Budaya, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Tandak Sambas

Tari Tandak Sambas

Tarian Tandak Sambas - Foto by sekolahnesia.com

Tari tandak Sambas merupakan tari tradisional suku Melayu Kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang masih tetap terjaga keasliannya. Tari Tandak Sambas berasal dari permainan rakyat, pada zaman dahulu dilakukan oleh laki-laki.

Asal Usul & Sejarah

Tari tandak Sambas merupakan tari tradisional suku Melayu yang berasal dari daerah Kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang masih tetap terjaga keasliannya. Tari Tandak Sambas berasal dari permainan rakyat, pada zaman dahulu dilakukan oleh laki-laki.

Sistem permainannya adalah laki-laki berpasangan dengan laki-laki dan tangannya diangkat setinggi bahu, dengan langkah dan gerak yang sederhana mereka melakukannya secara bergantian.

Alat musik yang digunakan juga sederhana sekali, ada yang hanya merupakan sekeping papan atau potongan bambu yang penting bisa menimbulkan bunyi.

Dari tahun ke tahun, zaman semakin berkembang, Tari Tandak Sambas merupakan hiburan dan tontonan, berlangsung dalam suasana riang gembira dan secara spontan. Tari Tandak Sambas adalah tari rakyat dan pergaulan, sering ditampilkan dalam upacara adat Melayu.

tari Tandak Sambas

Tari Tandak Sambas – Foto by rahadiosman1.blogspot.com

Pada saat tarian berlangsung, penonton yang berminat menari dapat langsung masuk ke arena tarian dan menari bersama. Sebaliknya bila ada penari yang merasa lelah bisa meninggalkan arena tari, dan bergabung dengan para tamu lainnya. Tandak Sambas akan berhenti total bila tetabuhan dan lantunan lagu berhenti.

Namun seiring dengan perkembangan zaman perempuan juga ikut menarikan Tandak Sambas dan menimbulkan kolaborasi tari berpasangan. Boleh ditarikan laki-laki dengan dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan dan laki-laki dengan perempuan.

Simak Juga Yuk

Busana Tari Tandak Sambas

tari Tandak Sambas

Tari Tandak Sambas – disbud.kepriprov.go.id

Busana yang digunakan para penari dalam pertunjukan Tari Tandak biasanya merupakan busana tradisional. Untuk busana penari pria biasanya menggunakan baju berlengan panjang dan celana panjang. Serta dilengkapi dengan kain yang dikenakan di pinggang, peci (penutup kepala), dan sarung yang digunakan untuk menari.

Sedangkan untuk penari wanita biasanya menggunakan busana kebaya dan kain panjang pada bagian bawah. Selain itu penari wanita juga dilengkapi dengan aksesoris seperti hiasan kepala, gelang, kalung, dan pernak-pernik lainnya sebagai pemanis.

Gerakan dan Musik Tari Tandak Sambas

Sejak masa pertumbuhannya, Tandak Sambas belum memiliki gerakan khusus dan baku. Ia ditarikan secara spontan sehingga tidak memiliki nama dan makna khusus. Lama waktu  tarian tampil tergantung pada minat penonton.

Tahun 1974, telah dibuat sebuah keseragaman dalam ragam tari Tandak Sambas. Namun gaya dalam tari Tandak Sambas masih tergantung kreativitas penari.

Asal Usul dan Sejarah Tari Tandak Sambas 1

Perhelatan Tandak Sambas Massal – Foto by youtube.com

Saat kita menyaksikan pertunjukan tari Tandak Sambas, suasana riang khas melayu akan terpatri dari awal sampai dengan akhir pertunjukan. Tak heran karena zaman dahulu, tari Tandak Sambas juga digunakan sebagai ajang silaturahmi dan juga perjodohan.

Alat musik pengiring Tandak Sambas pada awalnya hanya terdiri dari satu buah rebana dengan seorang penabuh dan seorang vokalis. Penabuh tersebut juga boleh bertindak sebagai vokalis. Lagu pengiring yang dibawakan adalah lagu rakyat Melayu Sambas yang terdiri dari lagu “Bujang Betanda’” dan diikuti lagu “Sarang Bubut”

Lirik Lagu dalam Tari Tandak Sambas

Tari Tandak Sambas

Tarian Tandak Sambas – Foto by sekolahnesia.com

Bujang Betandak

Dua lah bedua

Dua bedua bujang betanda’

Langkah kekere’

Langkah kekanan

Marelah kite besame lah same

Tanda’ lah sambas

Sunggoh gembire

Hiborkan ati gundah gulane

Sarang Bubut

Sarang lah bubut ai

Tappi lah muare

Sarang lah pirrik lah pinnang

Dipuccoklah pinnang

Apelah ngelugut ai

Bunyilah suare

Barrok di tillik jak tunnang

Gasa’ang jak tunnang

***

Sudah seharusnya kita semua  melestarikan dan memajukan budaya khususnya tari Tandak Sambas. Semua generasi Indonesia juga harus berperan serta dalam memperkenalkan pada dunia internasional.

Baca Juga Yuk

 

Leave a Reply