Alam, Budaya, Bukit, Daftar Wisata, Danau

5 Danau Terindah di Sumatera Barat

Danau Maninjau

Danau Maninjau - Sumber: Pegipegi

Danau Terindah di Sumatera Barat – Tahukah kalian asal usul nama Pulau Sumatera? Berasal dari Kerajaan Samudera di pesisir Timur Aceh, seorang petualang bernama Ibnu Batutah dari Maroko melafazhkan kata Samudera menjadi Samatrah yang kemudian menjadi nama Pulau Sumatera.

Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti “pulau emas”). Ada juga nama lainnya yaitu swarnnabhumi (bahasa Sanskerta, artinya “tanah emas”) dan bhumi malayu atau “Tanah Melayu”.

Di pulau terdapat berbagai macam destinasi, tidak terkecuali Sumatera Barat. Terdapat kurang lebih 10 danau cantik di pulau ini dan terdapat lima yang tersohor.

1.  Danau Biru Sawahlunto

Danau Terindah di Sumatera Barat yang pertama adalah Danau Biru Sawahlunto.  Danau Biru ini Ditetapkan menjadi salah satu situs UNESCO pada tahun 2016, pertambangan batubara di era kolonial Belanda bernama Ombilin di Sawahlunto ini menjadi salah satu destinasi wisata yang unik untuk dikunjungi.

Danau Biru Sawahlunto

Danau Biru Sawahlunto – foto cetventura.com

Banyaknya bekas galian tambang batubara yang dapat dijumpai disini yang membentuk lubang dan akhirnya terisi air. Awalnya berupa genangan dan akhirnya menjadi sebuah danau berwarna biru. Kira-kira itulah sejarah dari ditemukannya danau biru ini secara tidak sengaja.

Lokasinya danau biru Sawahlunto ada di Parambahan, Kecamatan Talawi, danau ini kemudian langsung mendapat banyak perhatian dari para wisatawan lokal. Untuk bisa sampai ke danau ini, pengunjung harus melewati Taman Satwa Kandi dan berjalan sejauh 6km.

2. Danau Singkarak

Danua singkarak

Danau Singkarak – Sumber: Adira

Danau Terindah di Sumatera Barat yang kedua adalah Danau Singkarak. Danau Singkarak Lokasinya terletak sekitar 70 km dari Kota Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat. Danau Singkarak terbentang luas dan masuk dalam dua wilayah kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Tanah Datar dan juga Kabupaten Solok.

Danau Singkarak Memiliki luas sekitar 1.000 hektar, danau ini merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Danau Singkarak memiliki kedalaman 268 meter dan berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam jenis danau tektonik karena diperkirakan terbentuk karena pergeseran lempeng bumi. Danau ini dijadikan ikon event terbesar Sumatera Barat, yaitu Tour de Singkarak (TdS) yang merupakan event balap sepeda digabungkan dengan pariwisata.

3. Danau Maninjau

Danau Terindah di Sumatera Barat yang ke tiga adalah Danau Maninjau. Danau Maninjau  terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jaraknya hanya sekitar 140 km di sebelah utara Kota Padang dan sekitar 36 km dari Kota Bukittinggi.

Danau Maninjau

Danau Maninjau – Sumber: Pegipegi

Danau dengan totak luas area 100 m tersebut menyuguhkan lukisan alam yang menakjubkan bagi setiap mata memandang. Puncak Lawang dan Kelok Ampek-ampek atau 44 adalah dua spot yang membuat danau ini menjadi terkenal. Sesuai dengan namanya, terdapat 44 tikungan tajam yang harus dilewati sebelum akhirnya pengunjung dapat menikmati pemandangan danau.

4. Danau Kembar, Danau Terindah di Sumatera Barat

Danau Kembar

Danau Kembar – foto tripadvisor

Danau kembar adalah Danau Terindah di Sumatera Barat yang bisa kalian kunjungi. Danau Kembar Berada di Kecamatan Danau Kembar, kira-kira 60 kilometer dari Kota Padang ke arah Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok.

Baca juga ya :

Bagi Pengunjung yang ingin datang ke danau kembar, kalian bisa mengambil rute menanjak untuk menuju Danau Kembar atau Alahan Panjang dari pertigaan Lubuk Selasih. Panorama danau mengagumkan dapat pula pengunjung nikmati di sini, di danay yang memiliki julukan lain yaitu Danau Dieteh

5. Danau Talang

Danau Talang

Danau Talang – Sumber: Gatra

Danau Terindah di Sumatera Barat yang terakhir adalah Danau Talang. Danau Talang Lokasinya ada di kawasan Gunung Talang, Kabupaten solok. Danau Talang secara alami terbentuk dari aktivitas vulkanik gunung Talang.

Gunung ini tercatat sebagai salah satu gunung api aktif di Sumatera Barat, letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar dan salah satunya kini menjadi danau. Danau Talang dapat ditempuh lewat jalur darat dengan perjalanan memakan waktu kira-kira tiga jam dari Kota Padang, Sumatera Barat.

Leave a Reply