Alam, Budaya, Kuliner, Pantai

Pantai Sundak, Pantai Sunyi untuk Menyepi

Pantai Sundak

Pantai Sundak - Sumber: review buka lapak

Pantai Sundak – Yogyakarta atau yang disebut Jogja, banyak menyimpan kekayaan budaya dan juga alam. Kota pelajar ini menjadi salah satu kota yang digemari turis baik lokal maupun mancanegara. Salah satu destinasi untuk wisata alamnya adalah Gunung Kidul. Dengan pantai yang berjumlah lebih dari 20, pengunjung seakan dimanjakan oleh kecantikan termasuk di dalamnya adalah Pantai Sundak.

Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit pengunjung. Pantai ini berada di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bisa dikunjungi pengunjung dengan arah perjalanan menuju ke area Piyungan, Pathuk, Lanud Gading, Jalan Baron. Dari pertigaan Baron pengunjung bisa mengambil jalan menuju ke Pantai Kukup, Drini, Krakal, hingga akhirnya tiba di destinasi wisata satu ini.

Asal-usul Nama Pantai Sundak

Pantai Sundak

Pantai Sundak – Sumber: Visiting Jogja

Berdasarkan cerita yang didapat dari warga, kata sundak ini merupakan gabungan dari dua nama yaitu, asu (anjing dalam Bahasa Jawa), dan landak. Pada suatu waktu, diceritakan bahwa seekor anjing sedang berlarian dan kemudian masuk ke dalam goa. Ternyata terdapat seekor landak laut di dalam goa tersebut.

Anjing yang merasa lapar pun mencoba mendekati untuk memakan landak laut tersebut namun ternyata landak laut memberikan perlawanan. Setelah melewati pertarungan antar keduanya separuh badan landak laut tersebut berhasil dimakan oleh anjing tersebut. Gabungan antara kedua nama binatang itu akhirnya menjadi nama untuk pantai cantik ini yaitu Pantai Sundak.

Pantai Sundak memiliki Fenomena Alam yang Unik

Pantai Sundak

Pantai Sundak – Sumber: review buka lapak

Pantai Sundak ini memang memiliki fenomena alam yang terbilang unik yaitu ketika tiba musim hujan volume air menjadi besar dan akan muncul air yang kemudian mengalir ke lautan. Ketika fenomena itu sedang terjadi, daratan di sebelah timur pantai ini menjadi terlihat seperti terbelah dan membentuk sebuah sungai.

air lautan tersebut kemudian membentuk sungai yang membelah pasir. Namun aliran sungai tersebut akan menghilang pada musim kemarau. Fenomena alam yang unik ini kemudian menjadikan Pantai Sundak juga dikenal dengan nama Pantai Wedibedah.

Aktivitas yang Bisa Dinikmati di Pantai Sundak

Kuliner di Pantai Sundak

Kuliner di Pantai Sundak – Sumber: Jarang Panas

Terdapat karang menjulang tinggi di bagian utara pantai dengan ketinggian mencapai 12 meter. Uniknya adalah terdapat sebuah lorong atau Goa yang membuat pemandangan di pantai ini semakin mengagumkan. Goa dengan ketinggian 2meter ini menyimpan sebuah sumur air alami. Setelah ditemukan akhirnya sumur ini dimanfaatkan menjadi sumber mata air tawar oleh warga setempat.

Baca juga ya : kunjungi Lava Bantal , tempat wisata baru di Yogyakarta yang unik

Selain dimanjakan dengan pemandangan alami, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai pilihan santapan yang ditawarkan oleh warga setempat. Ada berbagai macam ikan hasil tangkapan warga yang tersedia di Lokasi wisata Pantai Sundak mulai dari ikan kakap, kerapu, nila, gurame, cumi, udang, sampai lobster pun tersedia di sini.

Ada berbagai macam cara dan bumbu yang bisa dipilih pengunjung. Ikan laut dapat dinikmati dengan cara digoreng, dibakar, atau diberi bumbu asam manis, bumbu rica, dan masih banyak lagi pilihan bumbu lainnya. Untuk harga, terbilang terjangkau dibandingkan dengan harga restoran dan rasanya pun dapat diadu.

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Untuk dapat menikmati kecantikan alami pantai ini, pengunjung dikenai biaya retribusi sebesar Rp 10.000 yang akan digunakan untuk mengembangkan fasilitas di pantai ini. Untuk biaya parkirnya akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk mobil dan sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor.

Leave a Reply