Air Terjun, Alam, Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Gianyar Bali yang bisa dikununjungi

Tempat Wisata di Gianyar Bali

Terasering Ceking Tempat Wisata di Gianyar Bali - Sumber: liputan6.com

Tempat Wisata di Gianyar Bali – Pulau Bali memiliki banyak sekali tempat seru untuk dijelajahi. Salah satu tempat yang memiliki berbagai macam destinasi wisata di Bali adalah Kabupaten Gianyar.

Berikut adalah 6 tempat wisata di Gianyar Bali yang seru untuk dikunjungi saat kamu liburan ke Bali.

1. Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang, Tempat Wisata di Gianyar Bali

Hidden Canyon Beji Guwang, Tempat Wisata di Gianyar Bali – travel.tribunnews.com/Gigih Prayitno

Hidden Canyon Beji Guwang adalah salah satu tempat wisata di Gianyar bagi kamu yang mempunyai jiwa petualang. Tempat wisata ini merupakan ngarai yang dikelilingi tebing-tebing tinggi.

Untuk menikmati dan mengagumi keindahan Hidden Canyon di Desa Guwang ini, kamu harus ditemani oleh pemandu. Hal ini karena ada beberapa jalur yang cukup berbahaya jika kamu belum memahami medannya.

Jalur yang ada di ngarai ini beragam. Ada jalur datar, melewati bebatuan, dan menyusuri tebing. Hal seru lain dari tempat wisata di Gianyar ini adalah kamu juga akan melalui sungai yang memiliki kedalaman hingga dada orang dewasa.

Hidden Canyon Beji Guwang merupakan ngarai yang terbentuk lebih dari 3000 tahun lalu. Ngarai ini terbentuk secara alami dari lava Gunung Batur.

Untuk menjelajah tempat wisata ini, setidaknya kamu harus meluangkan waktu lebih dari 2 jam. Waktu tersebut untuk menjelajah tiga ngarai.

Ngarai pertama dapat ditempuh kurang lebih setengah jam dari pintu masuk. Dari ngarai pertama ini, kamu membutuhkan setidaknya waktu 1 jam untuk mencapai ngarai kedua. Selanjutnya untuk mencapai ngarai ketiga, kamu hanya perlu waktu kurang lebih 10 menit dari ngarai kedua.

Karena harus menyusuri sungai, waktu terbaik mengunjungi tempat wisata ini adalah saat musim kemarau. Ketika musim hujan, pengelola akan menerapkan sistem buka tutup dan tergantung debit air sungai. Wisatawan dilarang masuk ke tempat wisata ini jika air sungai sangat tinggi dan deras.

Hidden Canyon Beji Guwang buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WITA. Jika berkunjung ke sini, kamu akan mendapat fasilitas seperti air mineral, loker untuk menyimpan barang-barang, handuk mandi, menggunakan ruang ganti, dan asuransi.

Ada beberapa pilihan paket yang bisa kamu ambil:

  • Individual package (paket untuk 1 orang) = Rp200.000
  • Couple package (paket untuk 2 orang) = Rp300.000
  • PTY package (paket untuk 3-4 orang) = Rp400.000
  • Family group package (paket untuk 5-8 orang) = Rp600.000
  • Small group package (paket untuk 9-12 orang) = Rp900.000
  • Middle group package (paket untuk 13-16 orang) = Rp1.200.000
  • Group package (paket untuk 17-20 orang) = Rp1.500.000

Tempat wisata Hidden Canyon Beji Guwang ini berada di Desa Guwang, kecamatan Sukawati, Gianyar. Jika kamu pergi ke Pasar Seni Sukawati, maka lokasi Hidden Canyon dekat dengan pasar ini.

Jika bertolak dari Denpasar, tempat ini dapat dijangkau melalui jalur bypass Ida Bagus Mantra. Setelah sampai di perempatan di Desa Ketewel, arahkan kendaraan ke arah Jalan Raya Ketewel.

Dari jalur tersebut, ambil arah ke Jalan Raya Guwang. Setelah menemukan patung Garuda, kamu dapat masuk sekitar 750 meter dan menemukan Pura Dalam. Di pura tersebut ada tempat parkir kendaraan untuk menuju ke Hidden Canyon.

2. Air Terjung Tegenungan

Air Terjun Tegenungan, Tempat Wisata di Gianyar Bali

Air Terjun Tegenungan, Tempat Wisata di Gianyar Bali – Sumber: pegipegi.com/Nadia Latief

Tempat Wisata di Gianyar Bali selanjutnya yang menarik dikunjungi adalah air terjun Tegenungan. Pemandangan di sekitar air terjun ini masih asri sehingga cocok untuk kamu yang gemar mengambil foto pemandangan.

Perlu menuruni tangga terlebih dahulu untuk menikmati pemandangan air terjun ini. Wisatawan dapat berenang di sungai terusan di bawah air terjun jika musim kemarau saat cuaca cerah dan air tenang. Saat musim penghujan, wisatawan akan dilarang bermain air karena debit sungai akan tinggi, deras, dan keruh.

Air terjun Tegenungan memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter. Aliran air berasal dari Sungai Tukad Petanu.

Tempat wisata ini berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh atau sekitar 30 Menit dari Kota Ubud. Jika kamu dari arah Denpasar, setidaknya kamu harus menempuh waktu kurang lebih 45 menit untuk ke sini.

