Gunung

Pendakian Ke Gunung Puntang Bandung Selatan, Inilah Info Lokasi dan Jalur Pendakianya

Gunung Puntang

Gunung Puntang - foto milik @rizki_syafari

Gunung Puntang – Jika kamu sering melakukan pendakian gunung, mungkin Pendakian Gunung Puntang sudah tidak asing lagi. Pendakian gunung Puntang Bandung ini merupakan salah satu pendakian gunung dengan pemandangan yang sangat eksotis.

Bandung merupakan salah satu tempat di Jawa Barat yang memiliki sangat banyak tempat wisata untuk kamu kunjungi. Mulai dari yang berada di tengah kota sampai dengan tempat wisata alam yang masih asri dan alami.

Baca Juga ya :

Jalur pendakian Gunung Puntang

Jalur pendakian Gunung Puntang – foto milik @aroem_ry

Salah satu tempat wisata alam yang sangat terkenal dari Bandung adalah wisata alam pegungan. Ada banyak sekali pegunungan di Bandung yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri. Salah satunya adalah Gunung Puntang.

Gunung Puntang, Gunung yang cocok untuk pendaki Pemula

Sebenarnya di Bandung banyak sekali gunung-gunung yang indah dan keren mulai dari gunung Tangkuban Perahu yang dikenal cerita Sangkuriang-Nya, gunung Burangrang di sekitar kawasan Lembang, sampai dengan gunung Batu, dan gunung Nini yang ada di Pengalengan.

Hutan Pinus Gunung Puntang

Hutan Pinus Gunung Puntang – foto @dianto_sutedja

Walaupun gunung Puntang tak se populer kawasan wisata Ciwidey dan Ranca Upas, namun melakukan pendakian ke Gunung Puntang menjadi alternatif untuk kamu yang ingin belajar untuk mendaki gunung.

Pendakian gunung Puntang Bandung bisa dikatakan pendakian latihan untuk kamu yang ingin merasakan rasanya naik gunung. Untuk mencapai Puncak Mega, puncak Gunung Puntang, estimasi waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 3 jam dimana selama perjalanan kamu akan melewati 5 pos untuk beristirahat.

Puncak Gunung Puntang

Puncak Gunung Puntang- foto milik @
indahnoktaviani

Waktu terbaik untuk melakukan pendakian Gunung Puntang Puncak Mega adalah pada saat musim kemarau.

Puncak Mega sendiri merupakan titik tertinggi yang menjadi spot favorit banyak pendaki gunung Puntang. Dengan ketinggian mencapai 2223 mdpl, Puncak Mega adalah tempat yang pas untuk berburu foto dan melihat matahari terbit.

Baca juga:  5 Tempat Kuliner Malam Di Bandung

Lokasi Gunung Puntang

Gunung Puntang terletak di desa Mekarjaya, Banjaran, kabupaten Bandung atau sekitar 36 Km dari tempat wisata Ciwidey yang terkenal dengan tempat wisatanya seperti kawah Putih ataupun situ Patenggang.

Jika kamu berada di kawasan Bandung Utara, gunung Puntang yang berada di kawasan pegunungan Malabar ini berjarak sekitar 33 Km dari kawasan tempat wisata Kebun Binatang Bandung serta Taman Hutan Raya Djuanda.

Sejarah Gunung Puntang

Gunung Puntang merupakan tempat yang sangat bersejarah bagi dunia komunikasi Indonesia bahkan dunia.

Pasalnya, pada tahun 1923, di puncak gunung Puntang sempat dibangun stasiun radio terbesar pada masa itu yang frekuensi siarannya bisa ditangkap sampai negeri Belanda.

Gunung Puntang

Gunung Puntang – foto milik @rizki_syafari

Tidak hanya dibangun stasiun Radio karena di puncak gunung Puntang juga sempat dibangun pemukiman dari pekerja stasiun radio tersebut.

Namun kini semua itu sudah tidak ada karena bangunan stasiun radio ini sudah lama dihancurkan. Sisa-sisa bangunan ini pun kini sudah tertutup oleh semak belukar yang tinggi.

Baca juga: Menikmati Keindahan Kota Bandung Dari Puncak  Ciumbuleuit

Jalur Pendakian Gunung Puntang

Jalur Pendakian Gunung Puntang Puncak Mega bisa dilakukan melalui bumi perkemahan. Jalur ini cukup menantang sekaligus menguras banyak tenanga sehingga untuk mencapainya diperlukan energi yang yang sangat ekstra.

Gunung Puntang

Guntung Puntang Bandung. Gambar oleh Tourbandung.id

Namun walaupun seperti itu, semua pengorbanan yang kamu lakukan akan terbayar lunas saat tiba di Puncak Mega.

Walaupun estimasi pendakian Gunung Puntang menuju Puncak Mega hanya sekitar 3 jam, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Seperti misalnya kamu harus menyiapkan perbekalan air dan makanan yang cukup untuk pendakian karena disepanjang jalan menuju puncak kamu tidak akan menemui sumber air dan juga warung makan.

Harga Tiket Masuk Gunung Puntang

Jika kamu tertarik mencoba mendaki gunung Puntang ini, ada kabar gembira untuk kamu: harga masuk pendakian gunung Puntang sangat terjangkau.

Camping di Gunung Puntang

Camping di Gunung Puntang – foto @rz.rezza

Harga tiket masuk kawasan gunung Puntang hanya berkisar Rp5.000 per orang dengan biaya parkir kendaraan Rp2.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil dan bus.

Jika kamu memiliki rencana untuk camping di kawasan gunung Puntang Bandung ini maka biasanya kamu akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp5.000 per orangnya dengan jam operasional pelayanan 24 jam selama 7 hari.

Baca juga:  Taman Korea Antapani Bandung

Daya Tarik Gunung Puntang

Selain terkenal dengan Puncak Mega-nya, ternyata Gunung Puntang juga terkenal dengan banyak tempat menariknya seperti kawasan Bumi Perkemahan, air terjun Siliwangi yang memiliki ketinggian mencapai 215 meter dan juga air terjun Cikahuripan atau Air Terjun Cinta yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Fasilitas Pendakian Gunung Puntang

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah dam eksotis, gunung Puntang juga terkenal karena memiliki fasilitas yang lengkap.

Sunrise Gunung Puntang Bandung

Sunrise Gunung Puntang Bandung – foto milik @aroem_ry

Fasilitas pendakian gunung Puntang ini tentu saja dibangun dalam rangka menarik wisatawan datang ke kawasan ini. Beberapa fasilitas seperti toilet umum, mushola atau tempat ibadah, tempat parkir, sampai warung makan bisa kamu manfaatkan jika berkunjung kesini.

Jika kamu ingin menginap di kawasan Gunung Puntang ini, kamu bisa menyewa villa Gunung Puntang yang bernama penginapan Taman Beugenville dengan harga permalamnya dimulai dari harga Rp200.000.

 

Leave a Reply