Budaya, Pengetahuan, Tari Adat

Asal-Usul Dan Sejarah Tari Pendulang Timah

Tari Pendulang Timah

Tari Pendulang Timah. Sumber : Tourismvaganza.com

Tari Pendulang Timah – Belitung, salah satu pulau yang berada di kepulauan Bangka Belitung yang berlokasi di sisi pantai timur Sumatera Selatan. Pulau yang dikenal seantero Nusantara setelah digunakan sebagi tempat syuting film Laskar Pelangi ini mempunyai pesona alam yang luar biasa dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Indonesia.

Namun selain Pesona alamnya yang indah, Belitung juga memiliki kekayaan budaya yang melimpah, tak terkecuali tarian adatnya. Salah satu Tarian yang berasal dari Belitung dan cukup unik adalah Tari Pendulang Timah. Sesuai namanya, Tari Pendulang Timah ini adalah Tarian yang menggambarkan aktivitas rakyat Bangka Belitung yang sedang mendulang timah dengan cara tradisional.

Sejarah Tari Pendulang Timah

Sejarah Tari Pendulang Timah

Sejarah Tari Pendulang Timah – Sumber : Moeseum.blogpot.com

Tari Pendulang Timah sebenarnya adalah tarian kreasi yang dibuat oleh Sanggar Tari Belitong Lesong Batang, Kelurahan Lesung Batang. Ide awal terciptanya tarian ini adalah dari Novelis Andrea Hirata yang prihatin dengan kehidupan anak-anak di Belitung yang terpaksa harus putus sekolah dan memilih untuk menambang timah karena kondisi ekonomi yang sulit.

Tarian ini biasa dilakukan oleh sekelompok lelaki usia remaja, yang dalam pertunjukkannya mereka bertelanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek dengan sekujur tubah mereka dilumuri dengan campuran kaolin dan bahan pewarna kue beraneka warna.

Awalnya tarian ini hanya dilakukan oleh sekitar 10-15 orang. Namun dalam perkembangannya tarian ini kemudian dilakukan oleh banyak orang dan menjadikan Tari Pendulang Timah menjadi sebuah tarian kolosal.

Baca Juga ya :

Pesan yang Disampaikan dari Gerakan Tari Pendulang Timah

Pesan dari Tari Pendulang Timah

Pesan dari Tari Pendulang Timah – Sumber : Radarbangka.co.id

Gerakan-gerakan yang dilakukan pada pertunjukkan Tari Pendulang Timah ini menggambarkan kerasnya perjuangan anak-anak Belitung yang sedang mendulang timah. Dalam tarian ini digambarkan juga kesulitan-kesulitan yang dialami ketika proses mendulang timah, seperti berkubang dalam lumpur, dipatok ular hingga beratnya perjuangan mereka dalam memperoleh timah tergambar jelas pada tarian ini.

Dalam Tari Pendulang Timah ini ada enam gerakan inti yang diperagakan oleh para penari, yaitu Ngelimbang, Nepes, Nimbus, Ngembuatkan, Ngangkat Karung dan Semprot. Ngelimbang artinya adalah kegitan mencari timah, sedangkan Nepes adalah kegiatan mendulang timah dengan cara tradisional yaitu menggunakan Kuali.

Tari Pendulang Timah

Tari Pendulang Timah. Sumber : Tourismvaganza.com

Dalam pertunjukkannya, Tari Pendulang Timah kini juga makin dikreasi dengan adanya pembacaan puisi yang menjadikan suasana semakin haru dan menjadikan penonton seakan-akan ikut merasakan perjuangan dari para anak-anak pendulang timah.

Baca Juga ya :

Pertunjukkan Tari Pendulang Timah

Pertunjukkan Tari Pendulang Timah

Pertunjukkan Tari Pendulang Timah – Sumber : Belitongekspres.co.id

Tari Pendulang timah ini biasa dipertunjukkan di acara Pentas Seni dan Budaya Festival Negeri Laskar Pelangi yang digelar setiap setahun sekali. Festival Negeri Laskar Pelangi sendiri adalah festival yang sengaja digelar untuk kebutuhan pariwisata agar menarik banyak wisatawan untuk datang, baik itu dari indonesia ataupun mancanegara.

Dalam pementasan Tari Pendulang Timah di Festival Negeri Laskar Pelangi, penari yang melakukan tarian ini berjumlah ratusan, bahkan pada gelaran terakhir tari ini dilakukan oleh hampir 1.000 penari.

Perkembangan Tari Pendulang Timah

Perkembangan Tari Pendulang Timah

Perkembangan Tari Pendulang Timah – Sumber : Tribunnews.com

  Dalam perkembangannya, Tari Pendulang Timah ini menjadi tarian wajib yang selalu dilakukan disetiap acara Festival Negeri Laskar Pelangi karena terbukti mampu menarik minat banyak wisatawan untuk hadir di acara Festival Negeri Laskar Pelangi. Gerakannya yang artistik dengan penggambaran peran dari para penari yang begitu baik menjadi daya tarik bagi setiap penonton yang melihatnya.

Selain di pentaskan di acara Festival Negeri Laskar Pelangi, Tari Pendulang Timah sering juga dilakuan di berbagai acara pentas seni di Belitung, namun tentunya dengan jumlah penari yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan di Festival Negeri Laskar Pelangi yang bergaya tari kolosal.

***

Demikianlah informasi seputar Tari Pendulang Timah yang merupakan tari kreasi yang berasal dari Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dengan adanya tari kreasi baru seperti Tari Pendulang Timah ini tentu saja akan semakin memperkaya warisan Budaya yang ada di Indonesia. Maka dari itu tugas kita adalah menjaga dan merawatnya agar kemudian budaya yang kita miliki ini tidak hilang digerus jaman.

Leave a Reply