Tapi Ingat Pulang

Air Terjun

Pesona Air Terjun Jagir Banyuwangi, Tempat Bidadari Mandi

Air Terjun Jagir Banyuwangi

Air Terjun Jagir Banyuwangi - foto milik @daffafadhilah__

Air Terjun Jagir – Jangan berpuas diri setelah mengunjungi Kawah Ijen tapi kamu belum mengunjungi Air Terjun Jagir. Dikenal sebagai tempat bidadari mandi Air Terjun Jagir menjadi pilihan destinasi wisata favorit bagi masyarakat di Banyuwangi.

Pesona Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir selalu berhasil membuat siapapun yang datang ke tempatnya berdecak kagum karena pesona kecantikan alamnya yang masih asri.

Air Terjun Jagir Banyuwangi

Air Terjun Jagir Banyuwangi – foto milik @daffafadhilah__

Karena tidak hanya satu, Air Terjun Jagir terkenal memiliki tiga air terjun yang jaraknya sangat berdekatan bahkan dua diantaranya bersebelahan dengan ketinggian 10 meter yang dikenal dengan air terjun kembar.

Jika kamu sudah sampai di air terjun kembar ini dan kembali melanjutkan perjalanan sejauh 300 meter dengan menyusuri aliran air maka kamu akan menemui air terjun ketiga dengan ketinggian mencapai hampir 30 meter.

Dekatnya ketiga air terjun ini menjadikan Air Terjun Jagir dikenal juga dengan nama Air Terjun Three in One.

Baca juga:  Tempat Wisata Alam Yang Menarik Di Jawa Timur.  Mampir Saja Ke Air Terjun Diundung

Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir – foto milik @eko.lavigne –

Ketiga air terjun di kawasan Air Terjun Jagir ini berasa dari berapa sumber mata air seperti sumber mata air Pawon, sumber mata air jagir, dan sumber mata air Buyut Ijah.

Tidak hanya air terjun kembar ataupun three in one karena masyarakat juga mengenal Air Terjun Jagir ini dengan nama lain seperti Air Terjun Bersaudara dan Air Terjun Bidadari.

Lokasi Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir terletak di dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jika sedang berada di pusat kota Banyuwangi, kamu hanya perlu berkendara selama 15-20 menit untuk sampai ke lokasi Air Terjun Jagir ini.

Lokasi Air Terjun Jagir

Lokasi Air Terjun Jagir – foto milik @d.praass

Untuk mencapai wisata Air Terjun Jagir Banyuwangi ini sangat mudah terutama jika kamu dari arah simpang lima Banyuwangi. Dari perlimaan ini kamu hanya perlu belok kiri ke arah Perkebunan Kalibendo dan air terjun ini hanya berjarak 1 kilometer sebelah timur Kalibendo.

Wisata Air Terjun Jagir Banyuwangi ini adalah pilihan favorit masyarakat Banyuwangi karena jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh dari lokasi parkir dengan tangga yang sudah dicor dan menurun.

Sejarah Air Terjun Jagir Banyuwangi Jawa Timur

Salah satu alasan kenapa nama air terjun ini Jagir adalah karena pada awal ditemukan oleh masyarakat setempat, terdapat banyak pohon Jagir disekitar air terjun.

Baca juga:  Gunung Anjasmoro:  Tempat Baru Untuk Merasakan Adreanaline Hiking Terbaru 

Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir. Gambar oleh ijencooltours.com

Terlebih pohon jagir ini hanya tumbuh di termpat tersebut dan tidak bisa tumbuh dengan baik jika ditanam di tempat lain.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jagir

Salah satu alasan Air Terjun Jagir di Banyuwangi bisa menjadi tempat favorit masyarakat setempat karena harga tiket masuknya yang sangat terjangkau.

Biaya tiket masuk kawasan Air Terjun Jagir Banyuwangi Jawa Timur hanya sekitar Rp5.000/orang dengan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan.

Fasilitas Air Terjun Jagir

Fasilitas yang dimiliki oleh Air Terjun Jagir Banyuwanyi Jawa Timur sudah cukup lengkap dan bisa menjadikan para pengunjung berlama-lama disini.

Baca juga:  Pantai Gemah Tulungagung, Tempat Wisata Baru Di Lintas Selatan Jawa

Jembatan unik di Air Terjun Jagir

Jembatan unik di Air Terjun Jagir – foto @alvinsusastra

Selain harganya yang sangat terjangkau, pengelola sudah menyiapkan beberapa fasilitas lain seperti toilet umum, kamar ganti, mushola, sampai dengan warung-warung makan yang banyak di sekitar loket masuk.

Menawarkan penorama alam yang sangat indah, mengunjungi Air Terjun Jagir kecamatan Banyuwangi Jawa Timur ini tidak lengkap jika tidak mengambil foto. Sangat banyak spot-spot untuk ber-swafoto bersama teman dan keluarga disini. Terlebih jika kamu suka fotografi yang pastinya akan sibuk jepret sana-jepret sini.

Tidak hanya panorama alam yang masih asri, dibagian bawah kolam renang juga terdapat kolam air alami yang banyak dijadikan tempat berenang oleh pengunjung yang datang. Memiliki air yang biru, jernih, dan segar sehingga tidak heran banyak yang mengasosiasikan air terjun ini sebagai tempat bidadari mandi di Banyuwangi.

Leave a Reply