Asal-Usul Dan Sejarah Tari Hugo Dan Huda - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat, Budaya, Pengetahuan

Asal-Usul Dan Sejarah Tari Hugo Dan Huda

Tari Hugo dan Huda

Tari Hugo dan Huda dari Kalimantan Tengah. Sumber : agus2652.wordpress.com

Tari Hugo dan Huda – Beribukotakan di kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Kalimantan yang memiliki luas 153.564,60 km². Kalimantan Tengah selain dikenal sebagai kawasan yang kaya akan sumber daya alam mineralnya, ternyata juga kaya dengan kebudayaan dan keseniannya.

Daerah yang memiliki semboyan “Isen Mulang” ini memiliki kekayaan seni yang luar biasa banyaknya, mulai dari seni vokal, seni kriya hingga seni tari. Di Kalimantan Tengah ada satu kesenian tari yang menarik untuk diketahui, namanya adalah tari Hugo dan Huda.

Tari asli Kalimantan Tengah ini  menjadi salah satu warisan budaya dari Pulau Kalimantan yang penting untuk diketahui. Apa itu Tari Hugo dan Huda dan Bagaiamana sejarah serta pekembangannya, berikut ulasannya :

Sejarah Tari hugo dan Huda

Trai Hugo dan Huda

Tari Hugo dan Huda – Sumber : Agus2652.wrodpress.com

Tari Hugo dan Huda adalah Tarian Tradisional dari Kalimantan Tengah yang termasuk dalam tarian ritual dan biasa dignunakan sebagai permohonan kepada para dewa untuk menrunkan hujan dibumi.

Tarian ini biasa dilakukan ketika musim kemarau berkepanjangan dan tidak lama turun hujan di bumi Kalimantan. Pada jaman dahulu para nenek moyang di Kalimantan Tengah sering sekali melakukan tarian ini saat musim kemarau panjang dan masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan airnya.

Para nenek moyang di Kalimantan Tengah  percaya, dengan Tari Hugo dan Huda ini para dewa kepercayaan mereka akan segera menurunkan hujan dan memberi keberkahan di bumi.

Seiring perkembangan waktu dan jaman, di masa kini Tari Hugo dan Huda tidak hanya dijadikan sebagai tarian ritual meminta hujan saja, melainkan sudah digunakan untuk sekedar sebagai hiburan di berbagai macam acara, misalnya pentas seni ataupun festival budaya di Kalimantan Tengah.

Baca juga ya : 

Pertunjukkan Tari Hugo dan Huda

Kecapi di penampilan Tari Hugo dan Huda

Kecapi di penampilan Tari Hugo dan Huda – Sumber : Mediacenter.Palangkaraya.go.id

Dalam pertunjukkanya, Tari Hugo dan Huda biasa dilakuakn oleh penari wanita dengan musik pengiringnya biasa menggunakan alat musik kecapi yang merupakan alat musik petik khas Kalimantan.

Petikan kecapi yang merdu dipadukan gerakan dari para penari yang begitu indah dan eksotis menjadi suatu sajian yang begitu indah dan memberikan nuansa yang meyenangkan dan menenangkan jika menyaksikan pertunjukkan Tari Hugo dan Huda ini.

Leave a Reply