6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah

makanan khas Gunung Sugih

Kuliner dan makanan Khas Gunung Sugih Lampung Tengah. Sumber : Cookpad.com

Makanan Khas Gunung Sugih – Gunung Sugih atau biasa disingkat dengan GNS adalah nama sebuah Kecamatan yang berada di Lampung Tengah. Kecamatan yang memiliki suku asli yang bernama Siwo Migo ini dikelilingi oleh tiga sungai besar di Lampung, yaitu Sungai/way Seputih, Sungai/kali Punggur, dan Sungai/way Tipo.

Dalam hal Kuliner, wilayah Gunung Sugih memiliki beragam masakan khas yang sangat menarik untuk dicipi. Karena daerahnya yang dikelilingi oleh perariran, banyak sekali kuliner berbahan dasar ikan yang bisa ditemukan di Gunung Sugih. Berikut ini adalah informasi mengenai 6 kuliner dan makanan khas di Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah versi Seringjalan :

  1. Peros Masin, Makanan Khas Gunung Sugih yang Lezat

Peros Masin Makanan Khas Gunung Sugih yang Lezat

Peros Masin, Makanan Khas Gunung Sugih yang Lezat – Sumber : Tempatwisataindonesia.id

Kuliner Khas atau makanan khas Gunung Sugih yang pertama adalah Peros Masin. Peros Masin adalah olahan masakan yang berbahan dasar ikan dan dimasak seperti gulai, hanya saja Peros Masin ini tidak menggunakan santan.

Jenis ikan yang biasa dipakai dalam Peros Masin sangatlah beragam,mulai dari Ikan Mujair, Ikan Mas atau biasa juga menggunakan Ikan Tuhuk. Bumbu yang digunakan dalam membuat Peros Masin ini adalah kunyit, jahe, laos, tomat dan bawang.

  1. Pandap Khas Lampung

Pandap

Sumber : Ratihcahyandari.blogspot.com

Di daerah Lampung Tengah ada satu sajian kuliner khas yang cukup unik, namanya adalah Pandap. Pandap adalah kuliner atau makanan khas Gunung Sugih Lampung lampung yang sekilas seperti pepes namun dengan bahan dasar daun talas.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan Pandap ini bisa dibilang sangat sederhana, karena hanya menggunakan daun talas dan juga ikan laut seperti ikan simba atau ikan dan tongkol dan kemudia dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Masyarakat asli Lampung sangat menggemari olahan masakan ini dan biasa menikmatinya dengan kopi. Selain itu Pandap juga sering digunakan sebagai lauk dalam manikmati kuliner Taboh Iwak Tapa. Taboh Iwak Tapa sendiri adalah kuliner khas Lampung yang bersantan seperti gulai.

Baca Juga ya6 Kuliner dan Masakan Khas Kalianda Lampung Selatan

  1. Es Serbat Kweni

Es Serbat Kweni, kuliner dan makanan khas Gunung Sugih

Es Serbat Kweni, kuliner dan makanan khas Gunung Sugih – Sumber : Masakitujempol.blogspot.com

Selain makanan, di Lampung tengah juga terdapat sajian kuliner minuman yang sangat menarik untuk dicoba, yaitu Es Serbat Kweni. Es Serbat Kweni adalah minuman yang berbahan dasar mangga kweni yang memounyai aroma harum yang sangat khas.

Selain itu kandungan vitamin yang terdapat di mangga kweni pun juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Mangga kweni kaya akan vitamin C dan serat yang dapat membantu memperlancar buang air besar.

Menikmati Es Serbat Kweni saat kondisi cuaca sedang panas-panasnya akan mempu melepaskan dahaga seketika dan memberikan kesegaran tersendiri bagi tubuh.

Baca Juga ya : 6 Kuliner Dan Makanan Khas Krui Lampung

  1. Selimpok, Kue Khas Gunung Sugih

Selimpok

Selimpok – Sumber : Cookpad.com

Selimpok adalah kuliner atau makanan khas Gunung Sugih Lampung yang seringkali menjadi salah satu hidangan yang disajikan dalam acara hajatan atau upacara adat. Kuliner Selimpok ini berbahan dasar ketan dan campuran pisang yang dibungkus daun pisang dan direbus.

Ada dua jenis olahan Selimpok yang biasa dimasak oleh masyarakat Lampung, yaitu Selimpok Lunik dan Selimpok Bungking. Selimpok Lunik diolah dengan cara  menghaluskan ketan menjadi tepung baru kemudian dicampur dengan pisang.

Sedangkan untuk Selimpok Bungking tidak melalui proses menghaluskan ketan menjadi tepung, melainkan langsung mencampurkan ketan bersama dengan pisang dan dibungkus daun pisang yang kemudian direbus hingga matang.

  1. Benjak Enjak, makanan khas Gunung Sugih

Benjak Enjak adalah makanan khas Gunung Sugih

Benjak Enjak adalah makanan khas Gunung Sugih – Sumber : Cookpad.com

Masih seputar jajanan ringan khas Lampung yang sangat digemari oleh masyarakatnya, kali ini namanya adalah Benjak Enjak. Makanan ini sekilas mirip kuliner wajik di daerah Jawa Tengah, hanya saja Benjak Enjak ini sedikit berbeda karena menambahkan pisang sebagi bahan pembuatannya.

Benjak Enjak ini adalah makanan yang memiliki kandungan kalori dan zat besi yang tinggi sehingga baik untuk tubuh. Selain itu makanan ini pun sangat mudah ditemukan di daerah Lampung Tengah, karena Benjak Enjak ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

  1. Sekubal Khas Gunung Sugih

Sekubal makanan khas Gunung Sugih

Sekubal adalah makanan khas Gunung Sugih – Sumber : Lampungbaratkab.go.id

Sekubal adalah makanan tradisional atau makanan khas Gunung Sugih Lampung yang berbahan dasar ketan dan santan yang dbungkus menggunakan daun pisang dan cara pembuatannya dengan cara di kukus.

Dalam pembuatannya, Sekubal membutuhkan waktu yang panjang untuk matang, yaitu sekitar delapan sampai sepuluh jam lamanya. Untuk masyarkat Lampung, Sekubal ini biasa dinikmati bersama tape ketan atau bumbu rendang. Rasanya yang gurih dan aromanya yang harum, menjadikan kuliner ini sangatlah menggugah selera. Selain itu kuliner ini juga mengeyangkan, sehingga cocok digunakan sebagai pengganti nasi.

Sekubal sering dijadikan sebagai sajian dalam acara-acara besar di Lampung, seperti hajatan ataupun upacara adat.

***

Begitulah tadi informasi seputar Kuliner khas yang dimiliki oleh daerah Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah. Cita rasa kuliner atau makanan khas Gunung Sugih Lampung Tengah yang penuh ragam, mulai dari gurih, asin, pedas dan manis tentu saja sangatlah menarik perhatian dan membuat siapa saja akan penasaran untuk mencicipinya.

Leave a Reply