Makna dan Sejarah Tari Golek Ayun Ayun - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Golek Ayun Ayun

Tari Golek Ayun Ayun

Tari Golek Ayun Ayun

Tari Golek Ayun Ayun – Tari tradisional merupakan suatu jenis tarian yang berakar pada budaya dan bertumpu pada tradisi zaman dahulu yang sudah ada. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang memiliki keragaman dalam jenis tarian tradisonal.

Selain Tari Satrio Watang yang ditampilkan oleh penari laki-laki, juga terdapat tarian yang dipertunjukan oleh penari gadis remaja yaitu Tari Golek Ayun-Ayun. Seperti halnya Tari Balumpa di Sulawesi Tenggara, Tari Golek Ayun Ayun ini ditampilkan sebagai penyambutan tamu kehormatan. Tari ini masih sering ditampilkan pada acara resmi Keraton Yogyakarta ataupun festival budaya.

Berikut kami sampaikan informasi terkait makna dan sejarah Tari Golek Ayun Ayun.

Makna Tari Golek Ayun Ayun

Sejarah dan makan Tari Golek Ayun Ayun

Tari Golek Ayun Ayun Foto: instagram.com/indonesianroyalheritage/

Sebenarnya Tari Golek Ayun Ayun ii adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang Pencarian Jati Diri Gadis Yogyakarta Menuju Kedewasaan. Makna Tari Golek Ayun-ayun adalah suatu tarian yang merepresentasikan seorang gadis Jawa yang beranjak dewasa yang sudah mulai senang untuk berdandan dan merias diri.

Kata “Golek” dalam Bahasa Jawa merupakan istilah yang memiliki arti “mencari” . Kata “mencari” disini memiliki maksud mencari suatu jatidiri yang sebenarnya dari seorang remaja yang akan memasuki masa dewasa.

Sejarah Tari Golek Ayun Ayun

Tari Golek Ayun Ayun diciptakan pada tahun 1976 oleh seorang pakar tari tradisional JAwa yaitu KRT. Sasminta Mardawa, yang memiliki nama asli Soemardjono atau akrab dipanggil Romo Sas. Mpu. Nama Tari Golek Ayun Ayun diambil dari gending Landrang Ayun-ayun biasanya dipertunjukan untuk menyambut tamu kehormatan.

Tari Golek Ayun Ayun telah resmi menjadi materi pembelajaran untuk keluarga kraton di Kridha Mardawa Keraton Yogyakarta. Selain di Keraton, tarian ini juga banyak dipelajari dan ditampilkan di sanggar-sanggar kesenian yang ada di Yogyakarta.

Busana Adat yang Digunakan Penari Tari Golek Ayun Ayun 

Bussana Tari Golek Ayun Ayun

Busana Tari Golek Ayun Ayun Foto: instagram.com/hardian_cahya/

Busana adat yang dipakai oleh penari Tarian Golek Ayun Ayun adalah pakaian adat Jawa yang terdiri dari Jarik (kain bermotif batik berbentuk segi panjang sebagai penutup tubuh bagian bawah), Stagen (kain bentuk persegi panjang untuk melekatkan jarit), Rompi Bludru, dan Sampur (kain yang diikatkan ke pinggang).

Leave a Reply