Kuliner

6 Makanan Khas Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat

Makanan Khas Kabupaten Sijunjung

Kalamai Sijunjung. Foto: lancangkuning.com

Makanan Khas Kabupaten Sijunjung – Siapa yang tidak kenal dengan Masakan Padang. Makanan khas daerah Padang, Sumatera Barat itu sudah menjadi salah satu kuliner yang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Namun jangan salah, kota Padang bukanlah satu – satunya penghasil makanan tradisional khas dari Sumatera Barat.

Adalah kabupaten Sijunjung, sebuah kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki berbagai macam makanan khas yang memiliki keunikannya tersendiri. Kabupaten Sijunjung sendiri berbatasan dengan Riau di sebelah timur, kota Sawahlunto di sebelah barat, serta kabupaten Solok dan Dharmasraya di sebelah selatan.

Daftar Makanan Khas Kabupaten Sijunjung

Penasaran seperti apa makanan – makanan khas Kabupaten Sijunjung? Langsung saja simak reviewnya.

1. Kalamai Sijunjung

Mungkin nama Kalamai masih terasa asing di sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun jika mendengar nama dodol, makan hampir dipastikan semua orang mengetahuinya. Ya, Kalamai adalah dodol khas dari Muaro Sijunjung, Sumatera Barat.

Makanan Khas Kabupaten Sijunjung

Kalamai, Makanan Khas Kabupaten Sijunjung – Foto: lancangkuning.com

Kalamai Sijunjung adalah Makanan Khas Kabupaten Sijunjung yang memiliki cita rasa yang unik khas minang kabau. Hal ini membuatnya berbeda dengan rasa dodol atau jenang di daerah lain di Indonesia.

Kalamai dibuat dari tebung beras ketan, gula merah, serta santan. Teksturnya lembut, kenyal, serta rasanya yang manis membuat makanan ini menjadi salah satu favorit dari wisatawan asing saat berkunjung ke Sijunjung.

2. Lamang Tongkat, Makanan Khas Kabupaten Sijunjung yang lezat

Lamng Tongkat, Makanan Khas Kabupaten Sijunjung yang lezat

Lamng Tongkat, Makanan Khas Kabupaten Sijunjung yang lezat -Foto: historyzulmaneli.blogspot.com

Lamang Tongkat adalah makanan tradisional dari daerah Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Masyarakat sekitar biasa menyebut makanan ini dengan nama guguih.

Guguih sendiri merupakan makanan yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dinamakan Lamang Tongkat karena masyarakat percaya bahwa makanan ini adalah tongkat menuju surga. Oleh karena itu, Lamang Tongkat biasanya hanya dibuat pada saat musim lebaran haji saja.

Bahan baku utama dari makanan ini adalah kelapa parut, tepung beras, garam, gula merah, vanili, dan daun pisang.

Baca Juga ya :

3. Madu Lebah Hutan Paru

Kabupaten Sijunjung memiliki sebuah hutan lindung yang bernama hutan Nagari Paru. Di hutan ini, pemerintah setempat banyak melakukan pelatihan – pelatihan bagi masyarakat setempat yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar hutan lindung ini.

Madu Lebah Hutan Paru sijunjung

Madu Lebah Hutan Paru sijunjung – foto tokopedia

Salah satu pelatihan yang ada disini adalah Budi Daya Lebah Madu. Jadi tak heran jika Kabupaten Sijunjung banyak menghasilkan Madu dari Lebah Hutan Paru. Jika anda berkunjung ke Sijunjung, wajib hukumnya untuk mencoba madu khas daerah ini.

Selain rasanya yang enak, madu ini pun memiliki berbagai macam khasiat seperti memperkuat imun, memperkuat syaraf dan otak, serta mengatasi berbagai keluhan di lambung, jantung, serta paru – paru.

4. Kerupuk Ikan khas Sijunjung

Kerupuk Ikan khas Sijunjung

Kerupuk Ikan, foto tokopedia

Baru – baru ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung menggelar pasar kuliner setiap hari senin yang bertujuan untuk melestarikan makanan dan kuliner khas Kabupaten Sijunjung agar tidak punah dan hilang dimakan zaman.

Di pasar ini, anda bisa menemukan berbagai macam makanan olahan ikan khas Kabupaten Sijunjung seperti kerupuk ikan, ikan crispy, serta makanan olahan ubi seperti lamang ubi, lapek ubi, dan godok ubi. Kini Kerupuk ikan khas Sijunjung masuk kedalam menu kuliner atau Makanan Khas Kabupaten Sijunjung yang bisa kalian bawa sebagai oleh-oleh.

5. Rendang Cuk Bi

Rendang Cuk BI, Makanan Khas Kabupaten Sijunjung

Rendang Cuk BI, Makanan Khas Kabupaten Sijunjung – Foto: Liputan6.com

Kebanyakan orang hanya mengenal masakan rendang sapi khas Padang, namun jangan salah, daerah – daerah lain di Sumatera Barat memiliki olahan rendang khas daerahnya masing – masing.  Salah satunya adalah Rendang Cuk Bi.

Rendang Cuk Bi adalah olahan rendang daun singkong yang merupakan makanan khas dari Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Salah satu keunggulan dari Rendang Cuk Bi adalah daya tahannya yang cukup lama, sehingga cocok untuk dijadikan oleh – oleh untuk dikirim maupun dibawa para wisatawan ke daerah asalnya.

Rendang Cuk Bi sendiri memiliki 3 varian rasa, yaitu pedas, original, dan petai. Satu bungkus Rendang Cuk Bi hanya dibanderol sekitar Rp. 20.000 sampai Rp. 25.000 saja. Cukup murah, bukan?

Baca Juga ya :

6. Rendang Bilalang

Rendang Bilalang, Makanan Khas Kabupaten Sijunjung

Rendang Bilalang, Makanan Khas Kabupaten Sijunjung – Foto: saribundo.biz

Rendang Bilalang adalah Makanan Khas Kabupaten Sijunjung selanjutny ayang wajib kalian coba. Sesuai namanya, makanan yang satu ini adalah olahan rendang dengan menggunakan daging belalang. Makanan unik yang satu ini dapat anda jumpai di ranah Minang Nagari Sisawah, kecamatan Sumpur Kudus, kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Masyarakat setempat biasa menangkap belalang untuk dijual kembali maupun diolah menjadi masakan Rendang Bilalang. Makanan ini menjadi salah satu favorit masyarakat setempat karena halal, harganya yang murah, serta rasanya yang gurih seperti udang.

Selain rendang, daging belalang juga ditambahkan ke berbagai macam masakan seperti gulai dan balado.

Leave a Reply