Budaya

6 Legenda Dan Cerita Rakyat Dari Sumatera Yang Paing Terkenal

cerita rakyat dari Sumatera

cerita rakyat dari Sumatera // cerita rakyat

Cerita Rakyat Dari Sumatera – Legenda atau cerita rakyat adalah sekumpulan kisah-kisah yang populer di tengah-tengah masyarkat.

Biasanya, cerita ini mengandung pesan-pesan moral tertentu yang berhubungan dengan etika, percintaan, kasih sayang serta pergaulan yang baik.

Karena pesan inilah perlu kiranya dijelaskan tentang cerita rakyat dari Sumatera.

Baca Juga:

cerita rakyat dari Sumatera

cerita rakyat dari Sumatera // histori.id

Sumatera sendiri adalah sebuah propinsi yang dikenal dengan gudangnya legenda atau cerita rakyat.

Bahkan, sebagian di antaranya dimasukkan ke dalam buku-buku pelajaran agar anak-anak memahami pesan moral yang ada di dalamnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa legenda atau cerita rakyat Sumatera yang perlu diketahui oleh anak-anak dan remaja.

Sehingga, mereka bisa mewarisinya ke generasi berikutnya agar hasil kebudayaan ini tidak hilang. Berikut legenda yang dimaksud:

1. Legenda Putri Runduk

Legenda Putri Runduk

Legenda Putri Runduk // You Tube

Legenda Putri Runduk adalah cerita rakyat Sumatera Utara yang cukup populer. Bahkan, sebagian warga di propinsi ini mengenal tentang kisah tersebut.

Dikisahkan Putri Runduk adalah seorang putri yang cantik jelita. Karena kecantikannya banyak raja-raja dari negeri seberang untuk meminangnya. Sayangnya sang Putri Runduk sudah memiliki suami.

Akan tetapi para raja yang sudah kadung jatuh cinta ini tidak menyerah begitu saja. Bahkan mereka berani mengirimkan pasukan untuk menantang perang bagi siapapun yang ingin menghalangi langkahnya melamar Putri Runduk.

2. Legenda Nai Manggale

legenda Nai Manggale

legenda Nai Manggale // Wikiwand

Nai Manggale adalah legenda yang mengisahkan tentang seorang pemahat yang terkenal yaitu Datu Panggana. Yang mana kemahirannya adalah membuat patung yang hampir mirip dengan aslinya.

Karena itu, pematung ini menjadi populer dan mulai dikenal banyak orang. Bahkan, kehidupan yang awalnya sederhana menjadi terkemuka karena banyak penduduk yang ingin dibuatkan patung olehnya.

3. Asal Mula Danau Toba

Asal Mula Danau Toba

Asal Mula Danau Toba // Mbludus.com

Cerita rakyat dari Sumatera yang ketiga adalah asal mula Danau Toba. Sebuah cerita yang sudah sangat populer hingga anak-anak pun sudah banyak yang mengetahuinya.

Kisah ini menceritakan tentang perjuangan seorang yatim piatu bernama Toba. Tak hanya yatim piatu, Toba ini juga seorang yang miskin sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya harus bertani dan mencari ikan di sungai lalu dijual ke kota.

Di dalam kisah ini banyak pesan moral yang bisa dipetik oleh anak-anak. Paling tidak, mereka bisa meniru jiwa pekerja keras yang telah dicontohkan oleh Si toba.

Baca Juga:

4. Asal Mula Pohon Aren

Asal Mula Pohon Aren

Asal Mula Pohon Aren // You Tube

Asal Mula Pohon Aren adalah kisah legenda yang bermula dari adanya dua orang anak yaitu Tere Iluh dengan Beru Sibou yang menderita pasca ditinggalkan oleh ibunya. Karena itu, kedua kakak beradik ini pun dirawat oleh bibinya.

Sayangnya sang bibi pun bukan seorang yang kaya, sehingga kehidupan keluarga ini tetap menderita, makan pun ala kadarnya saja. Karena itu sebagai kakak tertua, Tere Iluh berjanji untuk bekerja lebih giat lagi demi meningkatkan kehidupan sang adik sekaligus sang bibi.

Di dalam kisah ini juga tersimpan pesan moral yang bagus. Memang di ending-nya nanti kebahagiaan menaungi keluarga tersebut. Akan tetapi konflik yang dilahirkan memang luar biasa. Bahkan untuk mencapai kebahagiaan si kakak harus bekerja membanting tulang terlebih dahulu.

5. Legenda Lubuk Emas

Legenda Lubuk Emas, Cerita Rakyat Dari Sumatera

Legenda Lubuk Emas, Cerita Rakyat Dari Sumatera // cerita rakyat

Legenda Lubuk Emas adalah kisah legenda yang bermula dari adanya seorang putri raja yang cantik jelita bernama Sri Pandan. Karena kecantikannya banyak pemuda yang ingin mempersuntingnya menjadi istri.

Namun, sang ayah selalu menolak lamaran tersebut karena ingin menikahkan Sri Pandan hanya dengan pemuda dari negeri seberang. Tujuannya untuk menjalin hubungan yang baik antar dua negara.

6. Legenda Lau Kawar

Legenda Lau Kawar

Legenda Lau Kawar //Batakbukanbakat-bloger

Kisah legenda yang terakhir adalah Lau Kawar. Sebuah cerita di suatu desa yang di dalamnya terdapat seorang nenek miskin dengan beberapa anggota keluarga yang durhaka.

Ketika sedang terjadi acara adat, keluarga ini menghadiri pesta tersebut tanpa membawa neneknya ikut serta. Sepulangnya, mereka hanya membawa bungkusan yang ternyata di dalamnya berisi makanan sisa untuk neneknya.

Karena diperlakukan dengan buruk oleh keluarganya sendiri, maka si nenek pun berdoa kepada tuhan agar menurunkan bencana.

Alhasil, doa tersebut terkabul lalu desa tersebut dilanda gempa dan semua keluarga si nenek tidak selamat.

**

Itulah beberapa cerita rakyat dari Sumatera yang bisa dijadikan bahan renungan. Jangan lupa, kisah legenda ini harus dilestarikan dengan cara diceritakan ke generasi-generasi berikutnya.

Leave a Reply