Kuliner, Budaya

Makanan Khas Belopa

Makanan Khas Belopa 1

Sumber : hi-in.facebook.com

Makanan khas belopa – Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau. Begitu banyak pulau-pulau yang ada di Indonesia yang mengakibatkan semakin heterogen masyarakatnya. Hal ini menyebabkan muncul lah keberagaman suku bangsa dan etnis. Inilah yang membuat bangsa ini menjadi kaya akan budaya. Setiap budaya pasti memiliki ciri khas. Salah satu ciri khas yang menonjol adalah bagian kuliner. Sebut saja daerah Sulawesi Selatan. Daerah ini memang tidak ada habisnya dalam menciptakan berbagai macam kuliner. Salah satunya pada daerah Belopa, Kabupaten Luwu. Tempat ini merupakan tempat wisata kuliner yang favorit di Sulawesi Selatan. Lantas apakah makanan yang ada di Kabupaten Luwu? Dan ini lah penjelasannya.

  1. Parede

Makanan Khas Belopa 2

Sumber : etnis.id

Setiap kuliner di nusantara memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Ada yang asam-pedas, pedas-gurih, ataupun pedas-asin. Parede merupakan kategori masakan dengan cita rasa asam-pedas. Bilia dilihat secara sepintas mirip dengan masakan palumara yang popular di Sulawesi Selatan. Parede sendiri menggunakan ikan yang berasal dari laut dengan sumber protein tinggi. Diantaranya adalah ikan bandeng, kakap, lamuru dan sebagainya. Keistimewaan parede adalah kuah bening yang berwarna kuning pucat dengan rasa asam-pedas yang seimbang. Rasa asam ini diciptakan dari asam patikala yang dicampur dengan parutan mangga muda.

  1. Pacco

Makanan Khas Belopa 3

Sumber : sarihusada

Mungkin nama dari kuliner ini sedikit asing di telinga. Namun ini adalah makanan khas Kabupaten Luwu dan Palopo. ada orang mengatakan bahwa makanan ini adalah sashiminya warga Palopo. ya hampir mirip dikarenakan pacco yang berbahan dasar ikan segar ini diolah tanpa menggunakan proses pemanasan. Namun sebagai gantinya menggunakan asam cuka. Pacco sendiri dalam pengolahannya banyak sekali menggunakan halusan cabai rawit. Proses penghalusannya pun bukan dengan blender melainkan dengan menggunakan ulekan.

  1. Lawa

Makanan Khas Belopa 4

Sumber : google.sites

Lawa merupakan bentuk lanjutan olahan dari Pacco. Namun untuk masalah rasa sudah tidak sepedas Pacco. Makanan ini biasanya menggunakan bahan baku dari olahan Pacco, kemudian dicampurkan dengan sayuran dan  kelapa. Sebagaimana Pacco, Lawa juga tidak mengalami proses pemanasan terlebih dahulu . Rasanya pun hampir mirip dengan pacco yaitu segar dan pedas. Biasanya Lawa dan Pacco dihidangkan secara bersamaan dengan Dange, tetapi tidak jarang juga nasi hangat sebagai hidangan pendampingnya.

  1. Dange

Makanan Khas Belopa 5

Sumber : koran pangkep

Sepintas dange ini mirip dengan kue pukis. Rasanya yaitu manis, gurih dan legit karena campuran kelapa parut dan gula merah terkandung didalamnya. Namun sayangnya kue ini sudah sulit untuk dijumpai. Kue ini berbahan dasar tepung ketan hitam, parutan kelapa, gula merah dan juga garam. Tepung ketan hitam, parutan kelapa dan garam semuanya dicampur dan berubah menjadi adonan. Campuran adonan ini kemudian dikukus dan dimasukan kedalam cetakan yang terbuat dari tanah liat yang mirip dengan kue pukis. Saat dibakar, bagian tengah kue ini di buka untuk dimasukan gula merah yang sudah dihalusi. Lalu adonan yang sudah diisi ini dibakar sampai matang. Rasanya yang gurih dicampur manis merupakan gambaran rasa dari kue dange ini.

  1. Buah Tara

Makanan Khas Belopa 6

Sumber : Rebanas

Buah yang satu ini mungkin terdengar asing untuk Sebagian orang. Karena buah ini merupakan ciri khas Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Rasa buah ini manis yang membuat masyarakat sekitar begitu meminati buah ini. Sekilas menyerupai buah cempedak. Namun dari segi rasa buah ini sangat berbeda dengan buah cempedak. Buah Tara berbentuk agak berambut seperti rambutan namun mirip juga dengan buah Nangka. Daging buahnya berwarna putih, menyerupai buah Nangka namun lebih kecil ukurannya. Pohon tarra memiliki tekstur yang sangat tinggi dan besar, begitupula daunnya. Oleh karena itu, tak banyak orang yang berani memanjat pohon tarra ini, bahkan orang sampai rela menunggu buah tarra ini jatuh dr dahannya.

  1. Kapurung

Makanan Khas Belopa 7

Sumber : indonesia kayam

Makanan yang satu ini memang tidak hanya dijumpai didaerah Kabupaten Luwu saja. Kapurung ini Sudah menjadi makanan khas Sulawesi Selatan. Karena hampir semua daerahnya memiliki Kapurung yang berbeda-beda. Karena Kapurung ini menyerupai papeda yang dicampur sayur dan ikan, terkadang pula dicampur kacang goreng, jagung, daging sapi, daging ayam, dan kerbau. Kapurung paling enak disantap dengan perasan jeruk nipis dan sambal terasi.

itulah beberapa makanan yang berasal dari Belopa, Kabupaten Luwu. semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.

Leave a Reply