Daftar Wisata, Alam, Budaya, Desa Wisata

6 Tempat Wisata di Kota Tanjung Pinang

Pantai Tanjung Siambang

Tempat Wisata di Kota Tanjung Pinang, Pantai Tanjung Siambang - Sumber: catatanpringadi.com

Tempat wisata di Kota Tanjung Pinang – Kota ini merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini sempat pernah mengalami perubahan status berkali-kali yaitu pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga, menjadi ibukota Kabupaten Riau Kepulauan dan pernah menjadi Ibukota Provinsi Riau, sebelum akhirnya hingga kini menjadi Ibukota Provinsi Kepulauan Riau.

Kamu juga wajib tau 6 Tempat Wisata di Siak Riau.

Kota Tanjung Pinang ini berada di Pulau Bintan. Ada beberapa pulau kecil yang berada di sekitar Kota Tangjung Pinang yaitu Pulau Dompak dan Pulau Penyengat. Nah, merupakan daerah kepulauan, membuat Kota Tanjung Pinang memiliki banyak tempat wisata. Tempat wisata yang dihadirkanpun beragam mulai dari wisata alam, sejarah, budaya bahkan religi. Apa saja itu? Mari simak yuk.

1. Pantai Tanjung Siambang

Nah, tempat wisata di kota tanjung pinang yang memiliki pesona menawan dan patut kamu kunjungi adalah Pantai Tanjung Siambang. Kamu bisa menemui pantai ini di Pulau Dompak yang merupakan pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau. Tidak perlu khawatir, kamu bisa melewati jembatan yang menghubungkan Pulau Dompak  dan Kota Tanjungpinang di Pulau Bintan.

Tempat wisata di Kota Tanjung Pinang, Pantai Tanjung Siambang

Pantai Tanjung Siambang – Sumber: catatanpringadi.com

Perlu kamu ketahui bahwa pantai ini memiliki ombak yang kecil senhingga sangat aman dan cocok dijadikan destinasi wisata alam untuk anak-anak. Bila berada di sana, kamu akan menemui satu dermaga yang menjorok ke tengah lautan. Dermaga itu dapat menghubungkan masyarakat ke pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Festival Bahari Kepri, itu merupakan event besar yang diadakan setiap tahunnya dan tentunya digelar di Pantai Tanjung Siambang.

2. Danau Biru Bintan 

Tidak hanya menyediakan pantai yang indah, kamu harus mengunjungi danau yang satu ini. Tempat wisata di Kota Tanjung Pinang yang merupakan danau buatan ini berada di area pertambangan pasir di Pulau Bintan. Uniknya lagi, danau ini dipenuhi oleh air yang warnanya kebiru-biruan ala-ala  Blue Lagoon di Iceland.

Bila ingin menikmati keindahan pesona air biru dan pemandangan sekitarnya, kamu bisa  berkendara dari Kota Tajung Pinang selama kurang lebih 20-30 menit. Perlu diketahui bahwa kamu tidak perlu membayar tiket bila ingin masuk ke kawasan danau ini. Kenapa? Ya, kawasan danau ini belum dijadikan tempat wisata komersil, masih ada pertambangan yang aktif disana. Tapi kamu tetap bisa dating untuk melihat pesona dari Danau Biru ini loh.

3. Pulau Penyengat

Selain Pulau Dompak, Pulau Penyengat merupakan satu pulau yang juga patut kamu datangi saat berada di Kota Tanjung Pinang. Pulau kecil yang hanya berukuran panjang 2000 meter dan lebar 850 meter ini berjarak kurang lebih 2 km dari pusat kota Tanjung Pinang.

Salah satu tempat wisata di Kota Tanjung Pinang ini merupakan denstinasi wisata budaya dan sejarah loh. Pulau Penyengat memiliki sejarah yang kental dengan budaya Melayu. Kamu bisa mengunjungi berbagai situs penting perkembangan budaya melayu misalnya Kesultanan Johor, Pahang, Siak dan Lingga serta kerajaan Riau sendiri. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat situs penyebaran Islam di pesisir Riau. Tertarik?

4. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Ini salah satu tempat wisata di Kota Tanjung Pinang yang harus dikunjungi. Selain menjadi tempat ibadah bagi penganut Budha di sekitar Kota Tanjung Pinang, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva menjadi tempat wisata religi yang mengedukasi. Vihara yang unik ini terletak di perbukitan sebelah barat Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepri.

Tempat wisata di Kota Tanjung Pinang, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva – Sumber: melalaak.blogspot.com

Menariknya, vihara ini memiliki Patung 1000 Wajah yang mempesona dan arsitekturnya dibuat persis seperti bangunan di negeri Tirai Bambu. Patung wajah yang ada di kawasan vihara ini memiliki ekspresi yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, ukuran patungnya juga beragam mulai dari setinggi 1,7 meter hingga 2 meter.

Lokasinya sangat dekat dari Bandara Raja Ali Haji Tanjung Pinang yang dapat ditempuh hanya 10 menit saja.

5. Masjid Raya Sultan Riau

Salah satu tempat wisata di Kota Tanjung Pinang yang bersejarah dan masih digunakan sampai sekarang adalah Masjid Raya Sultan Riau. Masjid ini memiliki desain arsitektur ala-ala persia dan turki. Masjid ini memiliki empat menara berbentuk kerucut dengan tujuh pintu masuk dan enam jendela.

Tempat wisata di Kota Tanjung Pinang, Masjid Raya Sultan Riau

Tempat wisata di Kota Tanjung Pinang, Masjid Raya Sultan Riau – Sumber: wisatago.com

Nah, bangunan masjid ini didominasi oleh warna hijau dan kuning ini. Uniknya, ternyata  material penyusun dari dinding masjid ini adalah putih telur tanpa menggunakan semen. Bahkan, konon katanya pembangunan masjid ini rampung setelah 10 tahun.

Bicara tentang masjid, kamu juga harus tau 5 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi.

6. Kepri Marine Festival

Nah, kamu sangat di sarankan untuk mengunjungi Kepri Marine Festival. Ini adalah tempat wisata di Kota Tanjung Pinang yang cukup berbeda.  Sesuai dengan namanya, festival ini berkaitan dengan kelautan. Event tahunan Provinsi Kepri ini diselenggarakan di Kota Tanjung Pinang.

Kepri Marine Festival

Tempat wisata di Kota Tanjung Pinang, Kepri Marine Festival – Sumber: sumutpos.co

Banyak kegiatan yang menjadi rangkaian festival diantaranya sailing, perlombaan perahu naga, peragaan musik, pertunjukan musik, hingga permainan tradisional.

Bahkan ada kegiatan paling seru dan ditunggu-tunggu yaitu parade Kepri Carnival. Kegiatan ini berupa parade yang menyusuri waterfront dan menampilkan 100 peserta dengan keberagaman kostum bertema bahari yang menarik.

Nah, wisata ini sangat disarankan untuk kamu nikmati. Setahun sekali loh.

Leave a Reply