Tari Legong Berasal Dari Bali, Inilah Asal Usul dan Sejarahnya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat, Budaya

Tari Legong Berasal Dari Bali, Inilah Asal Usul dan Sejarahnya

Tari Legong Berasal Dari Bali

Tari Legong Berasal Dari Bali - foto @abilandikasaputra

Tari Legong berasal dari Bali atau yang biasa disebut sebagai pulau Dewata. Tari Legong adalah tari klasik Bali. Tarian ini sangat kompleks, diiringi musik yang kompleks pula. Karena itulah Tari Legong cukup populer diantara para penikmat seni. Lalu bagaimanakah asal-usul tari Legong?

Usut punya usut, kata Legong berasal dari Leg yang berarti sebuah gerakan yang luwes, dan Gong yang artinya gamelan. Dalam pelaksanaannya sendiri, penari akan menarikan tarian ini dengan cekatan, sehingga menjadi pertujukan yang atraktif.

Untuk menambah semarak, maka ditambahkan pengiring dengan Gamelan. Adapun Gamelan yang dipakai mengiringi tari legong dinamakan Gamelan Semar Pagulingan.

Sejarah Tari Legong

Sejarah Tari Legong

Sejarah Tari Legong – Sumber: asalusul-blog.blogspot.com

Legong dikembangkan di keraton-keraton Bali pada abad ke-19 paruh kedua. Berdasar catatan sejarah, kisahnya diawali dari seorang pangeran dari Sukawati yang dalam keadaan sakit keras bermimpi melihat dua gadis menari dengan lemah gemulai diiringi oleh gamelan yang indah.

Ketika sang pangeran pulih dari sakitnya, mimpinya itu dituangkan dalam repertoar tarian dengan gamelan lengkap. Pada awalnya, penari legong yang baku adalah dua orang gadis yang belum mendapat menstruasi, ditarikan di bawah sinar bulan purnama di halaman keraton.

Kedua penari ini disebut legong dan selalu dilengkapi dengan kipas sebagai alat bantu. Akan tetapi pada beberapa tari Legong terdapat seorang penari tambahan, disebut condong, yang tidak dilengkapi dengan kipas.

Jenis Tari Legong Bali

Terdapat sekitar 18 tari legong yang dikembangkan Bali, misalnya di daerah Gianyar, Badung, Denpasar, dan Tabanan. Satu variasi Legong yang paling populer adalah Legong Lasem. Tari Legong ini cukup sering ditampilkan dalam pertunjukan wisata.

Gerakan Tari Legong Bali

Gerakan Tari Legong Bali – Sumber: id.wikipedia.org/wiki/Legong

Tari ini dikembangkan di daerah Peliatan. Tarian yang baku ditarikan oleh dua orang legong dan seorang condong. Condong tampil pertama kali, lalu menyusul dua legong yang menarikan legong lasem.

Untuk lakon ceritanya sendiri, mengambil cabang cerita Panji tentang keinginan adipati Lasem untuk meminang Rangkesari, putri Kerajaan Daha. Sang putri menolak pinangan tersebut karena dia telah terikat oleh Raden Panji dari Kahuripan.

Adipati pun kemudian menculik putri tersebut. Mengetahui adiknya diculik, raja Kadiri menyatakan perang dan berangkat ke Lasem. Pada akhinya kemudian tewas dalam pertempuran melawan raja Daha.

Leave a Reply