Air Terjun, Alam, Bukit, Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Sanggau yang Menarik di Kunjungi

Tempat wisata di Sanggau

Air Terjun Pancur Aji Tempat wisata di Sanggau. Foto by instagram.com

Tempat wisata di Sanggau – Kabupaten Sanggau merupakan sebuah daerah yang letaknya tepat di tengah-tengah wilayah di bagian utara provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sanggau memiliki banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Kalimantan Barat. Nah tempat wisata apa saja yang ada disini? Berikut ulasannya untuk Anda.

Baca ini juga ya :

Daftar tempat wisata di Sanggau

1. Riam Macan Goa Maria

Riam Macan Goa Maria merupakan tempat yang sangat spesial. Di samping menjadi tempat wisata, goa ini juga menjadi tempat religi bagi umat Katolik. Selain memiliki air terjun setinggi 20 meter yang mengalir deras di depannya, terdapat juga sebuah patung Bunda Maria yang terletak tidak jauh dari air terjun.

6 Tempat Wisata di Sanggau yang Menarik di Kunjungi 1

Riam Macan Goa Maria. Foto by detik.com

Lokasi Riam Macan dapat ditempuh selama 25 menit jika kamu berangkat dari Kota Sanggau menggunakan kendaraan bermotor. Tepatnya di dusun kecil yang bernama Sei Mawang. Berkunjung kesini kamu bisa merasakan ketenangan lahir dan batin sekaligus loh.

2. Keraton Surya Negara

Bosen wisata ke alam terus? Mungkin saatnya kamu berwisata sejarah dulu. Di Kabupaten Sanggau ini ada loh sebuah keraton yang bernama Keraton Surya Negara. Keraton ini kini menjadi tempat wisata di sanggau yang paling ngehits. Keraton surya negara merupakan peninggalan kebudayaan dari zaman keemasan masyarakat Sanggau dahulu. Keraton Surya Negara didirikan oleh Putri Daranante pada abad ke-18 dengan rajanya yang bergelar “Panembahan”.

6 Tempat Wisata di Sanggau yang Menarik di Kunjungi 2

Keraton Surya Negara. Foto by kebudayaan.kemdikbud.go.id

Keraton Surya Negara terbagi-bagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  1. Rumah Kuta

Rumah Kuta merupakan tempat yang dijadikan oleh Raja sebagai kantor dan kediaman. Bangunan ini memiliki luas kurang lebih 1.118 meter persegi.

  1. Rumah Raden Penghulu

Rumah ini merupakan tempat tinggal bagi para penghulu masa lalu. Penghulu bertugas di bagian perkawinan dan perceraian. Bangunannya memiliki luas kurang lebih 417 meter persegi.

  1. Rumah Tinggi

Rumah Tinggi adalah rumah tempat tinggal bagi para kerabat raja. Bangunan ini memiliki luas sekitar 920 meter persegi.

  1. Rumah Balai

Rumah Balai berfungsi sebagai tempat pertemuan dan musyawarah dalam memecahkan masalah. Luas bangunannya sekitar 928 meter persegi.

  1. Rumah Laut

Rumah Laut adalah rumah yang ditinggali oleh penembahan Haji Sulaiman Paku Negara. Bangunan ini memiliki luas sekitar 181 meter persegi.

  1. Rumah Bosor

Rumah Bosor adalah rumah yang dikhususkan untuk tempat tinggal istri tertua dari penembahan beserta keluarga raja. Bangunan ini memiliki luas 926 meter persegi.

Baca Juga yaMengenal 5 Pakaian Adat Kalimantan Barat

3. Pancur Aji

6 Tempat Wisata di Sanggau yang Menarik di Kunjungi 3

Air Terjun Pancur Aji. Foto by bernas.id

Pancur Aji adalah Tempat wisata di Sanggau selanjutnya yang tak boleh kalian lewatkan.  Pancuran Aji adalah sebuah kawasan perbukitan yang terletak di pinggiran teluk Sungai Kapuas di bagian hilir atau pesisir barat Kota Sanggau. Kawasan ini diapit oleh dua buah anak sungai yaitu Sungai Monga di bagian hilir dan Sungau Mawang di bagian hulu. Kedua sungai ini bermuara ke Sungai Kapuas.

Pancur Aji menawarkan sebuah pemandangan air terjun yang masih sangat alami. Hal ini dikarenakan lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan polusi. Kamu dapat menikmati gemericik air yang dingin serta menikmati keindahan flora dan fauna yang masih terjaga dengan sangat baik.

