Air Terjun, Bukit, Daftar Wisata, Desa Wisata, Pendaki

6 Tempat Wisata di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau

Bukit Sebayan, Tempat Wisata di Nanga Bulik

Tempat Wisata di Nanga Bulik - Sumber: instagram.com

Tempat Wisata di Nanga Bulik – Nanga Bulik, namanya memang tidak terlalu terkenal. Sebagai informasi nih, Nanga Bulik merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Bulik, tepatnya berada di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

Tingkat pertumbuhan di Nanga Bulik masih rendah, namun Nanga Bulik berpotensi akan ada tingkat pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Hal ini dikarenakan Nanga Bulik merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Lamandau.

Satu hal lagi, masih banyak dijumpai area hijau disana, sementara itu area terbangun hanyalah berupa pemukiman, perkantoran dan perdagangan. Tapi, Nanga Bulik tidak bisa dipandang sebelah mata, banyak tempat wisata alam yang berpotensi besar akan dibanjiri oleh wisatawan. Apa saja itu?

1.  Taman Bunga Celosia

Taman Celosia, Tempat Wisata di Nanga Bulik

Taman Celosia, Tempat Wisata di Nanga Bulik – Sumber: matakalteng.com

Taman Bunga Celosia ini memang bisa terbilang tempat wisata baru di Nanga Bulik. Lokasinya tepat berada di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Bulik. Kini warga Nanga Bulik dan sekitarnya tidak perlu pergi keluar kota atau bahkan ke Negeri Belanda. Cukup datang ke Taman Bunga Celosia, wisatawan dapat menjumpai suasana pemandangan indah bunga-bunga.

Bagi yang suka foto, Tempat Wisata di Nanga Bulik ini sangat cocok sebagai latar belakang untuk memperoleh foto yang bagus. Taman ini akan sangat ramai di sore hari atau di akhir pekan. Inilah salah satu wisata yang dipastikan akan diserbu wisatawan. Taman ala-ala eropa hadir di Nanga Bulik.

2. Riam Bahu Burung

Riam Bahu Burung, Tempat Wisata di Nanga Bulik

Riam Bahu Burung, Tempat Wisata di Nanga Bulik – Sumber: facebook.com

Bagi yang suka dengan keindahan alam, silahkan kunjungi Riam Bahu Burung. Tempat Wisata di Nanga Bulik ini adalah wisata alam air sungai yang dihinggapi hutan disisinya. Tak mudah perjalanan untuk sampai ke wisata alam ini. Kita bisa pilih jalur tempuh darat atau sungai.

Baca Juga ya :

Bila menggunakan jalur sungai, kita akan menempuh waktu selama 3 jam. Sementara bila menempuh jalur darat, akan sampai dalam waktu 5 jam, walau menggunakan motor sekalipun.

Lokasi wisata alam ini memang punya nama yang unik. Tentunya dinamai Riam Bahu Burung karena punya alasan. Percaya atau tidak, apabila dilihat dari bukit yang lebih tinggi, area wisata alam ini terlihat seperti bahu burung. Silahkan dicoba.

3. Air Terjun Palikodan

Air Terjun Palikodan

Air Terjun Palikodan – Sumber: instagram.com

Tempat Wisata di Nanga Bulik selanjutnya adalah Air Terjun Palikodan. Tempat Ini adalah salah satu wisata Lamandau tepatnya di Nanga Palikodan yang patut dicicipi wisatawan. Betapa tidak? Air terjun ini punya empat tingkatan. Tenang, tidak cukup sulit untuk sampai kesana. Kita bisa lewati ladang-ladang warga yang ada di daerah air terjun.

Bahkan, bila kita menempuh perjalaan kesana di pagi hari, kita bisa temui warga sekitar yang sedang bekerja, terutama berladang. Selain itu, bagi Anda penyuka arum jeram. Silahkan tantang diri Anda untuk menaklukkan arus deras air terjun ini. Meski begitu, air terjun ini memiliki air yang sangat jernih.

4. Bukit Sebayan

Bukit Sebayan

Sumber: instagram.com

Bagi yang suka dengan pendakian gunung dan hutan, silahkan kunjungi Bukit Sebayan. Sebayan ini merupakan salah satu bukit yang masih dihimpun oleh hutan-hutan perawan yang tentunya sangat eksotis. Lokasi Bukit Sebayan ini dapat ditempuh sekitar 3,5 jam dari Nanga Bulik.

Selain masih eksotis, lokasinya juga sangat menantang. Menariknya, Bukit Sebayan ini diyakini suku Dayak Tomun yang menganut agama Kaharingan sebagai lokasi surga bagi orang yang telah meninggal. Jadi, cobalah mendaki bukit bersama pemandu bukit dari warga sekitar, karena masih banyak larangan saat mendaki Bukit Sebayan.

5. Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa

Sumber: matakalteng.com

Bagi ibu-ibu yang punya anak kecil, tenang. Nanga Bulik menghadirkan wisata aman bahkan juga mengedukasi anak-anak. Wisata alam edukasi ini adalah Penangkaran Rusa. Lokasi penangkaran rusa ini tepat berada di area perkantoran Bukit Hibul, Nanga Bulik.

Biasanya, tempat ini akan lebih ramai saat ada hari-hari besar seperti Lebaran. Nah, silahkan datang ke penakanran rusa ini. Anda akan temui rusa jenis Sambar yang merupakan hewan endemik Kalimantan yang dilindungi.

6. Festival Babukung

Festival Babukung

Festival Babukung – Sumber: bappeda.lamandaukab.go.id

Nah, selain menyediakan wisata alam, ada yang unik juga di Nanga Bulik. Ada festival rutin yang biasanya diadakan oleh masyarakat Dayak Tomun. Apa itu? Festival ini dikenal dengan nama Festival Babakung.

Festival ini yang awal mulanya adalah sebuah ritual keluarga saat ada salah satu anggota keluarganya meninggal dunia. Dipandang memiliki nilai adat dan keunikan khas, warga daerah setempat rutin menggelar Festival ini setiap bulan Juli. Bukan lagi sebagai ritual meninggal dunia, tapi kini dijadikan hiburan, tentunya untuk menarik perhatian warga dari luar daerah. Festival Babukung ini diadakan di Komplek Perkantoran Bukit Hibul, Nanga Bulik. Silahkan datang untuk merasakan budaya yang sakral ini.

Nah, itu semua adalah tempat wisata di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Sudah tau tempat wisatanya, kamu harus tau makanan khasnya juga, inilah 5 kuliner khas Kalimantan Tengah.

 

Leave a Reply