Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Pemandian air panas Bora, Tempat wisata di kabupaten sigi

Pemandian air panas Bora, Tempat wisata di kabupaten sigi - foto antara.com

Tempat Wisata di Kabupaten Sigi – Setelah bekerja selama berbulan-bulan lamanya, libur panjang tentu menjadi waktu yang dinantikan setiap orang. Apalagi, berlibur ke luar kota bersama keluarga menikmati suasana baru. Liburan kali ini tak ada salahnya jika Anda memilih Kabupaten Sigi untuk menikmati masa berlibur.

Pasalnya di Kabupaten yang tepatnya terletak di Sulawesi Tengah ini, terdapat banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi.  Kabupaten Sigi yang memiliki ibukota di Bora ini memang Kabupaten baru dari pemekaran wilayah kabupaten Donggala.

Kabupaten Sigi berdiri pada tahun 2008. Maka tak heran jika tempat wisatanya yang memiliki potensi alam menakjubkan, belum terkelola dengan maksimal.

Meski dengan keterbatasan fasilitasnya, namun pesona yang dimiliki Kabupaten Sigi ini tak pernah gagal membuat siapapun yang datang terpikat. Berikut ini 6 tempat wisata di kabupaten Sigi yang bisa Anda datangi.

1. Air Terjun Wera

Air Terjun Wera, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Air Terjun Wera, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi- Sumber pinterest.com

Jika Anda suka menikmati keindahan  alam dan beningnya air terjun, maka jangan sampai melewatkan Air Terjun Wera. Air Terjun Wera, juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Sigi. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter dengan kemiringan air jatuh sekitar 70-80 derajat.

Alamnya masih sangat asri dan sejuk, dimana lokasinya dikelilingi oleh pepohonan tinggi. Air terjun Wera terlihat begitu indah saat dipandang, dan pastinya sangat bagus untuk Anda yang suka berfoto. Kawasan air terjun ini terletak di Gunung Watusidae. Meskipun terletak di lereng gunung tetapi, Air terjun Wera sangat mudah dijangkau.

2. Air Terjun Parapa

Air Terjun Parapa, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Air Terjun Parapa, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi- Sumber : radjezmon

Air terjun yang tak kalah cantiknya dan sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Tempat Wisata di Kabupaten Sigi adalah air terjun Parapa. Lokasinya ada di desa Tongoa, kecamatan Palopo.

Air terjun Parapa memiliki debit air yang cukup besar, hingga pengunjung yang berjarak 30 meter saja sudah basah kuyup. Objek wisata Air Terjun Parapa merupakan bagian taman Nasional Lore Lindu.

Maka untuk Anda yang ehndak berkunjung kesana diwajibkan untuk melapor pada Kantor Taman Nasional di Kota Palu lebih dulu. Setelah Anda mendapatkan ijin, baru kemudian Anda dapat menuju kesana dengan melewati kawasan hutan lindung sekitar 1.5 jam.

Namun, setelah sampai disana, segala letih Anda akan segera hilang setelah menikmati keindahan yang disuguhkan oleh Air Terjun Parapa.

Baca Juga ya :

3. Taman Hutan Rakyat kapopo

Tahura kapopo, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi

Tahura kapopo, Tempat Wisata di Kabupaten Sigi – foto mongbay.co.id

TAHURA atau Taman Hutan Rakyat Kapopo merupakan taman hutan yang terletak di Desa Ngata, kecamatan Sigi Biromaru. Kawasan ini telah diresmikan oleh Presiden Soeharto. TAHURA sangat cocok dikunjungi oleh para penggemar trekking. Taman Hutan Raya Kapopo juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Sigi yang sering dikunjungi.

Ada banyak keindahan flora dan fauna yang dapat Anda nikmati seperti cendana, kayu hitam, kakak tua jambul dan masih banyak lagi. Pemandangan selama trekking juga indah. Di lokasi tersebut, juga telah disediakan fasilitas untuk pengujung seperti WC, rumah makan, balai pertemuan, area tracking, outbound, menara dan bumi perkemahan.

4. Pemandian air panas Bora

Pemandian air panas Bora, Tempat wisata di kabupaten sigi

Pemandian air panas Bora, Tempat wisata di kabupaten sigi – foto antara.com

Ingin berendam di air panas? Maka tempat pemandian yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Namanya adalah Pemandian air panas Bora yakni sebuah Tempat wisata di kabupaten sigi yang disukai dan sering dikunjungi.

Dahulu, ukuran pemandian air panas ini kecil, kemudian dilakukan pemugaran oleh warga dan pemerintah dan juga dipercantik kawasannya, sehingga dijadikan sebagai tempat wisata.  Disini juga terdapat fasilitas lengkap seperti restaurant, cottage, sauna, dan masih banyak lagi.

5. Danau Lindu

danau_lindu

Danau Lindu – Sumber: nusadaily.com

Danau Lindu merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sulawesi Tengah. Untuk menuju ke danau ini, Anda diwajibkan untuk melapor lebih dulu ke pemerintah setempat. Sebab awasan tersebut masih memiliki hukum adat yang ketat.

Jika Anda melanggar hukum adat, terdapat sanksi yang menanti Anda. Tapi tenang saja, jika memathui aturan berlaku maka Anda dapat menikmati panorama alam yang begitu cantik dan mempesona. Dimana kawasan danau juga terdapat bebatuan besar dengan bentuk unik dari zaman dulu.

6. Wisata Oloboju

Oloboju, Tempat wisata di kabupaten sigi

Oloboju, Tempat wisata di kabupaten sigi – foto festivaljalanjalan.com

Ingin menghabiskan liburan dengan banyak kegiatan yang menyenangkan? Anda bisa mengunjungi salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Sigi yang berada pinggiran desa oloboju.

Disana terdapat banyak sekali fasilitas mulai dari bumi perkemahan, jalur trecking, tempat pemandian, wisata arung jeram hingga arena outbound. Anda dan keluarga pasti menikmati liburan di wisata alam Oloboju ini. Saking populernya, bahkan dalam sehari pengunjungnya bisa mencapai hingga ratusan bahkan ribuan orang.

Itu tadi 6 tempat wisata di Kabupaten Sigi yang bisa jadi referensi liburan Anda. Selamat menikmati liburan ya.

Leave a Reply