3.000 rupiah untuk kendaraan motor sedangkan mobil 5.000 rupiah.

Pulau Angso Duo berada di Pariaman, Sumatera Barat. Pariaman berjarak kurang lebih 65 kilometer dari kota Padang sedangkan pulau ini letaknya 15 menit dengan menggunakan perahu dari pantai Pariaman.

Perjalanan dilanjutkan hingga sampai di Pantai Gandoriah kemudian untuk menuju ke pulau Angso Duo harus menggunakan fasilitas kapal khusus penyebrangan dari pantai Gandoriah ini dan membayar uang sewa sebesar 40.000 rupiah. Perjalanan yang ditempuh memakan waktu kurang lebih 10-15 menit saja.

Sumber: Wisato.id, Pariwisatasumut.com, nativeindonesia.com

Leave a Reply