Kuliner

Inilah 5 Kuliner Khas Kalimantan Tengah

Kalumpe

Kalumpe - liputan6.com

Kuliner Khas Kalimantan Tengah – Indonesia begitu dikenal dengan keberagamannya, termasuk juga dengan jenis makanannya. Hampir di setiap daerah dan pulau selalu memiliki makanan khas dan unik yang tidak akan bisa ditemukan di daerah lainnya. Salah satu pulau yang kaya akan jenis makanan berkat bumbunya yang khas adalah Kalimantan.

Inilah 5 Kuliner Khas Kalimantan Tengah 3

Kuliner Khas Kalimantan Tengah – blogreservasi.com

Makanan yang cukup populer adalah Soto Banjar khas Kalimantan Selatan. Namun, makanan di Kalimantan Tengah juga tak kalah lezatnya untuk disantap sebagai salah satu kekayaan kuliner di Indonesia.

1. Juhu Umbut Rotan

Mendengar kata rotan untuk sebagian orang pasti berpikir mengenai furniture. Berbeda halnya dengan warga Kalimantan Tengah yang menyulap bahan tersebut menjadi makanan lezat. Tidak hanya itu, bahkan makanan dari rotan ini memiliki pesona tersendiri dan mampu menjadi primadona kuliner di sana.

Kendati demikian, mengolah rotan bukanlah hal yang mudah dan Suku Dayak memiliki teknik sendiri saat memasaknya. Dimulai dengan pemilihan rotan yang tidak sembarangan dan harus muda atau bisa juga yang masih tunas.

Juhu Umbut Rotan

Juhu Umbut Rotan – cookpad.com

Potongan rotan kemudian dimasak dengan beberapa bumbu rempah-rempah seperti kunyit. Setelah itu ditambahkan santan kental dan encer hingga didapatkan tekstur rotan seperti rebung.

Penambahan santan itu untuk mendapatkan rasa gurih, namun beberapa orang juga memasak tanpa memberikan tambahan santan. Juhu Umbut Rotan ini merupakan warisan leluhur Suku Dayak, namun kini masakan tersebut bisa dimasak oleh siapapun karena banyaknya resep tersebut yang tersebar di media sosial.

2. Kalumpe, Kuliner Khas Kalimantan Tengah

Inilah 5 Kuliner Khas Kalimantan Tengah 4

Kalumpe – liputan6.com

Sekilas terlihat makanan ini seperti bubur berwarna hijau. Namun, siapa sangka jika bahan dasar Kalumpe ini adalah daun singkong yang telah ditumbuk halus dan dimasak menjadi gulai. Selain bahan utama, tambahkan pula terong kecil atau Suku Dayak sering menyebutnya dengan terong pipit.

Cara memasaknya juga mudah, cukup dengan merebus air kemudian memasukkan terong pipit dan didiamkan selama lima menit. Kemudian masukkan daun singkong tumbuk beserta bumbu-bumbu yang telah disediakan. Biarkan sampai mendidih, namun jangan terlalu lama karena daun singkong tumbuk mudah sekali matang. Hal tersebut dapat mengurangi kenikmatan rasa dari Kalumpe sendiri.

Baca Juga :

3. Juhu Kujang

Juhu Kujang, Kuliner Khas Kalimantan Tengah

Juhu Kujang – travellingyuk

Sebagian besar makanan khas Kalimantan Tengah selalu disertai bumbu santan kental, termasuk Juhu Kujang. Bahan dasar dari kuliner yang satu ini adalah keladi atau talas. Biasanya dimasak bersama daging ikanĀ  dan nangka muda.

Perlu diingat, sebelum mengolah talas alangkah baiknya merendamnya dengan air garam untuk menghilangkan efek gatal atau alergi. Pertama, tumis bumbunya hingga halus kemudian masukkan keladi, serai, daun salam, terong asam dan daun kucai.

Selanjutnya giliran santan kental, tunggu hingga sedikit mendidih kemudian tambahkan sedikit air dan asam jawa. Langkah terakhir, masukkan juhu kujang hingga bumbu meresap dan tekstur keladi melunak.

4. Bangamat

Inilah 5 Kuliner Khas Kalimantan Tengah 5

Bangamat – Backpacker Jakarta

Tidak hanya kaya akan kuliner dengan bahan dasar yang unik, Kalimantan Tengah juga punya sajian makanan ekstrim. Hal tersebut tak lain karena bahan dasar dari kuliner Bangamat adalah kelelawar.

Namun, kelelawar atau yang kerap disebut kalong untuk kuliner ini benar-benar pilihan. Suku Dayak lebih menyukai untuk mengolah kelelawar pemakan buah yang ukurannya lebih besar.

Untuk campuran dalam masakan tersebut, biasanya ditambahkan singkong, batang pisang yang diambil dalamnya dan daun katuk. Mengenai bumbunya lebih baik dimasukkan terakhir agar rasanya tidak asin, karena merebus daging kelelawar ini dibutuhkan waktu cukup lama.

5. Keripik Kalakai

Inilah 5 Kuliner Khas Kalimantan Tengah 6

Keripik Kalakai – indonesiakaya.com

Setelah membahas makanan utama, Kalimantan Tengah juga memiliki camilan khas yang hampir tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Makanan tersebut dari tumbuhan kalakai yang tumbuh di Palangkaraya. Daun dari tanaman ini kerap kali diolah menjadi keripik oleh masyarakat setempat.

Membuat keripiknya pun cenderung sederhana, hanya diberi campuran bumbu tepung. Selain rasanya yang unik, keripik ini rupanya memiliki banyak kandungan gizi seperti zat besi, beta karoten dan tinggi vitamin C.

Leave a Reply