Tari Adat, Budaya

Sejarah Tari Yapong Yang Berasal dari Betawi Dan Asal Usulnya

Tari Yapong berasal dari Suku Betawi Jakarta

Tari Yapong berasal dari Suku Betawi Jakarta - foto @liputan_bekasi

Tari Yapong adalah tari adat Tradisional yang berasal dari Betawi. Sobat muda travelling tahu kan suku Betawi yang ada di Jakarta ? Yap Suku Betawi memiliki begitu banyak kebudayaan yang unik dan memiliki ciri khas yang berbeda dari umumnya baik itu budayanya, kulinernya hingga tarianya.

Nah salah satu Budaya betawi yang cukup unik adalah Tari Yapong. Tari Yapong merupakan tarian tradisional Betawi yang diciptakan pada tahun 1977. Pada awalnya Tari Yapong ini dipersiapkan sebagai pertunjukan untuk memeriahkan ulang tahun Ibukota Jakarta yang ke-450.

Baca juga ya :

  • Ternyata inilah asal usul Tari Pukat dari Aceh
  • Sejarah Dan Asal Usul Tari Rangguk ,taria unik yang lagi hits
keunikan Tari Yapong

keunikan Tari Yapong – Sumber: budayajawa.id/asal-usul-tari-yapong/

Ide mengenai pertunjukan kesenian ini berasal dari Dinas Kebudayaan DKI dan realisasinya dipercayakan kepada Bagong Kussudiarjo, seorang seniman besar kenamaan pada masa tersebut. Cerita yang diangkat adalah mengenai perjuangan Pangeran Jayakarta dan dipentaskan dalam bentuk Sendratari.

Bahan tarian diperoleh melalui penelitian dan observasi terhadap kebudayaan masyarakat Betawi. Tarian ini pertama kali dipertunjukkan pada tanggal 20 dan 21 Juni 1977 bertempat di Balai Sidang Senayan. Tiga ratus orang seniman yang terdiri dari penari dan musisi ikut serta dalam pertunjukan Sendratari ini.

Corak Budaya Tionghoa di Dalam Tari Yapong

Akulturasi budaya Tionghoa-Indonesia cukup lekat dalam tarian khas yang satu ini. Memang busana yang digunakan para penari Yapong cukup mirip dengan busana para penari Kembang Topeng asal Betawi. Dimana busana yang dikenakan menggunakan kain berwarna terang serta memiliki detail aksesoris serupa.

Para Penari Tari Yapong

Para Penari Tari Yapong – foto @bungkandidance

Akan tetapi Tari Yapong memiliki  motif naga warna merah yang menunjukkan akulturasi dengan budaya Tionghoa. Lebih lanjut bukan motif busana, akan tetapi beberapa gerakan juga dipengaruhi  konsep budaya Tionghoa.

Boleh dibilang Tari Yapong sebagai kekayaan seni Indonesia, juga menggambarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Dimana konsep adat Betawi dipengaruhi juga oleh budaya Tionghoa, menunjukan semangat bersatu, saling menghormati, kerukunan dalam masyarakat dan pembauran yang sangat baik. Karena semangatnya yang menunjukkan keanekaragaman dalam persatuan Indonesia, tarian Yapong sangat layak mendapat apresiasi sobat muda sekalian.

Musik Pengiring Tari Yapong

Tahukah wahai sobat muda? Bahwa penggunaan alat musik dalam Tarian Yapong yang digunakan saat tarian ini ditarikan, merupakan campuran antara Betawi, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Tari Yapong Tari Tradisonal dari Betawi

Tari Yapong Tari Tradisonal dari Betawi – foto @ipao_oregon

Dalam pertunjukannya sendiri tarian khas Betawi ini memanfaatkan beberapa alat musik tradisionalnya, seperti Rebana Biang, Rebana Hadroh, Rebana Ketimpring. Ini menunjukkan tari Yapong adalah suatu kreasi baru yang berasal dari kreatifitas seniman tari Betawi.

Karena uniknya penggunaan alat musik dalam tarian ini, maka musik pengiring Tarian Yapong menghasilkan suatu melodi yang cukup unik di telinga penikmatnya. Sobat muda bisa menyaksikan langsung tarian kebanggaan Betawi ini untuk merasakan sendiri keunikan dalam musik pengiringnya.

Fungsi Tari Yapong

Tari Yapong berasal dari Suku Betawi Jakarta

Tari Yapong berasal dari Suku Betawi Jakarta – foto @liputan_bekasi

Sebagai salah satu kekayaan seni Betawi, pada dasarnya terdapat beberapa fungsi Tari Yapong. Pertama, sebagai acara festival daerah khususnya yang berada di Ibukota Jakarta. Ya tari ini sering disugihkan dalam berbagai festival, baik untuk menarik minat warga lokal maupun wisatawan mancanegara.

Selain itu Tari Yapong sendiri berguna untuk mengenalkan tari daerah kepada warga Jakarta sendiri, supaya mencintai kebudayaan dan hakikat Betawi. Dan bagi kalangan pelajar, maka Tari Yapong menjadi suatu media pendidikan yang bagus untuk mengenalkan dunia seni kepada pelajar muda Indonesia.

Keunikan Gerak Tari Yapong

Gerakan Tari Yapong

Gerakan Tari Yapong – foto @studio_millenia_cibubur

Dari sekian banyak pertunjukan tarian Yapong, mayoritas penarinya didominasi kaum hawa yang jumlahnya antara 5 sampai 10 penari. Meski demikian namun bukan berarti jika penari pria tak boleh memainkannya.

Keindahan tata letak tarian ini akan terlihat dari betapa simetrisnya pengaturan pemain tari. Sebab awalnya semua penari akan berjajar simetris lebih dulu, dan seiring musik yang ditabuh, para penari melakukan gerakan tari sesuai koordinasi.

Untuk setting panggungnya pun sengaja dibuat sangat sederhana. Sebab konsep yang ditonjolkan adalah keunikan gerak tari para seniman tari yang terlibat di dalamnya. Tari ini sendiri biasanya menggunakan ruang luas, untuk memberikan keleluasaan para penari agar bisa melakukan gerakan tari dengan bebas.

***

Tahukah sobat muda, irama Tari Yapong sendiri bersifat penuh semangat, penuh gerak, penuh energi, sehingga cocok bagi kalangan generasi remaja muda yang masih penuh tenaga.

Sebagai kawula muda dan generasi baru Indonesia sendiri, kita semua memang perlu bangga akan keberadaan tarian khas Betawi ini. Sebab ini menunjukkan betapa indahnya budaya kita.

 

Leave a Reply