Air Terjun

Murah, Ini Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekar Langit

air terjun sekar langit

Air terjun sekar langit. Gambar oleh yukpiknik.com

Jika datang kesempatan untuk kamu liburan ke Jawa Tengah mungkin kamu harus coba ke Air Terjun Sekar Langit. Terkenal dengan cerita Jakatarub-nya, Air Terjun Sekar Langit ini sangat menarik untuk kamu kunjungi.

Air Terjun Sekar Langit terletak di Kecamatan Grabag yang berada di bagian timur kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Magelang sendiri merupakan sebuah tempat yang memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Terletak di dataran tinggi, Magelang memiliki udara khas pegunungan yang segar dan sejuk. Walaupun cuaca saat ini sedang memasuki musim kemarau, udara di Magelang tetap segar dan sejuk.

Mitos Air Terjun Sekar Langit

Salah satu mitos yang sangat terkenal tentang Air Terjun Sekar Langit dan menjadikannya banyak dikenal adalah cerita Jakatarub dengan bidadari. Karena cerita ini pula masyarakat luar Magelang yang belum pernah datang akan terasa akrab jika membicarakan Air Terjun Sekar Langit Grabag ini.

Di kisahkan bahwa Jakatarub adalah seorang pemuda desa yang secara tidak sengaja melihat bidadari surga yang turun ke bumi. Ternyata bidadari tersebut bukan kali pertama turun ke bumi tetapi sudah sering turun ke bumi. Dan tempat bidadari tersebut turun adalah Air Terjun Sekar Langit.

Air Terjun Sekar Langit ini memiliki keindahan yang tidak dimiliki oleh air terjun lain karena di kanan dan kirinya dikelilingi oleh tumbuhan yang masih asri. Itulah kenapa nama tempat ini dinamakan Sekar yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan Bunga.

Baca juga:  5 Gunung Tertinggi Di Jawa Tengah

Lokasi Air Terjun Sekar Langit Grabag

Air terjun Sekar Langit Grabag terletak di lereng gunung Telomoyo yang merupakan gunung yang membatasi beberapa daerah di Jawa Tengah seperti kabupaten Malang, kota Salatiga, dan juga kabupaten Semarang.

air terjun sekar langit

Air terjun sekar langit. Gambar oleh yukpiknik.com

Tidak hanya dekat dengan gunung Telomoyo tapi Air Terjun Sekar Langit Grabag Magelang ini juga diapit oleh gunung Merapi, Merbabu, gunung Andong di bagian timur dan selatan juga diapit oleh gunung Sumbing dan Sindoro di bagian barat.

Letaknya yang diapit oleh banyak gunung menjadikan Air Terjun Sekar langit Grabag Magelang ini tidak pernah kehabisan air dimusim apapun sehingga kamu bisa datang kapan saja.

Untuk sampai ke Magelang sendiri bukanlah sesuatu yang sulit karena bisa dicapai melalui kereta api ataupun pesawat dengan tujuan kota Semarang, Solo, atau Yogyakarta. Setelah sampai kamu bisa mencapai Magelang dengan menggunakan bus dari kota-kota tersebut.

Jika sudah sampai Magelang lanjutkan perjalanan menuju arah utara atau Secang untuk selanjutnya mengikuti petunjuk arah menuju kecamatan Grabag.

Perjalanan menuju kecamatan Grabag tidaklah sulit karena ada angkutan yang siap membawa kamu. Baru nanti setelah sampai pintu gerbang kamu harus berjalan sejauh sekitar 400 meter untuk sampai ke tempat Air Terjun Sekar Langit Grabag ini.

Walaupun cukup jauh, namun perjalanan menuju Air Terjun Sekar Langit Grabag Magelang ini tidak akan terasa jauh karena kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah disepanjang perjalanan. Di tengah perjalanan kamu juga akan melewati Jembatan Gantung Bambu yang juga tidak kalah terkenal dari air terjun yang dituju.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata Di Pati Jawa Tengah, Kunjungi10 Tempat Keren Ini

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit – foto explorewisata.com

Walaupun memiliki panorama alam yang sangat indah dan banyak menjadi tujuan wisatawan datang ke Magelang namun harga tiket masuk air terjun sekar langit sangatlah terjangkau. Bahkan biaya ini sudah termasuk asuransi bagi para pengunjung yang datang.

Harga tiket masuk Air Terjun Sekar Langit untuk motor hanya berkisar antara Rp2.000 dan mobil berkisar diharga Rp3.000. Biaya yang dikeluarkan ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan juga loh.

Berbeda dengan tempat wisata lain yang memiliki harga yang berbeda antara kunjungan di hari kerja dengan kunjungan di hari libur, harga tiket masuk ke Air Terjun Sekar Langit selalu sama disetiap waktunya.

Baca juga:  Jembatan Cinta Pring Wulung. Ada Cinta Di Tengah Sawah

Daya Tarik Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit – foto tempatwisata.comSeperti sudah disinggung diawal, Air Terjun Sekar Langit memiliki banyak daya tarik dimana salah satunya adalah cerita misteri Jakatarub dengan Bidadari. Tidak hanya itu, masyarakat setempat juga memiliki keyakinan bahwa Air Terjun Sekar Langit memiliki khasiat tertentu.

Tapi diluar itu semua, jika kamu ingin menikmati pemandangan Air Terjun Sekar Langit yang lebih ‘privat’ mungkin kamu bisa coba datang pada saat musim kemarau.

Justeru yang harus kamu perhatikan jika ingin datang ke Air Terjun Sekar Langit Magelang ini adalah pada saat musim hujan karena peningkatan bibit air secara tiba-tiba bisa terjadi kapan saja. Maka tidak heran jika ada pengunjung yang datang pada musim hujan dianjurkan untuk meninggalkan tempat wisata oleh pengelola.

 

Leave a Reply