Kamu dapat dengan mudah menemukan pohon tengkawang sebagai bukti masih terjaganya flora disini. Untuk fauna, dari Pancur Aji ini kamu bisa melihat hewan seperti rusa, orang utan, dan berbagai jenis satwa liar yang dikandangkan dengan baik.

4. Goa Thang Raya

Jika kamu menyukai wisata alam. Goa Tang Raya di Sanggau ini dapat menjadi pilihan. Goa ini merupakan bentukan alam dan sangat unik karena prosesnya terjadi ratusan tahun yang lalu. Kedalaman goa ini diperkirakan hampir 100 meter, berliku-liku serta membentuk kamar. Seperti goa pada umumnya, Goa Thang Raya juga dihuni oleh ribuan kelelawar.

6 Tempat Wisata di Sanggau yang Menarik di Kunjungi 4

Goa Thang Raya. Foto by detiktravel

Goa Thang Raya diyakini sebagai tempat suci oleh masyarakat setempat. Pada acara-acara tertentu, masyarakat sekitar menjadikan goa sebagai tempat melakukan ritual, terutama menjelang musim tanam padi. Tak sedikit juga orang yang darang ke Goa Thang Raya untuk berdoa. Di sekitaran goa terdapat patung Yesus Kristus dan Bunda Maria. Bahkan banyak yang mengaku doanya terkabul loh setelah berdoa disana.

Untuk menuju Goa Thang Raya, kamu harus  menempuh perjalanan sekitar 3 kilometer dari jalan utama. Kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Rute perjalanannya adalah dari simapang jalan raya, setelahnya sekitar 1,5 kilometer, perjalanan hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua karena akan melewati jembatan gantung.

5. Air Terjun Sirin Punti

6 Tempat Wisata di Sanggau yang Menarik di Kunjungi 5

Air Terjun Sirin Punti. Foto by travsharing.com

Pesona wisata air terjun seolah tak ada habisnya. Salah satunya adalah wisata air terjun Sirin Punti di Kalimantan Barat ini. Pemandangan alam yang indah ditambah dengan derasnya air terjun menjadi daya tarik sendiri untuk para pelancong.

Air Terjun Sirin Punti merupakan salah satu tempat tempat wisata di sanggau yang cocok buat kamu wisatawan yang menyukai tantangan. Sebab, untuk menuju ke lokasi ini diperlukan perjuangan karena harus melewati deretan pepohonan. Tapi perjuangan kamu akan terbayar lunas kok dengan kaindahan yang kamu lihat sesampainya di lokasi.

Rute yang harus dilalui untuk menuju Air Terjun Sirin Punti ini, kamu bisa langsung ke Kabupaten Sekadau. Selanjurnya kamu harus lanjut ke Kecamatan Nanga Taman, sampai di tugu bundaran Cidayu belok ke kiri.

Selanjutnya kamu akan melewati 3 hingga 4 jembatan gantung dan ini digunakan untuk menuju ke Desa maragun. Jika kamu kesana dengan kendaraan bermotor, kamu hanya bisa sampai di Maragun saja sehingga untuk lanjut ke air terjun kamu bisa menyeberang sungau atau melewati jembatan gantung ke puncak air terjun Sirin Putin. Untuk menikmati keindahan Air Terjun Sirin Putin, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000.

6. Tiong Kandang

Tiong Kandang tempat wisata di sanggau

Tiong Kandang tempat wisata di sanggau – foto sitmiustiani.com

Bukit Tiong Kandang merupakan bukit yang sangat sakral bagi Suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat. Mengenai asal-usulnya masih sangat simpang siur sebab ada beberapa masyarakat yang mengaitkan dengan burung Tiung atau Kiong tetapi ada juga yang mengatakan ini merupakan burung Kanagnk.

Bukit Tiong Kandan ini terletak di desa Mangkit, Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau. Sekitar 2 jam setengah perjalanan darat dari Kota Pontianak. Di dalam bukit Tiong Kandang kamu dapat menemukan sebuah batu kramat yang dikenal dengan nama batu ukan.

Batu ikan yang berada di Tiong Kandang ini menyerupai ikan paus dan letaknya berdekatan dengan batu labi-labi di Temawang Empuyuk di wilayah adat Bangkan. Selain itu, tempat keramat lain yang ada di bukit Tiong Kandang adalah batu penjepit yang digunakan untuk meramal panjang pendeknya umur seseorang.

Bukit Tiong Kandang juga digunakan warga setempat untuk melakukan ritual-ritual seperti ritual untuk melakukan pengobatan.

Leave a Reply