Islamic Center Prabumulih di Provinsi Sumatera Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Masjid

Islamic Center Prabumulih di Provinsi Sumatera Selatan

Islamic Center Kota Prabumulih

Islamic Center jalan Lingkar Prabumulih - foto maps am Rahmadanti

Islamic Center Prabumulih merupakan pusat peradaban Islam di Sumatera Selatan yang masih tetap eksis sampai saat ini. Bahkan, bangunan masjid yang ada di dalamnya dianggap terbesar dan termegah di provinsi Sumsel.

Ribuan pengunjung selalu datang ke tempat ini, baik yang dari Prabumulih sendiri maupun pengunjung yang datang dari luar kota.

Baca juga :

Islamic Center Prabumulih

Islamic Center Prabumulih // travellingmedan.com

Tentunya, keberadaan lembaga tersebut menjadi anugerah tersendiri bagi masyarakat sekitar yang didominasi oleh warga Muslim.

Paling tidak, girah keagamaan semakin meningkat demi menuju insan yang madani, bertakwa dan berakhlakul karimah.

Oleh karena adanya nilai fungsi yang dimaksud, maka Islamic center ini tetap difasilitasi dan diperkuat dengan sarana yang memadai.

Nah, mengingat peran lembaga yang begitu luar biasa terkait pemberdayaan umat, maka penting kiranya dijelaskan secara detail tentang apa sebenarnya islamic center Prabumulih.

Sehingga para pembaca akan mendapatkan gambaran jelas yang bisa dijadikan motivasi untuk juga ikut berkunjung ke sana. Jadi, silakan disimak ini ulasan selengkapnya:

Islamic Center Prabumulih

Islamic Center Prabumulih

Islamic Center Prabumulih

Islamic Center Prabumulih atau yang juga dikenal dengan nama Islamic Center jalan Lingkar Prabumulih merupakan sebuah masjid yang sangat luas, yang disekitarannya dibangun beberapa gedung untuk kajian keislaman.

Masjidnya sendiri dibangun pada tahun 2010 dan pembangunan selesai dirampungkan pada tahun 2014 dengan total dana pembangunan mencapai Rp29,68 Miliar.

Pembangunan yang digarap secara tenderisasi oleh PT Cindo Abadi Perkasa ini ditujukan untuk pemberdayaan umat Islam di Sumatera Selatan.

Masjid Islamic Center Prabumulih, merupakan masjid terbesar dan termegah di Kabupaten Prabumulih Sumatera Selatan.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang berkunjung ke sini tidak hanya untuk beribadah tetapi juga mengabadikannya melalui foto selfie.

Islamic Center Prabumulih di Provinsi Sumatera Selatan 1

Islamic Center jalan Lingkar Prabumulih – foto maps am Rahmadanti

Nah, kalau sedang ke SMAN 7 Prabumulih, maka mampir ke masjid yang lokasinya tepat berhadapan dengan sekolah.

Masjid ini telah menjadi ikon wisata religi masyarakat. Yang datang tidak hanya dari Prabumulih tetapi juga banyak yang dari luar kota.

Tak hanya itu, orang yang ke Sumatera Selatan pun kadang mampir ke lokasi ini untuk pelesir.

Begitu juga orang yang kemalaman kadang juga menginap di masjid dan akan dilayani dengan baik.

Fasilitas Islamic Center Prabumulih

Islamic Center Kota Prabumulih

Islamic Center Kota Prabumulih

Ada banyak fasilitas di Islamic Center Prabumulih yang tentunya fasilitas tersebut terkait dengan keagamaan.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa list fasilitas yang bisa diketahui oleh pembaca. Jadi, silakan dibaca ini list-nya:

1. Gedung MUI Cabang Prabumulih

Fasilitas yang pertama ialah Gedung MUI Cabang Prabumulih. Sebuah sarana masyarakat yang ingin mengetahui fatwa-fatwa hukum terkait amaliah di dalam Islam.

Gedung ini terbuka untuk umum bahkan remaja-remaja sekolah juga bisa melakukan kunjungan studi banding ke sana.

2. Gedung Baznas

Di area masjid juga dibangun gedung Badan Zakat Nasional yang disingkat Baznas. Di tempat ini, seluruh proses pengelolaan zakat masyarakat dilakukan.

Termasuk di dalamnya terdapat panitia zakat (amil) yang amanah dan siap menyalurkan zakat Anda kepada orang yang memang berhak untuk menerimanya.

3. Gedung Aula Pertemuan

Pihak panitia Islamic Center Prabumulih juga telah membangun gedung aula pertemuan yang berada di sisi kanan masjid.

Lokasinya juga cukup luas dan terbuka untuk umum. Sarana ini tidak hanya dijadikan tempat pengajian umum tetapi juga tempat warga melangsungkan akad pernikahan dengan biaya yang sangat murah teruntuk pemberdayaan umat.

Desain Islamic Center Prabumulih

masjid Islamic Center Kota Prabumulih

masjid Islamic Center Kota Prabumulih – foto ig ros_suhendra

Desain masjid Islamic Center Prabumulih megah dan elegan. Motif masjid mengadopsi masjid ala Timur Tengah dan dipadukan dengan arsitektur masjid lokal yang bercorak tradisional.

Hal ini terlihat jelas dari pemakaian warna yang identik dengan warna abu-abu dan cream. Sedangkan untuk kubah dibubuhkan motif dengan warna lebih beragam.

Kubah utama yang berada di tengah-tengah masjid terbuat dari enamel yang dipadukan dengan berbagai motif dan warna. Jika dilihat dari kejauhan, desain kubah ini mirip dengan batik.

Sepertinya, si pembuat sengaja memasukkan ornamen tersebut untuk tidak menghilangkan esensi dari budaya nusantara yang cukup kental.

Tidak bisa dimungkiri pula, kalau Kabupaten Prabumulih Sumatera Selatan memang dianggap sebagai kota batik yang cukup populer.

Memang, namanya tidak setenar batik ala Jawa tetapi tetap ada kualitas berbeda yang coba diusung di sana.

Mungkin ini juga menjadi alasan mengapa kubah masjid juga diberikan desain motif serupa.

Alamat Islamic Center Prabumulih

masjid Islamic Center Kota Prabumulih

masjid Islamic Center Kota Prabumulih – foto kompasiana.com

Islamic Center Prabumulih beralamat di Jalan Lingkar Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Gurung Ibul Kabupaten Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan.

Lokasi ini berada di ruang publik tepatnya berada di depan SMAN 7 Prabumulih. Oleh sebab itu, pengunjung tidak akan tersesat jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Itulah ulasan singkat terkait Islamic Center Prabumulih Sumatera Selatan yang saat ini telah menjadi ikon wisata religi terbaik.

Nah, bagi Anda yang ingin berpelesir maka silakan persiapkan bujet-nya sekarang juga lalu jadikan wisata ke sini sebagai momentum untuk mendapatkan kenyamanan dan kekhusu’an yang luar biasa.

Leave a Reply