Asal Usul dan Sejarah Tari Mandau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Mandau

Tari Mandau

Tari Mandau, Dayak Kalimantan Tengah-sumber: Lintaskalteng.com

Tari Mandau adalah kesenian tari yang berasal dari suku Dayak, kota Palangkaraya, kabupaten Kalimantan Tengah. Dalam Tari Mandau menampilkan sebuah atraksi atau aksi memainkan senjata Mandau. Senjata Mandau ini merupakan sebuah senjata tradisional suku Dayak yang bentuknya menyerupai pedang atau parang.

Tari Mandau asal Kalimantan Tengah ini adalah perwujudan dari semangat perjuangan masyarakat suku Dayak. Dalam hal ini yaitu, membela harga diri dan kehormatan suku tersebut. Selain itu Tari Mandau juga berfungsi sebagai sebuah seni pertunjukan dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga ya :

Tari Mandau

Tari Mandau – sumber : good news from Indonesia ; para pemuda Dayak menarikan Tari Kinyah Mandau

Tari Mandau ini memang sangat lekat dalam kehidupan suku Dayak. Tari Mandau juga sering dipentaskan dalam berbagai upacara adat dan upacara penyambutan tamu agung. Tari Mandau memang menggambarkan semangat juang prajurit suku Dayak dalam upaya membela tanah air, harkat, dan martabat mereka.

Meskipun banyak pendapat yang mengatakan bahwa makna yang terkandung dalam Tari Mandau ini sebenarnya adalah keperkasaan pria dalam mengarungi sebuah kehidupan.

Pertunjukan Tari Mandau

Asal Usul dan Sejarah Tari Mandau 1

Tari Mandau Dayak, Kalimantan Tengah-sumber: Ilmuseni.com

Dalam pergelaran pertunjukan Tari Mandau biasanya lebih mempertontonkan sebuah atraksi dan seni tari yang indah dalam memainkan senjata tradisional mereka yakni mandau atau perisai.

Maka dari itu, tidak heran apabila dalam pertunjukan Tari Mandau terdapat pula adegan berbahaya misalnya menggigit atau mengayunkan mandau yang tajam.

Mungkin bagi para penarinya hal ini dianggap tidak berbahaya, karena sebelum pertunjukan Tari Mandau ini dipentaskan para penari biasanya melakukan ritual khusus. Tujuannya agar pertunjukan tari yang mereka bawakan di atas panggung misalnya bisa berjalan lancar dan aman.

Para penari tersebut juga tentunya sudah terlatih (profesional dalam melakukan aksinya memainkan senjata parang) atau sudah berlatih terlebih dahulu jauh-jauh hari. Gerakan dalam tarian Mandau ini memang kebanyakan adalah gerakan saling serang yang cenderung akrobatik, dengan gerakan yang luwes ,tetapi tetap bertenaga.

Berbeda dengan Tari Mandau Kinyah yang lebih menampilkan unsur teatrikal dan seni pertempuran dalam pertunjukannya.

Kostum yang Digunakan dalam Tari Mandau

Asal Usul dan Sejarah Tari Mandau 2

Tari Mandau Kalimantan Tengah-sumber: Indonesiakaya.com

Tidak hanya dibawakan oleh pria saja, tarian Mandau ini juga ditarikan oleh perempuan. Kostum yang dipakai pada saat menari adalah rompi kulit dengan motif yang khas pakaian tradisional suku Dayak. Kemudian ada pula aksesoris tambahan seperti kalung, gelang, tato yang mewarnai tubuh para penari, serta penutup kepala yang dibentuk seperti burung tingang.

Leave a Reply