Tapi Ingat Pulang

Pantai

3 Keindahan Pantai Salira Indah Yang Menajubkan

Pantai Salira Indah

https://mapio.net/

Tidak banyak orang yang mengetahui keindahan Pantai Salira Indah yang menajubkan. Pantai Salira Indah itu terletak di Perairan Puloampel Serang, tepatnya di Desa Salira. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup paling banyak dikunjungi wisatawan.

Bahkan dulu Pantai Salira sering disebut sebagai Marina Ancol-nya Banten. Pantai ini dulu banyak dikunjungi wisatawan karena aman untuk anak-anak dan orang dewasa bermain di pantai, ombaknya yang kecil menjadi salah satu faktornya. Dan pasir putihnya yang sangat luas menjadi pemandangan yang indah.

Banyak warga sekitar dan warga dari Bojonegara yang memanfaatkan tempat wisata ini menjadi tempat sumber penghasilan, seperti ada yang berjualan makanan minuman, menyewakan ban untuk berenang, menyewakan banana boat, dan menyewakan perahu.

Lokas Pantai Salira Indah

Pantai Salira Indah terletak di Desa Salira, daerah Pulo Ampel, Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pantai ini berjarak sekitar 15 kilometer dari terminal bus Merak. Pantai yang terletak di pantai Barat Jawa ini berada 45 km dari Kota Serang.

Tempat ini dapat dicapai dengan mudah dengan kendaraan umum (bus) atau mobil pribadi. Dan setelah dari Pantai Salira Indah kita bisa berziarah karena di sekitar area ini terdapat tempat ziarah (Gunung Santri). Di sini kita dapat menjumpai makam Syeh Muhammad Soleh.

Harga Tiket Masuk Pantai Salira Indah

Untuk masuk ke pantai ini kita harus masuk membyar tiket, yaitu tiket parkir kendaraan dan tiket masuk per orang. Untuk wahana air kita akan menyewa kepada orang yang menyediakan jasa wahana air.

Jam Buka Pantai Salira Indah

Jam buka Pantai Salira Indah adalah 24 jam dan terbuka untuk umum.

Namun saat ini Pantai Salira Indah sudah ditutup sejak kurang lebih 4 tahun yang lalu. Saat ini pantai ini pemandangannya sangat tidak enak karena banyak sampah dan tidak ada yang kelola. Sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti pada tahun kejayaan Pantai Salira Indah sekitar tahun 2000-an.

Jika Anda pada tahun 2000-an pernah ke Pantai Salira Indah dan sekarang Anda berkunjung lagi ke sana pasti Anda akan kaget dan menyayangkan keindahan pantai ini. Pantai ini lebih tepatnya di tutup pada tanggal 16 Juli 2007 tidak tahu penyebab pastinya mengapa pantai ini ditutup.

Saat ini Pantai Salira Indah menjadi pantai yang gratis dan dibuka 24 jam. Di tengah-tengah pantai ini juga saat ini ada kapal tongkang yang sudah berkarat dan lama. Ada juga kapal-kapal yang parkir. Sangat disayangkan pantai yang dulu indah namun sekarang pemandangannya tidak lagi sesuai.

Lahan mata pencaharian warga sekitar juga menjadi berkurang dengan tutupnya pantai ini. Karena tidak seramai seperti dulu kala. Kini wisatawan berpaling ke pantai Carita atau Pantai Anyer ataupun Pantai Tanjung Lensung. Pekerja yang bekerja pada pengelola pantai juga mendapat imbasnya.

Namun saat ini pantai Salira masih sering dinikmati oleh warga sekitar untuk menghabiskan waktu dan berlibur. Masih banyak anak-anak warga sekitar yang sering bermain dipinggir pantai dan anak-anak remaja yang sering nongkrong bareng.

Selain itu masih ada pemancing yang mancing melalui tepi Pantai Salira menggunakan kapal ke tengah laut. Dan nelayan-nelayan juga masih banyak yang menangkap ikan. Hanya para wisatawan saja yang berkurang.  Meskipun saat ini pantai ini kurang diperhatikan namun keindahannya masih cukup bisa dinikamati.

Anak-anak dan orang dewasa juga masih bisa berenang dan menyelam ke dasar laut. Dasar lautnya pun masih sangat terjaga dan masih sangat indah. Hanya tepi pantainya saja yang banyak sampah. Air pantai juga masih bagus walaupun terkadang ada sampah ditepi tebing pantai.

Baca juga artikel lain kami untuk menambah referensi tempat wisata Anda dan pengetahuan wisata Anda :

  1. 6 Tempat wisata di Melonguane Kepulauan Talaud
  2. 6 Tempat Wisata di Tahuna Kepulauan Sangihe
  3. Green Kubu Cafe tempat nongkrong yang asik di Ubud Bali
  4. 3 Hal Mengenai Vihara Veluvana Boyolali
  5. 4 Hal Menarik di Bukit Pencit Tuban

2 Comments

  1. Terima kasih atas penjelasan nya, sangat bermanfaat bagi saya 🙂

    jangan lupa kunjungi website ini yah demi tugas kuliah saya, mohon di acc ya kak 🙂 https://www.atmaluhur.ac.id/ ISB atma luhur

  2. Komen

    Terima kasih kak untuk infonya, nambah referensi saya untuk bahan ajaran kuliah saya
    Nama saya Rahmat Fadzlan Afandi, mahasiswa Atma Luhur PangkalPinang.. #BukanBot
    ISB Atma Luhur

Leave a Reply