Makna dan Sejarah Tari Waris Sumangat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat, Budaya

Makna dan Sejarah Tari Waris Sumangat

Makna dan Sejarah Tari Waris Sumangat 1

Tari Waris Sumangat Sumber : Piwox @ferdayu_

Tari Waris Sumangat – Pulau Kalimantan merupakan suatu wilayah yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau tersebut memiliki banyak kesenian daerah dan masyarakatnya kebanyakan masih berpegang teguh kepada adat istiadat.

Artikel ini akan membahas tentang salah satu kesenian daerah yang terletak di Kalimantan Selatan, yaitu salah satu provinsi di Indonesia yang beribukota di Banjarmasin.

Kesenian budaya yang berada di Kalimantan Selatan merupakan sesuatu yang diciptakan manusia mengenai tata cara hidup dan berkembang secara bersama di suatu kelompok yang memiliki unsur estetika yang diwariskan secara turun-temurun dan dari generasi ke generasi.

Hal tersebut bisa bermacam-macam bentuknya. Ada tarian, seni teater atau pementasan, wayang, seni bela diri, dan lain sebagainya. Ada baiknya, kita sebagai masyarakat yang cinta akan budaya Indonesia untuk lebih mengenal dekat dengan berbagai macam kesenian daerah supaya tidak hilang di telan zaman.

Karena tari tradisional biasanya mengandung makna yang sangat mendalam bagi masyarakat setempat. Bisa jadi tarian tersebut mengandung sejarah, semangat perjuangan, mengambarkan suatu budaya yang telah diturunkan selama beberapa generasi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, tugas kita sebagai penerus bangsa adalah untuk melestarikan hal-hal tersebut.

Sebagai contoh pembelajaran mengenai kesenian daerah, artikel ini akan memuat mengenai salah satu tarian yang ada di Kalimantan Selatan, yaitu Tari Waris Sumangat.

Makna dan Sejarah Tari Waris Sumangat 2

Tari Waris Sumangat Sumber : Piwox @ferdayu_

Sejarah dan Makna Tari Waris Sumangat

Makna dan Sejarah Tari Waris Sumangat 3

Salah Satu Pementasan Tari Waris Sumangat – Sumber : Youtube

Di Kalimantan Selatan ada sebuan kesenian daerah khas bernama Tari Waris Sumangat. Menurut sebuah informasi, tarian ini menceritakan tentang semangat dari kuda yang tidak kenal lelah. Kemudian di dipublikasikan kepada manusia dengan tujuan agar lebih giat bekerja supaya pembangunan daerah Kalimantan Selatan semakin meningkat dan maju.

Tarian Waris Sumangat menggambarkan sebuah semangat untuk bekerjasama, ikhlas, dan kesungguhan dalam ikut secara aktif untuk membangun Banua (sebuah desa besar yang berada di Kalimantan Selatan) dan melestarikan seni budaya. Hal tersebut seperti dicontohkan dan diwariskan oleh para pendahulu.

Leave a Reply