Asal Usul dan Sejarah Tari Tandak Sambas - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Tandak Sambas

Tari Tandak Sambas

Tarian Tandak Sambas - Foto by sekolahnesia.com

Tari tandak Sambas merupakan tari tradisional suku Melayu Kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang masih tetap terjaga keasliannya. Tari Tandak Sambas berasal dari permainan rakyat, pada zaman dahulu dilakukan oleh laki-laki.

Asal Usul & Sejarah

Tari tandak Sambas merupakan tari tradisional suku Melayu yang berasal dari daerah Kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang masih tetap terjaga keasliannya. Tari Tandak Sambas berasal dari permainan rakyat, pada zaman dahulu dilakukan oleh laki-laki.

Sistem permainannya adalah laki-laki berpasangan dengan laki-laki dan tangannya diangkat setinggi bahu, dengan langkah dan gerak yang sederhana mereka melakukannya secara bergantian.

Alat musik yang digunakan juga sederhana sekali, ada yang hanya merupakan sekeping papan atau potongan bambu yang penting bisa menimbulkan bunyi.

Dari tahun ke tahun, zaman semakin berkembang, Tari Tandak Sambas merupakan hiburan dan tontonan, berlangsung dalam suasana riang gembira dan secara spontan. Tari Tandak Sambas adalah tari rakyat dan pergaulan, sering ditampilkan dalam upacara adat Melayu.

tari Tandak Sambas

Tari Tandak Sambas – Foto by rahadiosman1.blogspot.com

Pada saat tarian berlangsung, penonton yang berminat menari dapat langsung masuk ke arena tarian dan menari bersama. Sebaliknya bila ada penari yang merasa lelah bisa meninggalkan arena tari, dan bergabung dengan para tamu lainnya. Tandak Sambas akan berhenti total bila tetabuhan dan lantunan lagu berhenti.

Namun seiring dengan perkembangan zaman perempuan juga ikut menarikan Tandak Sambas dan menimbulkan kolaborasi tari berpasangan. Boleh ditarikan laki-laki dengan dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan dan laki-laki dengan perempuan.

Simak Juga Yuk

Busana Tari Tandak Sambas

tari Tandak Sambas

Tari Tandak Sambas – disbud.kepriprov.go.id

Leave a Reply