Islamic Center Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Masjid

Islamic Center Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan

Masjid Islamic Center - Muara Enim

Masjid Islamic Center - Muara Enim - foto ig @azmee_andreawan

Islamic Center Muara Enim merupakan pusat kajian Islam yang ada di Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.

Di dalam lokasi islamic center terdapat satu masjid yang cukup megah namanya Masjid Babussalam. Sebuah rumah ibadah yang sanggup menampung ribuan jamaah.

Masjid Babussalam Islamic Center di Muara Enim

Masjid Babussalam Islamic Center di Muara Enim – foto Rizal Sirajuddin

Jika berbicara terkait islamic center Kabupaten Muara Enim, tentu tidak bisa dilepaskan dari Masjid Babussalam.

Sebab, rumah ibadah inilah yang telah menjadi ikon religi kabupaten sampai saat ini.

Tidak lebih seribuan pengunjung setiap hari yang datang ke masjid untuk beribadah sembari menikmati keindahan bangunannya.

Berikut ini, akan saya review secara singkat terkait Masjid Babussalam yang menjadi bagian dari Islamic Center Kabupaten Muara Enim.

Silakan baca ulasan ini sampai selesai, supaya Anda mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak dan berbobot. Ini dia ulasan selengkapnya:

Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim

Masjid Islamic Center - Muara Enim

Masjid Islamic Center Muara Enim – foto ig @azmee_andreawan

Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim merupakan rumah ibadah umat Islam yang cukup besar dan megah.

Rumah ibadah ini diresmikan pada tahun 2008 dan dilakukan rehab untuk perluasan masjid hingga kembali dibuka untuk umum pada tahun 2014.

Menurut informasi terbaru, sebagian pendanaan pembangunan masjid berasal dari PT Bukit Asam, yang tergolong perusahaan besar di Sumatera Selatan.

Pembangunan masjid yang cukup luas ini memakan biaya cukup besar. Bahkan PT Bukit Asam sendiri dinyatakan telah menyumbang sebesar Rp9.2miliar.

Belum lagi dana dari Kabupaten Muara Enim yang diambilkan dari APBD. Wajar, dengan dana sebesar itu, masjid benar-benar indah, megah dan menarik minat orang untuk mengunjunginya.

Peresmian masjid sendiri ditandatangani oleh Bupati Muara Enim di kala itu dengan manajer PT Bukit Asam yang disaksikan langsung Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Alhasil, pasca peresmian masjid dan islamic center, seluruh masyarakat benar-benar merasa terbantukan hingga ada keinginan untuk meningkatkan semangat beribadah.

Baca juga :

Kegiatan di Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim

Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim

Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim – foto Adam Suchi Hafizullah

Secara garis besar, kegiatan di Masjid Babussalam dikhususkan untuk kegiatan keagamaan. Namun, bukan hanya kegiatan ritual ibadah seperti sholat berjamaah saja tetapi juga banyak kegiatan yang lain.

Di antara kegiatan yang populer di masjid ini adalah kajian bulanan, santunan anak yatim setiap tahun hingga pemberdayaan remaja dalam wadah Remaja Masjid (Remas).

Tak hanya itu, masjid ini juga dijadikan sarana untuk meningkatkan ekonomi umat serta dijadikan sarana untuk mengenal budaya sekaligus melatih remaja untuk berkecimpung dalam perkembangan kebudayaan yang tentunya adalah kebudayaan islam.

Makanya, di sini sering terdengar para remaja yang bermain rebana maupun membaca kitab sastra barzanji.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, maka pantas kalau Masjid Babussalam disebut pusat kajian keislaman di Muara Enim.

Sebuah lembaga keagamaan yang siap mengkader masyarakat menjadi insan yang religius, beriman dan berakhlak mulia. Ini juga diperkuat dengan fasilitas-fasilitas masjid yang lengkap.

Desain Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim

bagian dalam Masjid Islamic Center Muara Enim

bagian dalam Masjid Islamic Center Muara Enim – foto sugi yono

Masjid Babussalam Muara Enim adalah rumah ibadah umat Islam yang sangat megah. Jika dilihat sekilas, desain masjid mirip Masjid Nasional Istiqlal yang ada di ibu kota Jakarta.

Sedangkan filosofi arsitektur lebih mirip masjid ala Timur Tengah dibandingkan masjid-masjid tradisional Indonesia.

Masjid ini memiliki satu kubah utama yang berada di tengah-tengah masjid.

Kubah yang berperan sebagai atap ini, dicat dengan warna hitam dengan penggunaan motif horizontal berwarna putih yang dibuat seperti huruf W dengan posisi melingkar.

Sedangkan di bagian sisi belakang kanan dan kiri terdapat kubah yang ukurannya lebih kecil berwarna putih.

Di bagian depan masjid terdapat tiga menara dengan bentuk silinder. Tidak ada yang istimewa dari menara ini, ukurannya juga tidak terlalu tinggi.

Warna menara dan warna dominan masjid adalah warna perak sedangkan warna pendukung yang disematkan pada motif adalah warna hitam.

Yang paling unik ialah, di sisi kanan masjid terdapat taman yang sangat indah.

Di tengah-tengahnya ada air mancur yang jernih yang dikelilingi oleh aneka bunga dan pepohonan.

Tepat di tengah ada jembatan kecil yang terbuat dari kayu, dan beberapa gazebo yang kadang digunakan santri mengaji saat sore hari.

Alamat Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim

Islamic Center Muara Enim

Islamic Center Muara Enim // anugerahkubah.com

Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim berada di Jalan Mayjen Tji Agus Kiemas S.H – Lintas Kepur Muara Lawai Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Kompleks masjid yang sempat dijadikan Rumah Sehat ini, berada di lingkungan yang strategis dan berada di pinggir jalan provinsi.

Jika ingin berkunjung ke sini, silakan pakai Google Map. Anda juga bisa melihat papan nama yang berada di pinggir jalan namun tidak bernama Masjid Babussalam melainkan Masjid Agung Muara Enim.

Dijamin Anda tidak akan tersesat karena lokasi masjid mudah diakses.

Nah, kalau sedang ke Muara Enim, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Babussalam atau Islamic Center Muara Enim. Pengunjung juga diizinkan menginap apalagi yang kemalaman dan kesulitan untuk mencari rumah inap.

Leave a Reply