Para wisatawan bisa membawa mobil atau motor karena akses jalan ke tempat wisata di Gianyar ini sudah bagus. Untuk melihat pemandangan yang indah di ini, wisatawan harus membayar Rp15.000 per orang, termasuk uang parkir.

Baca Juga: 

3. Pasar Senggol Gianyar

6 Tempat Wisata di Gianyar Bali yang bisa dikununjungi 1

Pasar Senggol Gianyar – Sumber: kumparan.com/Safira Maharani

Pasar Senggol Gianyar atau Pasar Malam Gianyar merupakan tempat untuk menikmati kuliner khas Bali dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5000. Kuliner yang dijajakan beragam mulai dari minuman aneka es dan makanan seperti sate, bakso, lawar, ayam panggang, tipat catok, hingga babi guling.

Penyajian makanan di sini khas Bali. Salah satu makanan khas adalah lawar dan tipat catok.

Lawar merupakan sayuran segar yang terdiri dari kangkung, kacang panjang, kacang kedelai dan tauge. Sayuran ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Lawar disajikan bersama dengan sate, nasi campur, atau ayam panggang.

Untuk ayam panggang, selain disajikan dengan lawar, penjaja akan menyuguhkan dengan kacang goreng, sambal merah dan sambal matah yang segar.

Tipat catok merupakan kuliner khas dari potongan ketupat dan aneka sayur. Bahan-bahan tersebut kemudian diulek dan disiran dengan saus kacang sehingga menimbulkan cita rasa yang pedas, manis, dan gurih.

Tempat wisata kuliner ini berada di Jalan Ngurah Rai Gianyar dan berjarak kurang lebih 10km dari Ubud. Pasar Senggol Gianyar mulai buka pukul 17.00-23.00 WITA.

4. Bali Bird Park, Tempat Wisata di Gianyar Bali

Bali Bird Park, Tempat Wisata di Gianyar Bali

Bali Bird Park, Tempat Wisata di Gianyar Bali – Sumber: visitbali.com

Bali Bird Park adalah salah satu tempat wisata di Gianyar yang tidak boleh dilewati. Taman burung yang berisi lebih dari 1000 burung dari 250 spesies ini diresmikan sejak Oktober 1995. Selain berbagai jenis unggas, taman dengan luas lebih dari 2 hektare ini juga memiliki berbagai koleksi tumbuhan langka.

Bali Bird Park merupakan tempat wisata di Gianyar yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh keluarga. Taman ini menjadi salah satu wisata edukasi di Bali yang menyediakan informasi dari berbagai jenis unggas di Indonesia dan di berbagai negara lain.

Tempat wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 12 Km dari Kota Denpasar dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam dari Bandara Ngurah Rai melalui jalan Bypass Prof. Ida Bagus Mantra. Jika dari arah Kuta, kamu hanya perlu 40 menit untuk sampai di taman ini atau 20 menit dari arah Sanur.

Bali Bird Park berada di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah Rp140.000 untuk dewasa dan Rp75.000 untuk tiket anak-anak.

Taman ini buka setiap hari pada pukul 09.00-17.00 WITA dan saat Hari Raya Nyepi.

Baca Juga: 

5. Terasering Ceking

Terasering Ceking di Tegallalang, Tempat Wisata di Gianyar Bali

Terasering Ceking di Tegallalang, Tempat Wisata di Gianyar Bali – Sumber: liputan6.com

Salah satu tempat wisata alam yang menenangkan pandangan adalah Terasering Ceking di Dusun Ceking Kecamatan Tegallalang. Hamparan sawah yang hijau dan asri saat musim tanam padi akan menenangkan indera penglihatan kamu sejenak dari hiruk pikuk kota.

Di Terasering Ceking, pelancong dapat berinteraksi dengan para petani dan belajar langsung mengenai proses bertani. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah saat sore hari ketika matahari akan terbenam.

Tempat wisata ini dapat ditempuh sekitar 1-1,5 jam dari Denpasar atau 15-20 menit dari Ubud. Tidak ada harga tiket masuk untuk menikmati pemandangan di Terasering Ceking, tetapi wisatawan cukup membayar parkir motor atau mobil sebesar Rp1000-Rp2000.

6. Desa Batubulan

Pertunjukan Tari di Desa Batubulan, Tempat Wisata di Gianyar Bali

Pertunjukan Tari di Desa Batubulan, Tempat Wisata di Gianyar Bali – Sumber: dernabalitours.com

Desa Batubulan adalah tempat wisata untuk pelancong yang gemar kesenian tari dan seni pahat. Di desa ini, wisatawan dapat melihat pertunjukan Tari Kecak, Tari Legong, dan Tari Barong.

Desa Batubulan terletak di daerah strategis yang dilewati jalur Denpasar-Gianyar. Desa ini berjarak 10km dari Kota Denpasar atau sekitar 25 menit dari bandara jika wisatawan berkendara dengan mobil. Desa yang berada di bagian barat Kabupaten Gianyar ini terdiri dari tiga desa adat yaitu Tegaltamu, Jero Kuta, dan Dlod Tukat.

Pertunjukan tiga tarian dapat dilihat setiap hari. Pertunjukan Tari Kecak diadakan setiap pukul 18.00-19.00 WITA. Tari Legong dan Tari Barong diadakan setiap pukul 09.30-10.30 WITA.

Harga tiket untuk pertunjukan tari tersebut adalah Rp60.000-Rp100.000 untuk dewasa dan Rp40.000-Rp80.000 untuk anak-anak. Tiket dapat diperoleh di agen travel dan perjalanan.

 

Leave a Reply