Makna dan Sejarah Tari Dopalak - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat, Budaya

Makna dan Sejarah Tari Dopalak

Tari Dopalak

Tari Dopalak

Makna dan Sejarah Tari Dopalak – Keragaman adat dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia memang membuat negara kita semakin kaya akan tradisi. Hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat puluhan suku. Tentunya, setiap suku atau etnis memiliki ciri khasnya tersendiri.

Sulawesi Tengah, suatu provinsi yang memiliki kekayaan dalam jenis tarian yang mengandung banyak mengandung nilai moral dalam setiap gerakannya. Terdapat cerita unik tersendiri yang mengiringi setiap jenis seni tari, misalnya kisah perang, asmara, pengharapan pada Yang Maha Kuasa, penyambutan, dan nilai kehidupan.

Selain memiliki Tari Raego dan Tari Tari Balia yang sudah banyak dikenal sebagai Tari khas asal Sulawesi Tengah, terdapat juga Tari Dopalak yang memiliki pakem gerak, sejarah, dan juga makna yang sangat unik.

Berikut kami akan sampaikan informasi mengenai makna dan sejarah Tari Dopalak asal Sulawesi Tengah.

Ditampilkan Oleh Tujuh Orang Penari Wanita

doplak2

Tari Dopalak – Tari Khas Sulawesi Tengah Foto: youtube.com/IndonesiaTari

Tari Dopalak sebagai tarian khas Sulawesi Tengah ditampilkan oleh tujuh orang penari wanita dimana satu orang diantaranya memiliki peran sebagai palima atau pemimpin dari keenam anggota penari lainnya yang berperan sebagai dayang-dayang.

Tari Dopalak biasanya dipertunjukan pada acara-acara adat, festival kebudayaan, ataupun sebagai promosi kegiatan wisata. Tarian ini masih sering dipertujukan dan menjadi materi ajar juga di sanggar-sanggar seni ataupun di sekolah-sekolah sebagai salah satu upaya pelestarian.

Cerita Dibalik Gerakan Tari Dopalak Asal Sulawesi Tengah

doplak

Makna Tari Dopalak Foto: youtube.com/ridwanjeumpa

Seni Tari Dopalak asal Sulawesi Tengah ini menceritakan suatu kelompok wanita muda yang membawa dulang (nampang yang berbentuk lingkaran) untuk mengambil emas sebagai simbol kekayaan alam yang berada di Sulawesi Tengah dan sebagai perwujudan dari kemakmuran dari rakyatnya.

Leave a Reply