Air Terjun

Lokasi Curug Cibaliung dan HargaTiket Masuknya

curug cibaliung

Curug Cibaliung- tempatwisata

Curug Cibaliung akhir-akhir ini sering banyak dibicarakan oleh warganet di dunia maya. Hal tersebut dikarenakan maraknya foto-foto Curug Cibaliung yang berkeliaran di sosial media, sehingga membuat semua orang menjadi penasaran akan keindahannya.

Namun, karena masih belum terlalu banyak pengunjungnya, membuat informasi tentang Curug Cibaliung masih sedikit. Alhasil, banyak orang yang bingung dan bertanya-tanya tentang Curug Cibaliung, termasuk rute, lokasi, dan harga tiket untuk dapat ke sana.

Baca juga: Curug Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

curug-cibaliung-bogor

Curug Cibaliung bogor – piknikasik

Maka dari itu, Seringjalan.com ingin membeberkan informasi seputar Curug Cibaliung agar kamu tidak bingung lagi sehingga bisa datang ke sana kapan saja. Yuk disimak!

Lokasi Curug Cibaliung

Dalam bahasa Sunda, Curug artinya air terjun, sedangkan Cibaliung adalah nama tempat sehingga jika digabung, maka Curug Cibaliung adalah sebuah wisata air terjun yang lokasinya berada di Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Tempat wisata ini memang belum terlalu banyak terekspos media. Tapi meski belum terlalu dikenal, banyak yang datang ke sini untuk merasakan sensasi kesejukan air dan udaranya. Alamnya masih sangat asri sehingga cocok digunakan untuk melepas penat karena rutinitas sehari-hari.

curug cibaliung

tempatwisata

Kabar punya kabar, Curug Cibaliung merupakan salah satu air terjun paling dalam di Bogor sehingga setiap pengunjung bisa semakin leluasa untuk bermain air dan berendam. Airnya berwarna biru dan benar-benar jernih sehingga memberikan sensasi yang tak akan pernah terlupakan. Terlebih lagi banyak bebatuan besar yang menjulan tinggi di sekitaran air terjun.

Rute Menuju Curug Cibaliung

Tapi meski tempatnya sangat menyenangkan, tidak mudah untuk sampai di sana. Kamu harus melakukan perjalanan yang cukup jauh dan sedikit melelahkan. Lokasi Curug Cibaliung berada di Karang Tengah sehingga kamu harus pergi ke sana terlebih dahulu. Jika dari Jakarta, kamu bisa lewat jalur Tol Jagarawi.

rute menuju curug cibaliung

rute menuju curug cibaliung – foto mncupdate

Sesampainya di Karang Tengah, kamu harus melakukan perjalanan lagi dengan berjalan kaki. Kamu bisa menitipkan kendaraanmu di perkampungan dengan tarif bervarian. Umumnya, sepeda motor dikenakan biaya Rp5.000 sedangkan mobil Rp10.000.

Inilah tantangan yang sesungguhnya. Kamu harus berjalan sekitar satu jam lamanya untuk melewati medan yang tidak mudah. Kamu harus menyisir hutan dan melewati sungai yang terbentang di dalam hutan. Selain itu, jalannya juga naik turun sehingga kamu harus memastikan jika kondisi fisikmu sedang prima, ya!

Tapi tenang saja. Saat merasa lelah di tengah perjalanan, kamu bisa berhenti kapan saja karena banyak warung-warung yang berjualan sepanjang perjalanan menuju Curug Cibaliung. Kamu bisa beristirahat untuk minum teh atau kopi, kemudian melanjutkan kembali petualangan.

Kamu pun bisa bertanya rute yang tepat kepada para penjual di sana. Sebab, di dalam hutan itu ada beberapa curug, seperti Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk. Yang paling seru menurut para pengunjung adalah ketika harus menyisir sungai yang panjang.

Jadi, nanti kamu akan bertemu sungai panjang dan harus berjalan di pinggirnya selama kurang lebih 20 menit. Setelah berhasil menyusuri sungai, kamu akan sampai di tujuan, yaitu Curug Cibaliung.

Baca juga: Curug Citaman – Wisata Air Alami di Sukabumi

Curug Cibaliung Bogor

Curug Cibaliung Bogor – foto superadventure.com

Sesampainya di Curug Cibaliung, semua lelahmu akan terbayar tuntas. Kamu bisa langsung bermain air sepuasnya. Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk berswafoto karena tempat wisata di Jawa Barat ini menyediakan banyak spot foto yang instagenik.

Ohya, kendati pemandangan sangat indah, disarankan untuk tidak berkunjung saat musim hujan ya. Sebab, risikonya terlalu tinggi karena rute yang licin. Juga risiko adanya banjir di sungai. Seain itu, air Curug Cibaliung juga lebih bagus jika dilihat saat musim kemarau. Airnya akan berwarna hijau toska dan kadang kebiruan sehingga layak untuk diabadikan.

Harga tiket masuk ke Curug Cibaliung

Untuk dapat berkunjung ke Curug Cibaliung, kamu akan dikenakan biaya pengelolaan sebesar Rp15.000 saja. Cukup terjangkau jika diukur dengan keindahan yang disajikan.

Jadi, dengan uang segitu, kamu sudah bisa melepas penat dan merasakan sensasi liburan yang tidak akan terlupakan. Nah, kapan mau datang ke Curug Cibaliung? Jangan lupa ajak keluarga juga, ya!

Leave a Reply