Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun

Air Terjun Tongkat Pelaruga dan Kolam Abadi

Air Terjun Pelaruga

Air Terjun Pelaruga - foto @andivijay_

Air Terjun Pelaruga adalah sebuah tempat wisata baru yang ada di Langkat atau di Binjai Provinsi Sumatera Utara. Air Terjun Pelaruga atau Air Terjun Tongkat Pelaruga mendadakan mulai populer dikalangan para pecinta adventure atau petualangan alam setelah banyak yang mulai menyukai dan mulai menikmati aktivitas jugle treking ke beberapa spot wisata termasuk ke Air Terjun Pelaruga ini.

Air Terjun Pelaruga

Air Terjun Pelaruga – foto @andivijay_

Selain kita bisa berkunjung ke Air Terjun Pelaruga, kita juga bisa mengunjungi spot wisata menarik lainya dikawasan peraluga seperti kolam abadi pelaruga. Kolam abadi ini adalah sebuah kolam alam yang terbentuk dari sebuah kawasan bebatuan dan cekungan yang terlihat seperti sebuah kolam lengkap dengan airnya yang sangat jernih dan dingin.

Fasilitas keamanan dan Pemandu wisata Pelaruga

Salah satu hal yang menarik lainya selain alam dan pemandangan Air Terjun Pelaruga maupun kolam abadi pelaruga adalah kelengkapan fasilitas keamanan yang disediakan oleh pengelola wisata. Kita akan dilengkapi dengan standar keamanan dalam beraktivitas air seperti pelampung, keamanan siku dan lutut hingga keamanan guide yang akan memandu pengunjung berwisata.

Baca juga ya :

Kolam Air Abadi Pelaruga

Kolam Air Abadi Pelaruga – foto @johannardt_

Biasanya setiap pemadu akan memandu 10 wisatawan yang datang agar bisa terkoordinasi dengan baik dan juga bisa terawasi sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tak perlu bingung menemukan pemandu sebab begitu kalian sampai di Rumah Galuh, disana sudah ada pemandu yang langsung bersiap menemani kalian.

Air Terjun Pelaruga biasa disebut juga sebagai Air terjun tongkat oleh masyarakat setempat. Lokasi Air terjun Tongkat atau Air Terjun Pelaruga  ini tidak jauh dari teroh-teroh. Air terjun Tongkat memiliki air yang sangat dingin jernih dan bewarna biru kehijauan. Pengunjung yang datang dan mandi ditempat ini biasanya tidak kuat berlama-lama karena airnya cukup dingin.

Air Terjun Tongkat Pelaruga

Air Terjun Tongkat Pelaruga- foto @devaasbr

Mengapa air terjun ini dinamakan air terjun tongkat adalah karena di lokasi air terjun tersebut terdapat kayu tongkat yang melintang dari bagian tebing kebagian bawah air. Kayu inilah yang menjadi ciri khas air terjun tongkat. Biasanya pengunjung yang akan menuju kolam abadi akan singgah terlebih dahulu di air terjun ini sebab lokasi air tejun tongkat ini memang dilewati pengunjung.

Lokasi Air Terjun Pelaruga

Untuk menuju Air Terjun Pelaruga kita terlebih dahulu harus menuju Desa rumah Galuh, kabupaten Langkat, Rumah Galuh, Sei Bingai, Kota Binjai, Sumatera Utara. Yap, Lokasi Air Terjun Pelaruga memang terletak di Langkat dan lokasinya juga tak jauh dari kota Binjai.

Air Terjun Tongkat Pelaruga di Langkat Sumatera Utara

Air Terjun Tongkat Pelaruga di Langkat Sumatera Utara – foto @rizkymuliawan03

Jika kita datang dari arah Kota Medan maka dapat dicapai dalam waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Medan. Selanjutnya perjalanan berlanjut menuju Kota Binjai hingga menuju Namu Ukur Pekan hingga akhirnya tiba di Desa Rumah Galuh. Patokanya sih lebih dekat dengan Polres Sei Bingai. Jadi kalo bingung kalian maps saja atau bertanya ke warga selama diperjalanan.

Baca juga ya :

Berenang di kolam abadi dan Air Terjun Tongkat Pelaruga

Berenang di kolam abadi dan Air Terjun Tongkat Pelaruga – foto @felixtheoyusama

Setibanya kita dilokasi atau di desa Rumah galuh, kita harus melakukan treking yang menurut saya cukup jauh. Kita memang akan berwisata dengan konsep Jungle Tracking, lalu setelah berjalan kaki kita akan menemukan wisata air Kolam Abadi Pelaruga yang sangat indah. Nah dari Danau atau kolam ini kita sudah tiba di lokasi Air Terjun Pelaruga.

Tentang Wisata Pelaruga

Tahukah kamu jika Pelaruga adalah sebuah nama Komunitas ?

Peraluga

Welcome di Peraluga – foto @ekin_pelaruga

Banyak yang meyangka jika Air Terjun Pelaruga atau kolam abadi pelaruga adalah nama sebuah desa atau nama dari sebuah tempat. Padahal Pelaruga sebenarnya adalah nama salah satu komunitas dan singkatan dari Pemandu Alam Rumah Galuh. Komunitas ini adalah komunitas mayarakat peduli alam yang berdiri untuk menjaga dan melestarikan wisata alam Desa Rumah Galuh.

Air Terjun Pelaruga di Sumatera Utara

Air Terjun Pelaruga di Sumatera Utara – foto @mansyah28

Dikawasan Pelaruga Ada tiga tempat wisata yang sudah mulai terkenal dikalangan masyrakat Medan dan Sekitarnya yaitu Air Terjun Tongkat atau Air Terjun Pelaruga, Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh-Teroh. Kalian tak perlu bingung atau khawatir tersesat dikawasan ini sebab Jika sudah sampai di Rumah Galuh kita akan dibantu dan diantarkan kelokasi tempat wisata yang dituju.

Jauhkan juga perlengkapan yang tidak aman seperti memakai sendal jepit atau hal lain yang menganggu kenyamaan saat trekig. Serahkan saja kamera underwater kalian kepada team atau pemandu yang berjaga. Selamat mencoba keseruanya guys.

Leave a Reply