Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Padang Pariaman

Makanan Khas Padang Pariaman

Sate Padang Khas Pariaman. Makanan Khas Padang Pariaman - Foto: Instagram @ameuthia

Makanan Khas Padang Pariaman – Sumatera Barat sudah dikenal sebagai salah satu daerah yang menghasilkan makanan – makanan yang lezat. Salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki kuliner yang unik dan khas adalah Padang Pariaman.

Padang Pariaman adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.328,79 km² dan populasi 391.056 jiwa (Sensus Penduduk 2010). Kabupaten ini bermotto “Saiyo Sakato”. Ibu kota Kabupaten Padang Pariaman adalah Parit Malintang.

Daftar Makanan Khas Padang Pariaman

Tanpa berlarut – larut lagi, berikut ini daftar 6 makanan khas Padang Pariaman yang wajib kamu coba jika berkunjung ke wilayah ini.

1. Nasi Sala

Nai Sala, Makanan Khas Padang Pariaman

Nai Sala, Makanan Khas Padang Pariaman – Foto: Instagram: @minangsedunia

Daerah Padang Pariaman merupakan daerah pesisir, maka tidak heran jika kuliner di daerah ini banyak yang merupakan hasil olahan laut.  Salah satu Makanan Khas Padang Pariaman dari olahan laut yang cukup populer disini adalah Nasi Sala.

Nasi sala adalah hidangan ikan bertepung yang disajikan bersama nasi dan sambal. Kata ‘sala’ dalam bahasa setempat bisa diartikan sebagai digoreng, sama seperti kuliner khas lainnya dari Pariaman, Sala Lauak.

Ciri khas dari gorengan yang disebut ‘sala’ adalah baluran adonan tepung yang menyelimutinya. Lapisan adonan ini menciptakan tekstur renyah yang menggugah selera pada ikan tersebut.

Bahan dasar dari jenis sala ini adalah ikan jenis kembung atau gembung yang dalam bahasa setempat disebut gembulo. Ikan yang telah dibersihkan kemudian dimasukkan ke dalam adonan pelapisnya.

Adonan ini terdiri dari tepung beras dengan bumbu berupa bawang putih, lengkuas, cabe giling dan daun kunyit. Ikan yang sudah terselimuti oleh tepung kemudian digoreng dengan minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan.

2. Sate Padang Khas Pariaman

Makanan Khas Padang Pariaman

Sate Padang Khas Pariaman. Makanan Khas Padang Pariaman – Foto: Instagram @ameuthia

Siapa yang tidak mengenal Sate Padang? Kuliner khas Sumatera Barat ini sudah melalang buana ke hampir seluruh penjuru Indonesia. Coba cek di kota mu, kemungkinan besar ada juga rumah makan atau restaurant yang menjual Sate Padang.

Namun, Sate Padang Khas Pariaman sedikit berbeda dengan Sate Padang lainnya.  Sekilas, Sate Padang khas Pariaman memang tampak seperti Sate Padang lainnya, namun yang membedakan sate ini adalah warna kuahnya yang lebih merah dan bercita rasa pedas, tekstur kuahnya juga sedikit encer karena ditambah dengan tepung beras. Makanya kalian jangan sampe lupa mencoba Makanan Khas Padang Pariaman yang satu ini ya.

Baca Juga ya :

3. Rakik Lauak, Makanan Khas Padang Pariaman

Rakik Lauak, Makanan Khas Padang Pariaman

Rakik Lauak, Makanan Khas Padang Pariaman – Foto: Instagram: @b4jing_07

Bagi orang Indonesia makan kurang lengkap bila tidak dilengkapi dengan kerupuk atau sesuatu yang garing nan krispi. Nah, di Pariaman ada jenis ‘kerupuk’ tersendiri yang khas banget, namanya Rakik Lauak. Rakik Lauak bisa dibilang mirip rempeyek yang biasa kita temui di warung makan.

Namun yang berbeda adalah isian dari adonan tepungnya, disini Rakik Lauak menggunakan ikan sebagai tambahannya. Jenis Rakik Lauak alias rempeyek khas Pariaman ini beraneka ragam, ikan bisa diganti dengan daging kepiting atau aneka jenis ikan asin. Rakik Lauak juga masuk kedalam daftar kuliner atau Makanan Khas Padang Pariaman yang wajib dicoba.

4. Gulai Kapalo Lauak

Gulai Kapalo Lauak, makanan khas padang pariaman

Gulai Kapalo Lauak, makanan khas padang pariaman – foto agammediacenter.com

Gulai Kapalo Lauak atau Gulai Kepala Ikan adalah Makanan Khas Padang Pariaman yang juga sayang untuk dilewatkan. Gulai Kapalo Lauk perpaduan yang sempurna antara kuah gulai yang kental dan daging olahan ikan khas Padang Pariaman yang lezat. Masakan ini menggunakan kepala ikan besar yang dimasak dengan kuah santan.

Gurihnya santan dan rempah yang berlimpah berpadu sempurna dengan daging kepala ikan yang tebal. Kuliner ini juga bisa mudah ditemukan di sepanjang warung makan di sepanjang Kabupaten Padang Pariaman.

5. Sala Lauak

Sala Lauak, Makanan Khas Padang Pariaman

Sala Lauak, Makanan Khas Padang Pariaman – Foto: Instagram @masak2dengannick

Makanan Khas Padang Pariaman selajutnya yang wajib kalian coba adalah Sala Lauak. Sebenarnya Sala Lauak bukanlah termasuk makanan berat, melainkan cemilan khas masyarakat Padang Pariaman. Jika dilihat sekilas, bentuknya yang bundar mengingatkan kita akan cemilan cimol yang berasal dari Jawa Barat.

Sala Lauak terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan suwiran daging ikan serta rempah. Kemudian adonan dibentuk bulat-bulat kecil dan digoreng hingga bewarna kecokelatan. Sala Lauak sering dihidangkan bersama saus sambal cair sebagai pendampingnya.

6. Cokelat Adam, Coklat Padang pariaman

Coklat Adam Coklat dari padang pariaman

Coklat Adam Coklat dari padang pariaman

Makanan terakhir yang gak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Padang Pariaman adalah Cokelat Adamnya. Produk olahan cokelat khas Padang Pariaman ini sudah di ekspor ke beberapa negara lho, seperti Malaysia, Thailand, dan Jepang.

Produk Cokelat Adam tersedia dalam berbagai macam, ada yang berbentuk bubuk murni, bubuk 3 in 1, permen, biji kakao, cokelat batang, es krim, dan sejumlah produk lain.

Produk ini mulai booming pada tahun 2017 ketika diselenggarakannya Tour de Singkarak (TdS 2017) di Padang Pariaman. Hal ini dimanfaatkan Pemkab Padang Pariaman sebagai ajang untuk mempromosikan Cokelat Adam sebagai olahan kuliner masyarakat lokal Padang Pariaman.

Leave a Reply